5 Contoh Soal Psikotes Dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja

cpns

Sebelum itu, saya perjelas terlebih dahulu bahwa soal matematika yang ada disini adalah contoh soal cerita logika, bukan soal psikotes matematika deret angka. Dalam tes psikotes ada 3 aspek yang diukur, yaitu : kecerdasan, kepribadian dan cara kerja. Kira-kira instruksi dari narator seperti ini: “buatlah sebuah gambar orang lengkap dan bukan gambar kartun apakah dia seorang wanita atau pria, dan sebutkan nama serta umurnya serta profesinya”. Ia bekerja dari pukul 8 pagi dan hari ini ia bekerja sampai pukul 15.45. Berapa kelebihan waktu kerja hari ini? 25. Seorang karyawan bekerja 9 jam sehari. Calon pegawai dan karyawan atau pesrta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disampingnya. Dalam tes house tree person (HTP) ini yang dinilai adalah kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang (calon karyawan) sesuai dengan gambar yang dibuatnya. Bisa dibilang hampir semua lapangan pekerjaan seyogyanya wajib menjalani psikotes agar calon pekerja/karyawan yang direkrut memang sesuai dengan posisinya.

Jika jumlah semua angsa berbulu hitam adalah 40 ekor, berapakah jumlah angsa betina yang tidak hitam? Dari jumlah pejantan tersebut, terdapat 21 ekor angsa dnegan bulu berwarna hitam. Ternyata bagian hitam berpindah tempat searah jarum jam. Dua bekas tempat jambu itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut? Ingatlah, bahwa anda sedang berlomba dengan waktu pengerjaan. 10. Dari pada itu Anda harus siapkan diri secara fisik dan mental. Selain itu juga berfungsi untuk penilaian seberapa jauh kamu menebak dan memahami sebab-akibat dari suatu permasalahan. Tes psikotes pada bagian ini umumnya terdiri dari 40 soal. Tipsnya yaitu, konsentrasi, perhatikan bentuk, dan warna pada gambar. 5. Selalu perhatikan waktu ketika anda mengerjakan psikotes, jangan sampai anda terlalu santai ataupun terlalu buru-buru. Intinya, Anda kudu sehat fisik & mental dalam menjalani/menjawab soal psikotes. Jika anda sedang mencari materi soal psikotes sebagai panduan agar dapat lulus seleksi psikotes di perusahaan-perusahaan besar seperti BUMN, Perbankan, Perusahaan Daerah, Perusahaan Asing maupun Perusahan Swasta Nasional maka sebaiknya anda baca artikel ini sampai habis.

10 Contoh Soal Psikotes Beserta Tips dan Trik Menghadapinya

https://www.jadikaryawan.com › contoh-soal-psikotes

Dalam menghadapi psikotes anda akan menemukan beberapa soal psikotes. Berikiut 10 contoh soal psikotes beserta tips dan trik menjawabnya.

Kurang lebih ada beberapa tips dan trik menghadapi psikotes, baca di bawah ini. Contoh soal CPNS tersebut hanya sebagian kecil dari ebook soal-soal CPNS yang pernah saya baca. Sebab pengalaman pribadi saya pernah beli produk online tidak sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan seperti pada websitenya. Salah satu momok yang paling menakutkan saat menjalani tes psikotest adalah ketika bertemu dengan soal matematika. Tes kraeplin/pauli atau sering juga disebut sebagai tes koran adalah tes perhitungan sederhana. Sebab pengalaman saya pribadi selama mengikuti psikotes di berbagai perusahaan, belum tentu test psikotes dahulu yang diujikan dan terkadang malah wawancara daluan atau sering disebut screening interview. Jika Amran mampu berjalan dengan kecepatan ratarata 3 km per jam, berapa jam kah waktu yang dibutuhkan untuk pergi-pulang dari rumah ke kantor selama satu minggu (enam hari kerja)? Lengkap dengan contoh soal psikotes matematika, gambar, dan logika. Tujuan tes ini ialah untuk mengetahui kemampuan logika seseorang dalam suatu keadaan atau kondisi serta melihat bagaimana seseorang memahami kondisi sebab-akibat dari sebuah masalah. Tes yang terdiri dari deretan angka yang harus dipahami polanya.

Contoh soal psikotes matematika deret angka serta contoh soal psikotes penjurusan SMA dan jawabannya. Sama menakutkannya ketika Anda akan menghadapi soal UN matematika SMA dahulu. Pada tes ini kita diminta untuk memilih kata yang mempunyai arti kata yang sama dengan kata yang telah ditentukan sebelumnya. Soal latihan yang sudah saya berikan pada dasarnya hampir sama bentuknya hanya saja dibedakan dalam bentuk dan cara yang berbeda. Semoga dengan saya membagikan ebook ini, bisa membantu anda semua. 18. Seorang pedagang membeli beberapa ekor anak unta dengan harga Rp 600.000. Kemudian, ia menjualnya seharga Rp 810.000 dan mendapatkan keuntungan Rp 30.000 per ekor unta. B. Pak Anto tidak mengeluhkan harga kedelai naik. Harga TV tersebut sebelum didiskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Andri juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Andri saat ini? Untuk itu admin sertakan juga tips sukses mengerjakan soal Psikotes. Biasanya Anda akan menghadapi tes Psikotes ketika mendaftar di sebuah instansi tertentu.

2. Lewatkan soal yang sulit untuk anda jawab dan kerjakan soal yang termudah terlebih dahulu. Silahkan jawab pertanyaan berikut ini dengan singkat serta jelas! Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda akan menjadi diri sendiri dan mampu menunjukkan potensi Anda yang sesungguhnya dengan psikotes. Begitu pula untuk kotak besar ketiga satu gambar kecil membelah lagi menjadi 2 bagian juga. Satu lagi yang perlu anda ketahui tentang tes wartegg ini yaitu bahwa setiap kotak dalam tes ini memiliki penilaian yang berbeda-beda. Tips mengerjakan tes ini yaitu anda harus memiliki kertas kosong untuk coret-coretan. Salah satu soal terkadang memiliki kaitan dengan soal sebelumnya. Pada tes analogi ini anda ditugaskan untuk menemukan sebuah pola hubungan sebab-akibat, perbandingan, proses kerja atau pola lainnya yang sejenis dengan yang ditanyakan didalam soal. Untuk bisa lolos soal psikotes matematika ini, Anda paling tidak membutuhkan 8 sampai 14 jawaban yang benar. Dalam ebook psikotes anda akan menemukan bagaimana cara menggambar pohon dengan benar tahap demi tahap, sebab semua goresan gambar yang anda berikan pada kertas akan di analisa oleh tim rekrutmen apakah anda cocok diperusahaan tersebut atau tidak. 3. Konsultasi dengan teman yang sudah mengikuti psikotes atau yang sudah kuliah atau yang sudah kerja agar mendapatkan info yang akurat tentang ujian psikotes yang sudah mereka ikuti.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *