6 Soal Dan Tips Mengerjakan Psikotes

Mengerjakan soal psikotes kerja salah satu tahapan yang kerap muncul dari proses rekrutmen di suatu perusahaan. Beberapa orang juga sering mencari bagaimana tips mengerjakan soal yang juga terdiri dari soal gambar psikotes. Apakah kamu salah satunya? Tahapan proses yang satu ini merupakan hal paling umum ditemukan dalam beberapa perusahaan. Tujuan diadakannya tahapan ini adalah, untuk mengetahui kemampuan intelektual dari seorang pelamar kerja. Tahap ini cukup penting, supaya pihak pemberi kerja tahu kemampuan seperti apa yang dimiliki kandidat serta cocok atau tidak dengan posisi yang dilamarnya. Namun, ada juga beberapa pihak yang meniadakan proses terebut karena alasan tertentu. Bagi kamu yang pertama kali mengikuti ujian ini umumnya akan mengalami sedikit kesulitan di bandingkan kandidat lain yang udah beberapa kali mengikuti proses ini. Tapi, gak perlu takut, ada beberapa contoh soal psikotes kerja, termasuk gambar psikotes, serta tipsnya supaya kamu mampu mengerjakannya dengan mudah. Seperti dikutip dari Future Ready, saat mendapatkan soal ini biasanya kamu akan diberikan beberapa puluh soal yang berisi deretan angka dengan pola tertentu. Saat mendapati soal satu ini, berarti kamu harus mengisi dua titik-titik itu sesuai dengan pola yang ada. Tips mengerjakan soal seperti ini adalah, cari soal yang termudah dahulu.

Jika tidak, kamu akan kehabisan waktu mengerjakan soal yang sulit. Dan, usahakan juga untuk teliti. Baca juga: Bekerja di Kantor Baru? Secara umum, logika penalaran lebih menguji kemampuan kamu membedakan atau membentuk suatu bangun ruang. Bangun ruang yang diberikan akan diberikan secara acak dan kamu harus memilih kotak mana yang sesuai dengan pola gambar bangun ruang sebelumnya. Gak ada tips khusus supaya kamu bisa mengerjakan soal ini. Hanya saja, kamu harus berkonsentraasi lebih dan jangan terburu-buru. Sebelum mengikuti tes kamu harus istirahat yang cukup agar bisa maksimal mengerjakannya. Kali ini, kemampuan bahasa Indonesia kamu akan sedikit diuji karena isi dari analog verbal terdiri atas soal antonim serta sinonim yang berhbungan sama kata di sebelahnya. Jawabannya adalah, avtur dan dingin akan tersedia dalam pilihan ganda yang disiapkan. Hal yang harus kamu persiapkan adalah menambah pembendaharaan kosa kata supaya lebih mudah mengerjakan. Selain itu, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu supaya gak kehabisan waktu. Soal wartegg ini akan berfokus pada kemampuan imajinasi kamu mempersepsikan bentuk tertentu pada suatu hal.

Di kertas yang dibagikan ada delapan kotak kecil berisi sebuah garis dan titik, dari garis dan titik tersebut kamu bisa menggambar hal apapun yang dirasa menggambarkan suatu hal sesuai imajinasi kamu. Tips yang penting bisa kamu lakukan adalah coba untuk menggambar benda hidup pada kotak berisi garis lengkung termasuk titik dan benda mati pada kotak berisi garis lurus. Kalau bisa gambar secara acak, jangan menggambar dari kotak paling kiri ke paling kanan, di situ tim penilai akan melihat tingkat kreativitas kamu. Lagi-lagi, tes psikotes gambar. Pada kesempatan ini, kamu harus menggambarkan seseorang dari kepala sampai kaki yang menjadi idola atau tokoh inspirasi kamu selama hidup. Jika Anda menyukai artikel informatif ini dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Cache dengan murah hati kunjungi situs web kami. Tokoh ini harus sedang melakukan aktivitas tertentu dan menjabarkan apa aja kelemahan serta kelebihan yang dimiliki. Sedangkan untuk pohon, gak ada aturan secara terperinci. Namun, ada beberapa jenis pohon yang dilarang untuk digambar. Agar bisa mendapatkan penilaian yang baik dalam hal gambar psikotes ini, gak harus bagus tapi usahakan rincian bentuk orang dan pohonnya lengkap. Seperti bentuk wajah dan rambut pada orang harus jelas, pohon harus memiliki struktur yang lengkap dari akar sampai ujung daun. Sekarang udah tahu kan cara terbaik buat mengerjakan tes psikotes gambar? Bisa dibilang ini adalah tes yang paing melelahkan di bandingkan semua tes yang udah dilakukan. Pasalnya, kamu harus menghitung deretan angka dari paling atas sampai bawah yang jumlahnya sangat banyak. Nama lain dari soal ini adalah tes koran. Tips mengerjakan tes satu ini adalah, kamu harus konsisten, jangan terlalu bersemangat di awal dan letih di akhir. Karena kalau gitu nanti hasilnya akan memperlihatkan penurunan performa kamu ketika bekerja. Gimana, udah bertambah belum wawasan kamu tentang soal psikotes kerja? Kalau sebelumnya kamu pernah gagal dalam tahapan ini bisa mencoba tips di atas supaya gak bisa lulus ke tahap selanjutnnya.

Jarak tempuh antara start sampai perhentian A adalah 2 km, antara perhentian A sampai dengan perhentian B adalah 7,5 km, dan antara perhentian B sampai dengan finish adalah 1,5 km. Berapa kilo meterkah total jarak tempuh pada perlombaan lari tersebut? 6. Benny berjalan kaki dengan kecepatan 5 km per jam, setelah 20 km dia berlari sehingga mencapai 60 km dalam waktu 6 jam. Berapa km per jam kecepatan rata-rata Benny itu ? 7. Jika cuaca berkabut, sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 30 km per jam. Jika cuaca baik kecepatan rata-rata mobil tersebut 60 km per jam. Berapa lama ia menempuh jalan yang panjangnya 210 km jika 2/7 (dua per tujuh) dari perjalanan itu bercuaca buruk berkabut? 8. Dengan 4 liter bensin sebuah mobil dapat menempuh jarak 32 km. Jika jarak yang akan ditempuh 56 km, berapa liter bensin yang diperlukan? 9. Di dalam suatu penelitian didapat kesimpulan bahwa perbandingan hewan yang bersifat PQ dengan populasi hewan yang tidak bersifat PQ adalah 5 : 3 dan bahwa 3/8 dari hewan tersebut yang bersifat PQ adalah jantan. Berapa perbandingan populasi hewan PQ jantan terhadap populasi hewan seluruhnya ? 10. Jika roda pertama berputar 2 kali maka roda kedua berputar 5 kali.

Berapa kalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 6 kali ? 11. Jika roda berputar 9 kali maka roda kedua berputar 24 kali. Jika roda yang pertama berputar 27 kali, berapa kali putaran roda kedua? 12. Yandi berjalan ke arah Utara dengan menempuh jarak 2/5 km dalam tempo 5 menit, berapa kecepatan rata-rata perjalanan Yandi dalam 1 jam ke depan ? 5 cm. Apabila roda A berputar dengan sempurna, roda D akan berputar sebanyak ? Pada awal percobaan ketiga larutan tersebut dimasukkan secara bersama-sama. Berapa banyak larutan yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi pada saat larutan tersebut dimasukkan secara bersama-sama untuk yang keempat kalinya? 16. Dalam suatu balap mobil, seorang pembalap mampu menempuh jarak 10 km dalam waktu 6 menit. Berapakah kecepatan rata-rata mobil itu ? 17. Jika sebuah mobil dijalankan sejauh 300 km, maka mobil itu akan menghabiskan bensin 15 liter tiap kilometernya. Berapa km per liter kecepatannya harus ditambah supaya mobil tersebut hanya menghabiskan 121 jarak tempuh yang sama ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *