7 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Menjalani Psikotes Kerja

Administrasi psikotes 1 slideshare - 웹Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan psikotes. Tes psikologi atau yang biasa disebut dengan psikotes adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis dan juga karakter seseorang. Sekarang adalah saat di mana kamu menjalani psikotes kerja sebagai salah satu rangkaian proses penerimaan karyawan di perusahaan yang kamu inginkan. Psikotes kerja umumnya dilakukan sebelum kamu lolos ke tahap interview, tapi tidak jarang juga perusahaan yang melakukan psikotes kerja setelah tahap interview, semua tergantung pada prosedur dan kebutuhan perusahaan. Dilakukan sebelum ataupun sesudah interview, psikotes kerja sama pentingnya dan harus kamu siapkan dengan baik. Nah, sebelum kamu melakukan psikotes kerja, berikut Glints akan bagikan 7 tips untuk kamu mempersiapkan diri sebelum menjalani psikotes kerja. Tips pertama adalah menyiapkan mental dan fisik sebelum psikotes kerja. Persiapan yang satu ini memang tidak hanya kamu persiapkan sebelum psikotes kerja, tapi pada setiap tahapan yang harus kamu lewati. Kembali lagi ke psikotes kerja, dalam psikotes kerja, kamu akan berpacu dengan waktu sehingga kamu harus menyiapkan mental agar kamu bisa tenang menjalani psikotes kerja dan bisa menjawab semua pertanyaan.

Persiapan fisik juga tentunya tidak kalah penting dengan persiapan mental. Psikotes kerja biasanya berjalan lama hingga beberapa jam, maka dari itu kamu harus siapkan fisikmu agar dapat menjalani semua rangkaian psikotes kerja hingga selesai. Meskipun tes dimuali di pagi hari, tetap usahakan untuk sarapan sebelum memulainya, ya! Jangan pernah berpikiran bahwa psikotes kerja di setiap perusahaan akan sama, meskipun kamu memang akan menemukan beberapa yang seperti itu. Kamu harus lebih membuka pikiranmu tentang psikotes kerja. Psikotes tidak seperti kebanyakan tes yang pernah kamu lalui. Jika kamu menguasai matematika, menguasai banyak kosa kata, dan dapat membaca dengan cepat, belum tentu kamu dapat menguasai psikotes kerja. Psikotes adalah serangkaian tes yang dirancang sangat unik yang bahkan bisa membantu kamu mengetahui karekter kamu yang belum kamu ketahui sebelumnya. Meskipun psikotes kerja adalah tes yang unik, bukan berarti kamu tidak bisa mempelajarinya sama sekali. Kamu bisa mencari tahu tentang jenis-jenis pertanyaan yang biasanya muncul dalam psikotes kerja.

Beberapa psikotes kerja adalah merupakan gabungan dari beberapa metode psikotes yang tujuannya berbeda, ada tes yang bertujuan mengetahui tingkat kecerdasan dan juga bakatmu dan ada juga tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadianmu. Secara umum, dalam psikotes kerja kamu akan menemukan pertanyaan yang tidak hanya berupa kata-kata, tapi juga permainan angka bahkan permainan gambar. Bahkan ada psikotes kerja yang mengharuskan kamu menggambar dengan tanganmu sendiri. Tips selanjutnya sebelum menghadapi psikotes kerja adalah mempersiapkan alat yang akan kamu gunakan ketika psikotes kerja. Kesalahan yang fatal mungkin saja akan terjadi jika kamu tidak mempersiapkan alat dengan baik. Pertama kamu harus mempersiapkan alat tulis dengan lengkap. Kamu mungkin tidak pernah mengetahui kapan kamu akan diperbolehkan menggunakan pulpen atau pensil ketika psikotes kerja, jadi lebih baik jika kamu memiliki keduanya. Jangan lupa juga untuk siapkan kertas kosong karena kamu tidak pernah tahu kapan kamu harus mencatat beberapa hal. Beberapa tes yang melibatkan angka juga memungkinkan kamu untuk menggunakan kalkulator. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa tes dalam psikotes kerja mungkinkan kamu untuk berpacu dengan waktu.

Ada jenis tes dengan puluhan pertanyaan yang harus kamu selesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit. Jenis tes seperti ini benar-benar menuntut kecepatan berpikirmu. Tapi usahakan tetap tenang dan jangan panik jika kamu ingin menyelesaikan tes tersebut dengan baik. Dalam psikotes tidak ada sistem pengurangan poin jika kamu menjawab salah, tapi bukan berarti kamu bisa menjawab asal. Setiap pertanyaan juga memiliki poin yang sama, jadi cara mudahnya agar kamu lebih cepat mengerjakan soal adalah jangan terpaku dengan soal yang sulit. Kamu bisa memilih pertanyaan yang mudah-mudah terlebih dulu untuk dikerjakan. Apa yang tidak bisa kamu dapatkan dengan internet zaman sekarang ini? Berbagai hal bisa kamu pelajari secara online, begitu juga dengan latihan psikotes kerja. Pertanyaan yang kamu pelajari secara online tentunya akan berbeda dengan psikotes kerja yang akan kamu jalani., tapi paling tidak kamu akan mendapatkan gambaran umum tentang psikotes. Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah ‘practice makes perfect’. Tes kepribadian menjadi salah satu rangkaian dalam psikotes kerja.

Kamu mungkin akan diberikan ratusan pertanyaan mengenai dirimu, tentang sesuatu yang menggambarkan dirimu atau yang tidak menggambarkan dirimu dan banyak jenis pertanyaan lainnya. Serangkaian pertanyaan ini memiliki maksud dan tujuan tertentu dan kamu tidak hanya bisa menilai satu atau dua pertanyaan saja. Jadi, kamu harus selalu menjawab jujur dan apa adanya. Jangan pernah melebih-lebihkan ataupun menjawab dengan tidak seharusnya hanya karena kamu berpikir jika kamu menjawab yang lain maka kamu akan terlihat lebih baik. Jumlah pertanyaan yang sangat banyak dan terkadang berulang-ulang ini akan membuat kamu bingung jika satu kali saja kamu menjawab tidak jujur. Mungkin hasil psikotes kerja milikmu akan menunjukkan kamu adalah pribadi yang tidak jujur atau plin-plan. Jadilah apa adanya karena setiap orang memiliki keistimewaannya masing-masing. Itu dia 7 tips untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi psikotes kerja. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa psikotes kerja adalah tes yang menakutkan dan membuat kamu merasa terintimidasi karena kamu harus menghadapi ratusan soal dan berpacu dengan waktu. Tidak perlu berpikir seperti itu karena sebenarnya psikotes kerja justru bertujuan untuk menggali kemampuan dan bakatmu yang mungkin belum kamu sadari sebelumnya. Jika kamu memang merupakan kandidat yang berpotensi, tentu saja kamu akan lolos. Semoga tips dia atas dapat membantu kamu untuk lolos psikotes kerja dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Masih belum menemukan pekerjaan yang cocok juga hingga saat ini? Sign up sekarang juga ke Glints karena ada ribuan lowongan kerja yang telah menunggumu!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *