Agar Anda Dapat Lolos Psikotes

Helicopter, Air, Aircraft, Fly

Tujuan Tes Psikologi menurut Lee J. Cronbach (Essentials of Psychological Testing), psikotes bertujuan untuk mengetahui perbedaan di antara setiap kepribadian. Perbedaan kepribadian individu merupakan problem utama dalam mengatur tindakan orang lain. Oleh karena itu, setiap pemimpin, manager atau atasan harus mampu mengidentifikasi masalah tersebut. Terdapat dua cara yaitu dengan Prediksi dan Diagnosis. Mendasari setiap pemakaian tes dan menekankan perbedaan di antara masing-masing individu. Misalnya diberikan tes pada dua orang, tes ini dapat mengungkapkan perbedaan mereka, namun hal itu tidak ada artinya jika perbedaan aktivitas kesehariannya tidak dapat diprediksi. Dalam penerimaan karyawan, tes ini dapat dilakukan untuk menyeleksi calon karyawan yang memenuhi kualifikasi. Menekankan perbedaan antara sifat-sifat dari individu yang sama. Diagnosa mencakup prediksi karena pemakai tes harus menentukan tingkah laku yang boleh dilaksanakan dan sejauh mana pola tersebut tetap bertahan. Istilah diagnosa disini adalah mengacu pada analisis dan berkaitan dengan berbagai aspek tingkah laku. Ada beberapa jenis tes psikologi yang digunakan dalam proses pengujian seseorang, tidak selalu semua tes diberikan kepada Testee (responden yang mengerjakan tes atau subjek yang dites). Pemberian soal tes bergantung pada keperluannya, contoh Tes Klasikal biasanya digunakan pada seleksi karyawan, seleksi siswa, seleksi mahasiswa, tujuan riset dan sebagainya.

Tes IQ paling luas penggunaannya, karena Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam kerangka berpikir secara total dan logis. Tes bakat bertujuan untuk mengukur bakat atau kemampuan, yang mungkin belum diketahui dan masih terpendam. Tes bakat dapat memprediksi kecakapan seseorang dan cocok bagi calon pelamar yang belum berpengalaman, sehingga dengan mengerjakan tes bakat dapat lebih memprediksi kecakapan belajar para pelamar di kemudian hari. Tes minat ditujukan untuk mengetahui minat seseorang, untuk pekerjaan yang spesifik seperti guru, akuntan, manager, dokter dan sebagainya. Tes ini memang jarang digunakan, namum dalam rekruitmen, soal tes minat terkadang terdapat dalam soal-soal Tes Kepribadian (Personality Test). Tes ini bertujuan untuk mengukur hasil kerja, serta seberapa jauh pemahanan/pengetahuan tersebut terhadap suatu hal. Semua tes psikologi mencakup tes prestasi. Tes kepribadian bertujuan untuk mengukur dan menilai kepribadian testee. Kepribadian bukanlah sesuatu yang benar atau salah, bukan pula sesuatu yang baik atau buruk. Karena tiap kepribadian mempunyai dua sisi yaitu kelemahan serta kekuatan seseorang yang berbeda-beda. Seseorang yang memiliki sifat introvert tidak dapat dikatakan jelek. Demikian pula extrovert pun tidak selalu baik. Tes personaliti ini sangat penting, baik bagi perusahaan/institusi maupun bagi orang yang di tes, karena dari hasil tes diperoleh hasil, kelebihan dan kelemahan dari beberapa sifat yang dimiliki oleh testee. Seseorang yang memiliki kecakapan / keahlian tertentu cukup baik belum tentu berhasil lulus tes kepribadian apabila ia tidak memiliki sifat yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan tertentu. Misalnya: Perusahaan yang mencari operator komputer, kepribadian yang dibutuhkan adalah rajin, teliti, cekatan dan rapi. Jenis soal tes kepribadian ada dua yaitu tipe soal menggambar dan soal kuesioner, namun keduanya tidak selalu diterapkan, baca selengkapnya mengenai contoh soal psikotes. Agar Anda dapat lolos psikotes, ada baiknya anda mengerjakan soal latihan psikotes untuk persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), calon pegawai baru dsb. Karena banyak pencari kerja /palamar pekerjaan yang sering mengeluh ketika menghadapi seleksi tes psikologi dan menganggap bahwa tes psikologi sulit, padahal dikarenakan kurangnya memahami maksud dari soal tes tersebut.

[TERLENGKAP] 12 Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya + …

https://www.karyawanesia.com › contoh-soal-psikotes

15 Des 2019 –

Yang perlu anda ingat adalah untuk garis lengkung sebaiknya anda menggambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati. Jika anda menggambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian anda. Apa yang anda gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ anda. Draw A Man Tes (Tes Gambar Orang) ; untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Dimana Anda dikasih kertas kosong dan diberi perintah untuk bikin gambar pohon, trus dikertas lainnya gambar orang, di kasih kertas lagi di suruh gambar pohon, orang, & r umah. Klo kamu gak bisa gambar gak usah kuatir, krn yg dinilai bagus atau tidaknya gambar tsb. 2 gambar ada artinya. 1. kerjaiin tuh tambah tambahan angka tapi isinya asal aja yang penting penuh. Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja. Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya.

Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang. Tes Psikologi atau psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Karena faktor ini dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. 1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut. 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat. Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *