Arti Pohon Dalam Psikotes

Sudah lama saya posting tentang hal ini. Saya ada tambahan informasi. Beberapa waktu lalu saya mendapat cerita dari anak HRD sebuah perusahaan. Mereka selalu melakukan seleksi untuk menerima karyawan baru. Seleksi yang dilakukan selalu menggunakan metode tes psikologi atau psikotes. Kebetulan yang dites merupakan orang yang sudah berpengalaman, pengalaman kerjanya sudah beberapa tahun. Sebenarnya dites atau tidak, rekomend terhadap orang ini adalah diterima, tetapi untuk formalitas adalah tetap dilakukan tes. Pohon apakah yang digambar orang itu? Bukan gambar pohon rindang, berbuah lebat dll. Justru yang digambar adalah pohon tumbang, atau pohon yang patah/ buntung alias tak berdahan. Hanya berupa potongan batang pohon. Apa pemaknaan dari gambar itu? Informasi yang saya peroleh dari HRD itu adalah bahwa orang itu tidak mempunyai harapan atau visi ke depan. Apa yang dia peroleh sampai saat ini adalah pencapaiannya. Bisa dikatan tidak ada ambisi yang bisa dia tuju. Apa yang sudah baik, itulah yang dicapai. Tetapi untuk hidup dengan visi kedepan mau dibawa kemana, orang ini tidak punya. Bisa dikatakan bahwa orang ini punya suatu trauma yang membuatnya seperti itu. Awalnya ketika diceritakan tentang gambar pohon tumbang saya tertawa. Lucu memang, jika ketika disaat kita dusurh menggambar pohon, ternyata yang digambar adalah pohon tumbang. Meski begitu, ada makna yang bisa digali dari gambar yang telah dibuat. Percaya atau tidak, itulah ilmu psikologi. Sekian tambahan informasi dari saya, kurang lebihnya monggo dilanjutkan di kolom komentar di bawahnya. Atau mau menanggapi tinggal balas komentarnya saja.

Pak Anto seorang perajin tempe. A. Pak Anto pasti mengeluhkan harga kedelai naik. B. Pak Anto tidak mengeluhkan harga kedelai naik. Tes Potensi Akademik terbagi kedalam tiga kelompok yaitu tes verbal, tes logika dan tes spasial. Saat ini sudah ada soal latihan TPA Online dari beberapa website, silahkan anda telusuri sendiri di pencarian google. Selain mendapatkan soal psikotes Bank dan BUMN, anda akan mendapatkan Soal-soal CPNS yang telah disiapkan untuk anda pelajari. Contoh soal CPNS ini dapat anda download setelah bergabung sebagai premium member. Silahkan download soal CPNS tersebut untuk anda pelajari sebagai persiapan tes CPNS. Contoh soal CPNS tersebut hanya sebagian kecil dari ebook soal-soal CPNS yang pernah saya baca. Untuk menulisnya disini saya rasa terlalu panjang. Diantaranya akan diberikan informasi tentang Lowongan CPNS dan Pengumuman CPNS terupdate secara gratis. Software psikotes simple ini sangat mudah digunakan dan cocok sekali untuk mengasah kemampuan Anda dalam memilih jawaban yang benar. Cara mengisi jawabannya cuma mengklik salah satu jawaban yang benar, lalu klik next.

Sebagai perbandingan berapa benar dan berapa yang salah anda dapat mengetahuinya setelah menyelesaikan semua soal. Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Percaya diri dan selalu optimis. Tips ini jangan diremehkan begitu saja, persiapkan fisik dan mental dalam mengerjakan soal psikotes cpns dan penerimaan karyawan pegawai baru dan lainnya akan sangat membantu memberikan sugesti positif. Dibutuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi , bila pada awalnya sudah pesimis dalam mengerjakan soal, tentu akan membawa pengaruh buruk terhadap diri saat mengerjakannya. Sering berlatih mengerjakan soal-soal. Soal latihan yang sudah saya berikan pada dasarnya hampir sama bentuknya hanya saja dibedakan dalam bentuk dan cara yang berbeda. Meskipun intinya soal adalah sama. Jadi perbanyaklah belajar dan berlatih soal untuk memudahkan anda mengerjakannya pada saat mengikuti tes. Fokus dan konsentrasi. Konsentrasi, ketelitian dan ketenangan merupakan strategi terpenting, tanpa ini hasil yang diharapkan akan jauh dari kenyataan. Kepandaian dan kecerdasan tanpa ketelitian serta ketenangan memberikan hasil yang tidak memuaskan. Berdoa dan perbanyak sedekah. Berdoa merupakan langkah pertama yang mesti dilakukan dan juga hal terakhir ketika mengakhiri segala aktifitas. Sertai do’a dan usaha sebagai wujud nyata kelemahan diri dihadapan Tuhan dengan mengharapkan petunjuk dan kemudahan demi mencapai kesuksesan. Selamat mengikuti tes ujian psikotes, semoga materi yang saya posting ini dapat sedikit menambah wawasan anda dalam menghadapi Soal Psikotes nantinya.

Siap Hadapi Tes Psikotes? Pelajari 3 Trik Rahasianya Disini

https://www.selipan.com › tips › sukses › 3-trik-rahasia-tes-psikotes

Jangan pernah ikuti apa kata orang ketika disuruh gambar orang, rumah, atau pohon saat tes psikotes! Baca dulu trik dan 12 contoh soal psikotes disini!

Administrasi psikotes 1 slideshare - 웹

Dengan banyaknya soal yang diberikan pada psikotes, postingan ini juga saya akan bagi dalam beberapa bagian. Kali ini saya akan bagikan tips dan trik mengerjakan soal psikotes beserta contoh dan pembahasan dalam tahap tes kemampuan menggambar orang, pohon dan rumah (Draw A Person, Tree and House-Tree-Person ). Petunjuk : Gambarlah orang lengkap. Pembahasan : Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta psikotes yang akan menjadi calon karyawan atau calon mahaiswa. Adapun poin yang dinilai dalam menggambar orang ini adalah : Proporsi anggota tubuh. Semakin proporsional (seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain) maka semakin tinggi skor yang anda peroleh. Kelengkapan anggota tubuh. Semakin lengkap semakin tinggi nilainya. Diantaranya kepala, leher, badan, tangan, kaki, dan seterusnya. Detail gambar. Semakin detail gambar yang anda buat semakin tinggi pula nilai yang anda peroleh. Tips dan Trik : Saat wawancara dengan psikolog, adakalanya gambar ini dibawa oleh dia dan tanyakan kepada anda. Mengapa anda menggambar orang seperti diatas dan anda akan disuruh mendeskripsikannya secara detil. Untuk itu, gambarlah orang yang benar-benar nyata, bukan tokoh kartun (anime) yang menyerupai orang.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *