Artikel Psikologi: Tips Psikotes: Pauli Dan Kraepelin

Sebenarnya Pauli dan Kraepelin adalah 2 tes yang berbeda dan kedua tes jarang sekali berada dalam baterai tes 11:44Baru yang sama. Kraepelin di ciptakan oleh seorang psikiater bernama Emilie Kraepelin untuk mengetahui (awalnya) defisiensi mental seseorang, sementara Pauli adalah hasil penyempunaan Kraepelin untuk mendiagnosa kemampuan bekerja oleh psikolog bernama oleh Richard Pauli serta dibantu Wilhelm Arnold dan Van His. Kraepelin biasanya akan disajikan dengan form identitas menghadap anda dan mungkin (beberapa) ada contoh soalnya serta lembar persoalan terdapat di baliknya, sedangkan Pauli disajikan dengan (sengaja) direntangkan keseluruhan lembar tes, sehingga terlihat ribuan angka-angka persoalan (I love this test!!). Perhatikan alat tulis yang boleh digunakan. TANYALAH dulu pada assesor anda: “bolehkah menggunakan pulpen”, kenapa pulpen? Singkirkan penghapus dan alat pembetul tulisan lainnya. Ketika diinstruksikan garis/pindah, segeralah membuat garis/berpindah kolom. Lakukan sesegera mungkin. Instruksi ini dibuat dan dihitung sedemikian rupa sehingga jika anda menunda, nilai anda dipastikan akan anjlok. Konsentrasilah pada lembar anda. Perhatikan intruksi dengan benar. Pauli: menjumlahkan dari atas kebawah dengan intruksi “Garis” yang artinya buatlah sebuah garis dimana anda sedang mengerjakan hitungan lalu kembalilah menghitung seperti biasa dibawah garis tersebut. Kraepelin: menjumlahkan dari bawah keatas dengan intruksi “pindah” yang artinya berpindah satu kolom ke sebelah kanan dan mulai menghitung dari bawah lagi. Perlu diketahui Pauli adalah tes yang hampir tidak mungkin untuk di manipulasi, bahkan ada anekdot yang mengatakan “semakin jago pauli, semakin kecil skornya” dan anekdot itu bekerja sempurna untuk saya. Lalu bagaimana dengan orang yang menguasai “aritmatika-aritmatikaan” atau “sempoa-sempoaan” atau yang sejenisnya?

10 Contoh Soal Psikotes Beserta Tips dan Trik Menghadapinya

https://www.jadikaryawan.com › contoh-soal-psikotes

Dalam menghadapi psikotes anda akan menemukan beberapa soal psikotes. Berikiut 10 contoh soal psikotes beserta tips dan trik menjawabnya.

Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium. Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut. 9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork.

Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes. 10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus anda hindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes. 5. Thanks ats tipsy, smg kesmptn test selanjutnya bs lbh baik lg…. 6. Wah terimakasih banyak ya atas semua informasinya..sangat membantu sekali. 11. bener jg tuh trik n tips nya aku jg pernah melakukan hal sprt itu pd saat ujian masuk menjadi pegawai BUMN..

12. apakah smua itu akan keluar soalnya saya baru akan memasuki SMK.apakah musti materinya sekitar itu……? 2 yang jujur dan mana orang2 yang berusaha mengakali. 2 yang gambarnya dibuat2 karena telah dipelajari sebelumnya. 15. Setuju banget. Saya sempat shock karena setelah psikotes ditatar sama teman katanya gambar kamu harus gini, jawaban kamu harus gitu. Saya pikir bagaimana bisa diterima (obyektif) kalau sebuah psikotes ternyaa sudah ada kunci jawaban lulusnya. 16. thanks atas infonya…..moga2 besok tesku sukses…. Walaupun saya kurang stuju dengan penilaian kinerja seseorang hanya dikihat dari soal2 psikotest.. 18. thanx infonya,bwt bekal ak tes psikots besok pagi.doain y tmn2….. 2 smua, bzok aq ada panggilan bt tes psikotes.., mdah2 lancar. 21. makasih banyak bantuannya. 26. gambr yang no 3.2 da suatu penurunan. 29. smOga saJa q luluS aka N teZt nA…. ASIh ataS tipS nya yaaa…….. 30. ada contoh tes tsb ga? 31. Thnks ya Gan atas Share nya…. 33. Mas, kok ga ada contoh gambar pohon & gambar orang?

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *