Berikut Contoh Soal Psikotes Dan Jawabannya Terbaru 2020

Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual. Yang paling umum adalah mengenai kognitif (biasa disebut intelligence atau IQ), dan afektif (lebih bersifat personality atau juga emosional). Adapula yang mengukur langsung secara konatif, biasanya umum dilakukan dalam tes assessment. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa. Tes Psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis. Sebagaimana yang telah diungkapkan dalam tulisan diatas; inti pengukuran adalah untuk meramalkan konatif (kecenderungan perilaku) yang diperoleh melalui psikotes (tes kognitif dan afektif) maupun assessment (mengungkap konatif secara langsung). Diaplikasikan dalam perekrutan karyawan, eskalasi dan mutasi karyawan, atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Apapun jenis usaha anda, pemeriksaan psikologis dapat dilakukan secara kelompok (klasikal) atau individual. Jasa pemeriksaan psikologis juga meliputi Pengukuran, Bimbingan konseling, dan Pelatihan untuk pendidikan. Dari mulai Playgroup, TK, SD, SMP, dan SMU. Arah pemeriksaan dapat ditujukan untuk mengukur intelegensi (IQ), arah minat dan bakat, keajegan belajar, konsentrasi, kematangan emosional, interaksi sosial, kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Tes psikologi juga dapat dilakukan untuk memetakan kebutuhan secara organisasi atau individu dalam pelatihan manajemen. Biasanya diaplikasikan kedalam bentuk Outbound Management Training atau In Class Training. Sifat pelatihan ini terukur, karena menyertakan psikotes dalam pre-test dan post-test. Tujuan pelatihan ini bersifat team building dan organisasi untuk peningkatan skill leadership, communication skills, planning, change management, delegation, teamwork, dan motivation, atau apa saja sesuai kebutuhan. Kelebihan pelatihan ini, seluruh aspek perilaku dan kebutuhan akan diungkap melalui psikotes, dan modul design akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan yang muncul dari hasil psikotes tersebut.

Sempatkan diri anda untuk mengkonsumsi makanan sebelum mengikuti psikotes. Soalnya konsentrasi anda akan terganggu jika saat mengerjakan soal psikotes perut anda keroncongan. Pokoknya anda harus sehat secara fisik dan mental agar anda ‘siap tempur’. Sebagai bekal mengikuti psikotes, latih otak anda dengan membaca-baca buku tentang contoh soal psikotes. Pelajari teknik mengerjakannya dengan baik. Bisa juga anda tanyakan ke teman anda yang pernah mengikuti psikotes. Dengarkan instruksi atau perintah mengerjakan soal dengan seksama. Perhatikan juga contoh-contoh soal psikotes yang diberikan. Jangan sekalipun mengabaikan instruksi, karena cara anda menjawab soal tergantung instruksi yang diberikan. Misalnya untuk soal menggambar, biasanya anda dilarang menggambar pohon kelapa dan pohon beringin. Maka turutilah instruksi tersebut. Jangan lupa, tuliskan nama anda dengan jelas di atas kertas jawaban. Biasanya disertai dengan tanggal dan nomor peserta. Karena ada juga loh yang lupa menuliskan nama saking semangatnya mengerjakan soal. Sekali anda lupa maka gugurlah anda. Perhatikan jatah waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal psikotes. Jangan sampai anda terlambat mengerjakan dan menyelesaikan jawaban. Usahakan agar semua soal psikotes terjawab hingga waktu yang diberikan habis. Jika anda telah menyelesaikan jawaban, sementara waktu untuk mengerjakan masih tersisa, manfaatkan waktu anda untuk mengkoreksi jawaban anda. Pastikan bahwa jawaban yang anda berikan adalah jawaban yang paling tepat. Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal psikotes sebagai bahan latihan buat anda.

Menggambar pohon adalah salah satu bagian dalam psikotes. Umumnya tes menggambar pohon dilakukan setelah tahap psikotes logika matematika dan krapelin. Tes menggambar sendiri terbagi 3 yaitu tes melengkapi gambar, tes menggambar orang, dan yang terakhir tes menggambar pohon. • Jagalah kertas Anda dalam keadaan rapi dan bersih. Menjaga kertas dalam keadaan rapi dan bersih sangat diperlukan untuk menunjukkan bahwa Anda orang yang rapi dan teratur. Jangan terlalu sering menghapus. Gambarlah bagian per bagian dengan lengkap, mulai dari akar, batang, sampai daun. Perhatikan proporsi gambar, akar, batang, dan mahkota, jangan buat mahkota yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sebaiknya Anda banyak memerhatikan pohon supaya dapat memperkirakan proporsi yang sesuai. Usahakan pohon ditempatkan di tengah dan cukup untuk satu ukuran kertas. Pohon yang terlalu kecil menunjukkan bahwa Anda kurangnya kepercayaan diri, sementara pohon-pohon yang terlalu besar menunjukkan bahwa orang tersebut sangat dominan. Jika garis terlalu lemah, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda orang itu tidak punya pendirian, sedangkan garis terlalu tegas menunjukkan bahwa Anda terlalu kaku dan tidak mau menuruti peraturan. Serat-serat akar sangat diperlukan karena tidak mungkin sebatang pohon hanya memiliki satu akar tunggang tanpa serat. Tapi tetap perhatikan waktu karena waktu yang dialokasikan pengawas biasanya hanya 10 menit.

Batang yang terpotong bahwa kita memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan sehingga membuat kita depresi dan terpuruk. Batang yang bergelembung menunjukkan bahwa ada pertumbuhan yang terhambat. Dengan demikian, usahakan membuat batang yang paralel (atau bisa juga semakin ke atas agak semakin kecil). Cabang yang terbuka menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan kepribadian maupun kehidupan sosial kita. Cobalah untuk membuat detail daun satu per satu karena hal itu menunjukkan bahwa Anda benar-benar teliti. Pengalaman saya menunjukkan bahwa untuk menggambar daun yang detail, dibutuhkan waktu sekitar 5 menit. Oleh karena itu alokasikan waktu sekitar 5 menit untuk menggambar daun. Buah yang terlalu banyak menunjukkan bahwa Anda ingin cepat mendapatkan hasil tanpa usaha. Lingkungan yang saya maksud misalnya, burung, rumput, kucing, kelinci, manusia. Ini menunjukkan bahwa Anda pecinta lingkungan dan Anda dapat menentukan proporsi ideal antara tinggi dari berbagai aspek. Namun jika waktu tidak cukup, lebih baik untuk tidak menggambarnya. TIPS PENTING : Jangan pernah sekali-kali menggambar pohon pisang, pohon monokotil, perdu dan rerumputan dalam tes menggambar pohon. Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda.

Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar. Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. Tambahan tips psikotest dari pengalaman pribadi penulis yang sudah beberapa kali ikut tes psikotes dan dari pskolog yang kompeten, yang sangat terpenting adalah malam sebelum tes diusahakan tidur / istirahat yang cukup. Kondisi tubuh yang fit dan segar sangat diperlukan untuk mengerjakan tes psikotes yang waktunya bisa seharian dan cukup melelahkan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *