Buat Pelamar Kerja, Anda Bisa Gagal Psikotes Jika Tak Tahu Ini

Latihan psikotes1 slideshare - 웹MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM- Untuk pencari kerja, ada beberapa hal yang kelihatannya sepele tapi dampaknya bisa membuat Anda gagal dalam psikotes, khususnya. Pertama-tama, perlu diingat baik-baik, para ahli dan pakar psikologi membuat psikotes adalah salah satu tujuannya untuk menggambarkan kepribadian dari seseorang. Hal ini dikaitkan ketika seseorang mencari pekerjaan, maka diadakanlah test psikotes yang bisa dijadikan salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan sejenisnya. Pengertian psikotes adalah sebuah bentuk tes yang digunakan dalam rangka mengukur aspek-aspek individu secara psikis, khususnya adalah kecenderungan perilaku (tingkah laku). Bentuk tes psikotes ini biasanya secara tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau pun visual. Dapat dicontohkan di sini evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. Paling umum yang dilakukan adalah mengenai kognitif (Intelligence atau IQ), dan afektif (personality atau emosional seseorang). Untuk bisa lulus ujian psikotes maka perlu tips menghadapi psikotes dengan baik dan benar, karena dengan kita mengetahui akan trik dan kiat hadapi psikotes dengan baik maka harapan kita untuk bisa lolos akan semakin besar. Yakin bahwa posisi atau pekerjaan yang akan dimasuki lewat psikotes itu benar-benar sesuai dengan kemampuan anda, dan sebaiknya juga sesuai dengan keinginan Anda.

100 Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya (Lengkap)

https://titikdua.net › Edukasi

16 Sep 2019 –

Software Psikotes slideshare - 웹Disarankan beberapa hari sebelum test, anda sudah mengetahui dan melihat tempatnya. Karena ada beberapa test yang menanyakan hal-hal yang terkait dengan surat lamaran dan CV Anda. Jangan sampai jawabannya berbeda dengan CV Anda. Ada baiknya sebelum melakukan test berlatih berbagai soal psikotes, sehingga anda menjadi benar-benar siap menghadapi psikotes dengan hasil maksimal. Dalam rangka mengerjakan test psikotest atau apapun itu, berdoa adalah jalan yang harus dilakukan agar mencapai keberhasilan. Termasuk berhasil melampaui psikotest. Untuk menghadapi ujian psikotest diperlukan ketenangan dan keyakinan yang besar untuk bisa mengerjakannya. Ketenangan serta keyakinan sangat membantu memberikan kenyamanan tersendiri dalam mengerjakannya. Rasa optimis diperlukan agar kita bisa lolos ujian psikotest yang akan dikerjakan. Pemenuhan kebutuhan istirahat adalah kiat lulus menghadapi psikotest. Dengan istirahat yang cukup pasti tubuh akan lebih siap dalam menghadapi apapun termasuk psikotest. Mengerjakan ujian test semacam ini juga membutuhkan energi yang cukup dan energi tersebut didapat kalau kita makan atau sarapan pagi. Karena pada umumnya ujian psikotes ini dilakukan pada pagi hari.

Mudahnya kita harus menjalani serangkaian tes psikologi untuk mengetahui beberapa kriteria yang dibutuhkan perusahaan, seperti kondisi mental, kemampuan dasar (IQ, IE atau kemampuan bahasa dan penalaran). Test ini ditunjang dengan sistem atau alat yang memiliki kategori khusus, dan hanya bisa dijalankan seseorang yang memiliki ilmu pada bidang tersebut yakni dalam hal ini bidang psikotes. Tes psikologi sendiri dapat memperlihatkan watak dan sikap seseorang dari sisi interest, intelijen, personality, dan juga attitude. Metode test ini biasanya dipenuhi dengan deretan gambar 2 D hingga 3 D. Bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menganalisa dan juga memahami suatu pola tertentu. Tentunya Jenis tes psikologi yang satu ini sangat berguna hasilnya untuk perusahaan. Karena dengan diketahuinya kemampuan calon karyawannya dalam menganalisa dan memahami pola tertentu, perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan standarisasi yang dibutuhkan. Jangan hanya terfokus saja pada deret hitung atau deret ukur dalam perhitungan, sebaiknya kamu lihat semua angka dengan sisi pandang yang lebih luas. Karena di dalam soal deret angka yang panjang, 3 sampai 5 angka yang kamu lihat tidak menjamin bisa memberi jawaban dengan benar.

Jangan sia-siakan waktumu dengan terfokus pada soal saja, karena tetap perlu diingat bahwa waktumu terbatas. Terlihat sekilas nama tes yang satu ini agak menggelikan. Namun sebenarnya dinamakan test wartegg karena penemunya yang bernama Ehrig Wartegg seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Di dalam tes ini kamu akan menemukan 8 kotak dengan pola yang berbeda. Biasanya kotak-kotak tersebut mengandung pola titik, garis lurus berjejeran, garis tegak lurus, garis melengkung, dua garis tidak beraturan, kotak hitam kecil, garis melengkung, jajaran titik yang melingkar, dan masih banyak lainnya. Kotak Hitam Kecil : Mencerminkan Konstruksi yang begitu kuat. 2. Jika akan memulai mengerjakan tes ini, sebaiknya jangan memulai dari kotak nomer 5. Karena dalam ilmu psikologis, kemungkinan orang (laki-laki) yang mengerjakan dari kotak nomer 5 memiliki kelainan seksual. 3. Sebaiknya kerjakan test yang satu ini secara berurutan atau jangan terlalu berantakan. Tes ini biasanya terdiri dari 40 soal, dimana soal-soal tersebut berisi antonim/sinonim/analog dari suatu kata. Fungsi dari tes ini yaitu untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu kondisi.

Selain itu juga berfungsi untuk penilaian seberapa jauh kamu menerka dan memahami sebab-akibat pada suatu permasalahan. Untuk cara pengerjaannya cukup mudah yakni selalu berkonsentrasi dan selalu gunakan logika kamu. Namun apabila kamu memiliki masalah dengan dua hal tersebut, ada cara lain untuk lulus dari tes yang satu ini. Yakni membypass dengan cara hafalkan beberapa contoh soalnya. Karena sering sekali soal yang diberikan dalam tes ini relatif sama. Sesuai dengan arti dalam Bahasa Indonesia, yakni kamu diharuskan mengerjakan tes menggambar seorang manusia. Setelah itu deskripsikan jenis kelamin, usia, dan juga aktifitas di dalam gambar tersebut. Hasil atau fungsi dari tes yang satu ini yakni untuk mengetahui kepercayaan diri seseorang, tanggung jawabnya, ketahanan dan juga kestabilannya dalam bekerja. Sekarang untuk cara pengerjaannya ada dua, yang pertama gambarlah seseorang yang sedang dalam keadaan melakukan aktifitas seperti misal pak guru yang sedang mengajar didepan kelas, pak tani yang sedang mengolah sawah, eksmud yang terlihat memegang koper, dan lain sebagainya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *