Cara Menyelesaikan Soal Gambar Psikotest Wartegg Untuk Fresh Graduated Dan Professional

London, Monument, Brass, Pilot

Kali ini tedy akan membuat sebuah postingan tentang Cara Menyelesaikan Soal Gambar Psikotes Wartegg untuk fresh graduated danprofessional. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi teman-teman semua yang akan mengikuti tes psikologis, salah satunya yaitu tes masuk PNS, Tes Pegawai BUMN, dll. Dalam tes Wartegg, anda akan menemukan 8 kotak yang berisi coretan kecil dengan perintah agar anda mengisi kotak tersebut dengan Gambar. Anda harus memperhatikan dengan cermat petunjuk dan keterangan yang tertera seperti Gambar diatas. Dalam Psikotest, tidak ada benar dan salah, yang ada ialah benar dan benar. Namun, bukan benar salah yang menjadi penilaian disini. Dalam test Psikotesyamg dinilai ialah Gambarnya, karena dari Gambar saudara terdapat unsur nilai psikologis saudara. Gambar sebaiknya diacak dari biasanya 1,2,3,4,5,6,7,8 menjadi 1,2,3,4,8,7,6,5 hal ini mendadakan diri anda sebagai orang yang kreatif, mempunyai tantangan dan inovatif ketimbang kaku atau mengikuti habbit. Bila anda bergender laki-laki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Tes ini tidak tidak memerlukan kemampuan khusus, tetapi hal ini hanya salah satu cara bagi penguji untuk mengetahui kepribadian, misalnya bilaGambar terlalu sering dihapus atau kotor berarti anda peragu dan tidak terencana. Jika mengGambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut menandakan anda orang yang keras kepala. Gambar yang anda buatpun menunjukkan tingkat IQ, jika Gambarnya biasa-biasa saja dan umum tentu penilaian tingkat kecerdasannya berbeda jauh dibanding jika kita mengGambar sesuatu yang belum terpikirkan orang lain dan berwawasan. Dalam mengerjakan test Wartegg, biasanya menggunakan media Kertas HVS dengan alat tulis berupa Pensil HB, dan dikerjakan dalam waktu 1×15 menit. Jadi agan-agan harus mulai berlatih dari sekarang bagaimana test yang baik dan benar dalam mengGambarnya.

Dan ini dibatasi waktu yg sepertinya hanya 10-20 detik, abis itu langsung ganti kolom.. Nah, inti dari test koran ini, baik pauli maupun kraeplien, adalah melihat grafik hasil hitungan, sebagai kemampuan Anda bekerja di bawah tekanan, kebenaran dalam menjumlah, sbg tingkat ketelitian selama kerja, kecepatan kerja, juga banyaknya pekerjaan yg dihasilkan. Kalo kraeplien biasanya cm ada 4 hasil yg mungkin.. Yg kalo ditransformasikan ke dalam grafik akan membentuk grafik2 di bawah ini. Grafik ini yg biasanya menjadi kesimpulan tentang produktivitas, dan ketahanan kerja seseorang.. Belakangan kraeplien jarang digunakan karena bisa diakali. Perhitungan Pauli jg sama membentuk grafik pada akhirnya, tp sampe tulisan ini terbit, penulis belum tahu gmn cara bikin grafiknya hehe.. Pernah ikut psikotes dan disuruh gambar atau melengkapi gambar dengan delapan kotak? Dalam Wartegg Test, kamu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut. 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tes menggambar ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian kamu dari cara menggambar dan apa yang kamu gambar.

Airplane, Cessna, Private, Wing, PilotTes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Nah untuk test Wartegg ini, dari sumber lain ada yang menyebutkan kalo Anda berjenis kelamin laki2, gambarlah terlebih dahulu untuk 4 urutan pertama, potongan gambar ber’garis’ atau kotak! 2 cowok. Misal gambar pisau, komputer, mobil, pistol, dll. Empat gambar lainnya yg melengkung atau bulat, urutkan di 5678 (urutan bebas), dgn gambar2 melankolis, atau berbau cewek. Misal gambar bunga, bulan, perhiasan, boneka, payung, dsb. Edwards Personal Preference schedule; Alat tes yang mengukur kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya (16 faktor). Tes ini biasanya menanyakan apa yang akan kamu lakukan pada suatu keadaan,setiap soal ada 2 pilihan jawaban. Terdiri dari banyak pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban.

Tugas Anda hanya memilih satu dari 2 jawaban tersedia yg lebih menggambarkan Anda. Mending jujur aja, daripada diakal2in ntar malah jadi pribadi orang lain.. Biasanya dari sini keliatan, Anda cenderung tipe orang seperti apa.. Ekstrover, pemalu, tipe pemimpin, tipe ambisius, tipe doyan seks, dsb. Jawab dengan spontan, gak usah dibaca berulang2.. Biarpun gak ada batasan waktu, tp kalo udah baca lebih dari sekali, biasanya malah pusing sendiri. Semua yg ada di rangkaian tahap II outputannya adalah gambaran Kepribadian dari subjek.. Dimana kamu akan dikasih kertas kosong dan diberi perintah untuk bikin gambar pohon, trus dikertas lainnya gambar orang, di kasih kertas lagi di suruh gambar pohon, orang, & rumah. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Kalo disuruh gambar secara utuh sepertinya udah pada tau, jadi harus terlihat benar2 manusia lengkap. Ada mata, hidung, mulut, telinga, alis, rambut, kaki, tangan, dsb. Posisi jg terserah, mo duduk, berdiri, berbaring, hadap kanan, hadap kiri.

Yang penting, gambarlah sesuai JENIS KELAMIN Anda! Kalo Anda cowok, gambarlah seorang pemuda/pria/Anda sendiri dlm berapa tahun ke depan. Begitupula kalo Anda cewek. Gambarkan sosok dia yg terlihat BERPROFESI. Misal kalo menggambar seorang manajer, ya pakaiannya jas, kemeja, dasi, sepatu. Atau Atlit ya pake singlet sambil bawa bola basket misal. Kalo petani, ya sambil bawa cangkul dan pake topi. Test BAUM, Gambar Pohon biasanya ada instruksi dilarang menggambar pohon cemara, pisang, kelapa, dan umbi2an.. Satu lagi nih larangan kali2 pengawas gak nyebutin.. Bukan karena beringin itu mudah digambar, tp lebih karena sifat beringin udah dianggap sangat ideal untuk seseorang. Jadi kalo Anda gambar beringin, Anda hanya akan dianggap terlalu sempurna.. Gambarlah pohon2 berkambium alias berkayu, dan berbiji belah alias punya buah.. Contoh pohon yg biasa digambar yaitu pohon mangga, nangka, Apel, jambu, dll. Sama seperti orang, pohon jg harus digambar lengkap. Mulai dari dahan, batang, ranting, daun, akar, serta buah. Test ini termasuk dlm test Grafis. Klo kamu gak bisa gambar, gak usah kuatir, karena yg dinilai bagus atau tidaknya gambar tsb. Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja. Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *