Contoh Lembar Ujian Psikotest Primagama

imageSmart Mark Reader telah banyak digunakan untuk keperluan Tes Psikologi. Psikotes biasanya terdiri dari beberapa sesi dengan proses penilaian yang berbeda-beda. Kasus yang diambil adalah psikotes dengan 4 tes. Tes 1, 2, dan 3 proses penilaian seperti penilaian pada ujian dan setiap soal diberi bobot 1 jika menjawab dengan benar. Pada tes 2 jawaban benar jika peserta menjawab kombinasi 2 jawaban sekaligus karena itu kunci jawaban pada tes 2 mengandung 2 jawaban dengan pemisah &. Penilaian untuk tes 4 dilakukan bedasarkan jawaban yang dipilih. Pastikan nama setiap data item jawaban berbeda untuk masing-masing tes. Hasil pengaturan data untuk psikotes perti gambar berikut. Contoh Lembar Ujian Psikotest Primagama. Smart Mark Reader telah banyak digunakan untuk keperluan Tes Psikologi. Psikotes biasanya terdiri dari beberapa sesi dengan proses penilaian yang berbeda-beda. Kasus yang diambil adalah psikotes dengan 4 tes. Tes 1, 2, dan 3 proses penilaian seperti penilaian pada ujian dan setiap soal diberi bobot 1 jika menjawab dengan benar. Pada tes 2 jawaban benar jika peserta menjawab kombinasi 2 jawaban sekaligus karena itu kunci jawaban pada tes 2 mengandung 2 jawaban dengan pemisah &. Penilaian untuk tes 4 dilakukan bedasarkan jawaban yang dipilih. Pastikan nama setiap data item jawaban berbeda untuk masing-masing tes.

Misalnya, kan ada 8 kota, nah nomor atas kamu beri nomor 1,2,3,4 kemudian yang bawah 8,7,6,5. Seperti dikutip dalam sumber ini, penomoran seperti ini merupakan ciri orang yang kreatif. Untuk bisa mengerjakan soal ini, yang kamu perlukan hanya konsentrasi tingkat tinggi. Coba latih konsentrasimu dengan mengerjakan berbagai jenis soal analogi verbal. Selain melatih konsentrasi, kamu juga bisa melatih kecepatan dalam menjawabnya. Usahakan mengerjakan gambar orang dengan bagian tubuh yang utuh tanpa terpotong-potong. Selain itu, buatlah orang tersebut memiliki aktivitas tertentu dengan cara menambahkan pernak-pernik di gambarmu. Misalnya, kalau dia seorang guru, tambahkan buku di genggamannya, atau kalau dokter, tambahkan stetoskop di lehernya. Untuk menjawab soal ini, tipsnya hanya menjawab dengan jujur. Kalau jawabannya dibuat-buat kamu pasti bakal ketahuan juga bohongnya. Soalnya pertanyaannya bakal diulang-ulang beberapa kali. Seperti halnya mengerjakan soal analogi verbal, mengerjakan soal ini juga membutuhkan konsentrasi tinggi. Latihlah dirimu mengerjakan contoh soal Kraeplin/Pauli agar kamu terbiasa mengisinya. Mengerjakan soal psikotes memang menguras pikiran banget, karena saking banyaknya soal dan jawaban yang mengecoh. Akibatnya banyak para kandidat calon karyawan yang mengerjakan tes ini asal-asalan. Itulah yang akhirnya menyebabkan mereka gak lolos tes. Tidak ada tips pasti untuk bisa membuatmu lolos ujian yang satu ini, tapi paling tidak kamu bisa mengikuti saran ini agar bisa mengerjakan dengan tenang, santai, tanpa grogi, yaitu dengan melatih diri sendiri dengan soal-soal. Di toko buku sudah banyak contoh soal-soal psikotes yang bisa kamu beli. Latihlah diri kamu dengan mengisi soal-soal tersebut yang harganya paling gak sampai ratusan ribu kok. Manfaatnya adalah, kamu jadi terbiasa berpikir dan melatih tingkat konsentrasimu. Jadi saat tiba tes yang sesungguhnya, kamu bisa menjawabnya dengan tenang dan santai.

Di saat sedang fokus menghitung, tiba-tiba saingan anda mengangkat tangan untuk meminta lembar tambahan. Secara psikologis hal itu cukup menggangu konsentrasi anda, karena merasa ada yang lebih unggul dari anda. Otak anda dipaksa memberikan atensi yang konstan secara terus-menerus, bagi yang tidak terbiasa akan memberikan dampak stres yang cukup tinggi. Namun itu bukan hal yang berat bagi anda jika telah terbiasa membentuk diri dalam rutinitas anda. Efek lain yang dapat anda miliki adalah kepercayaan pada kemampuan anda sendiri dan tanggung jawab pada pekerjaan. Setelah saya memberikan trik ini kepada teman saya tersebut. Selang beberapa waktu ia datang dan berterima kasih karena ia lolos tes psikotes. Ia sekarang sedang mengikuti pendidikan untuk menjadi seorang TNI. Saya cukup senang dengan hasilnya, namun kesuksesan dirinya adalah hasil usahanya sendiri. No magic, no cheating. Gunakan kemampuan anda untuk meraih masa depan anda. Anda mampu jika anda yakin. Anda bisa karena terbiasa melakukannya. Trik di atas dapat anda terapkan untuk berbagai macam pekerjaan yang anda impikan.

Pelajari Trik Hadapi 10 Bentuk Psikotes Ini, Seleksi Kerja …

https://www.hipwee.com › sukses › pelajari-trik-hadapi-10-bentuk-psikotes…

Tes psikologi atau lebih sering disebut tes psikotes sering digunakan dalam tahap seleksi perekrutan karyawan di banyak perusahan. Berbeda dengan tes …

Apakah sesuai atau tidak dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Juga merupakan langkah awal bagi si calon karyawan untuk menunjukkan kemampuannya. Pihak perusahaan akan berusaha untuk melengkapi perlu mempersiapkan berbagai metode, peralatan maupun perlengkapan yang diperlukan agar psikotes yang akan diadakan bisa terlaksana dengan lancar dan tepat sasaran. Nah, sebagai kandidat (calon karyawan), kita juga perlu mempersiapkan diri untuk bisa menghadapi tantangan itu dengan baik dan lolos ke tahap recruitment selanjutnya. Dalam menjalani psikotes, sebenarnya bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terkadang soal-soal yang diberikan mungkin terkesan sepele, tapi proses awal ini sungguh menentukan perjuangan selanjutnya. Walaupun terkesan sepele, ternyata tidak sedikit orang gagal di tahapan psikotes ini. Banyak juga calon karyawan yang merasakan bahwa psikotes itu susah Bila tidak mempersiapkan diri dengan baik, bisa saja tes yang kelihatannya mudah ini gagal dilewati. Kalau tidak berhasil, tentu calon karyawn tidak akan bisa maju ke tahap seleksi selanjutnya. Lalu, bagaimana cara agar bisa menghadapi psikotes dengan baik dan Anda bisa berhasil di psikotes? Untuk bisa mahir dalam segala sesuatu, latihan adalah hal mutlak.

Untuk test kepribadian mungkin hal ini tidak begitu diperlukan, karena kita masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda dan kita juga tidak tahu pasti kepribadian model apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk suatu posisi tertentu. Namun untuk tes yang menguji tingkat kecerdasan, kita perlu melakukan latihan. Karena tes yang akan diberikan pada umumnya adalah menyangkut kecepatan berpikir dan ketelitian kita. Sering-sering membaca dan mengerjakan soal-soal psikotes dalam buku-buku yang banyak dijual di toko buku akan sangat membantu. Stamina yang oke adalah syarat mutlak kedua untuk bisa mengerjakan soal-soal psikotes yang ada dengan baik. Ujian psikotes sering kali memerlukan kecepatan, ketahanan, dan ketelitian yang tinggi. Biasanya proses psikotes bisa melalui beberapa rangkaian alat test dan bisa saja dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Jadi, yakinkan kondisimu dalam keadaan sehat jiwa dan raga. Hal ini bisa dengan istirahat yang cukup pada malam hari sebelum psikotes dan sarapan pagi dengan makanan yang bergizi. Anda juga perlu menyiapkan diri dan mental Anda bila ternyata suasana tempat Anda menghadapi psikotes dikondisikan tidak nyaman. Jangan khawatir, mungkin saja hal ini merupakan bagian dari tes seleksi untuk melihat sejauh mana ketangguhan dan kecakapan para calon karyawan dalam mengerjakan setiap tantangan meski di kondisi yang tidak baik sekalipun.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *