Contoh Psikotes Gambar Pohon Yang Baik Dan Benar + Penjelasan

Psikotes gambar pohon dan orang atau manusia bisa dikatakan hampir sama dalam menggambar atau langkah membuatnya.Filosofi atau penilaianya hampir sama,hanya bentuk gambarnya yang berbeda. Psikotes gambar merupakan sebuah tahapan sikotes kerja dimana calon karyawan baru yang sewdang diseleksi harus mengerjakan sebuah soal tes yang mengharuskan mereka untuk menggambar sesuatu sesuai instruksi HRD,salah satunya adalah bentuk pohon. Sebenarnya ada banyak sekali bentuk yang sering sekali keluar dan diujikan kepada calon karyawan baru,tapi untuk kali ini saya akan membahas khusus yang satu ini.Untuk bentuk yang lainya anda bisa mencarinya di artikel saya yang lainya. Kepribadian : Kepribadian atau karakter anda akan terlihat jelas disini,terutama dalam hal ” kepatuhan mengikuti instruksi “.Sebuah perusahaan lebih menyukai seseorang yang patuh daripada orang yang pintar dan genius. Kreativitas : Tingkat kreativitas anda juga akan terlihat disini.Semakin kreativ seseorang,hasil gambarnya akan semakin bagus ( tetapi ini bukan point utamanya ).Point utamanya adalah pada penilaian kepribadian. Apa saja bentuk pohon yang sering keluar saat psikotes? Saya sendiri hampir puluhan kali mengikuti sikotest bentuk ini dan SEMUANYA menggunakan bentuk atau jenis pepohonan yang seperti itu. Bentuk gambar pohon yang bagus seperti apa?

Kenapa bentuk gambarnya selalu seperti itu? Ada beberapa bentuk yang akan saya berikan untuk anda khususnya untuk bentuk pepohonan yang memiliki kambium karena memang bentuk ini yang sangat sering keluar. Sebenarnya bentuk diatas sudah bagus ( hampir sempurna ),tetapi alangkah baiknya kalau akar juga terlihat,kenapa? Supaya bagian-bagian pohonya terlihat semua dan lengkap. Untuk bentuk orang atau manusia yang ada di gambarnya,itu hanya opsional ( jika HRD memberikan instruksi untuk menambahkan bentuk manusia atau orang,maka anda HARUS menambahkanya dan jika HRD hanya menginstruksikan bentuk pepohonan saja,maka gambarlah pepohonan saja. Pada gambar diatas bisa dikategorikan ” KURANG BAGUS “,kenapa? Karena bagian pohonya kurang lengkap.Jika anda membaca semua penjelasan saya dari awal,point kelengkapan bagian pohon merupakan point sangat penting ketika mengerjakan sikotes bentuk seperti ini. Apa yang salah atau bagian apa yang kurang dari bentuk diatas? Selain buahnya tidak tergambar,akarnya juga tidak terlihat.Selain itu bentuk dahanya terlalu pendek.Anda bisa menggunakan contoh yang pertama untuk membuatnya lebih sempurna lagi. Bentuk pepohonan yang sangat sering digunakan baik oleh HRD atau pelamar kerja sebagai opsi yang paling mudah dan membuatnya.Mungkin karena bentuk pepohonan ini sangat sering dijumpai di sekitar kita. Bentuk diatas masuk kedalam kategori HAMPIR SEMPURNA,kenapa belum sempurna padahal bentuknya sangat bagus? Yapp,karena bagian akarnya tidak terlihat.

Narator akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan! Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium. Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut. 9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes ini terdiri atas pilihanpilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomornomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawabanjawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes. 10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaikbaiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan.

34. Mantap bgt triknya,.. 36. smoga q lulus…. 38. thanks banget….aku gagal terus di kraeplinnya…. 39. makasih banyk boss.. 40. trimakasih ya info nya…mungkin sangat membantu….. ’akan saya ya……supaya bisa di terima jadi CPNS….. 42. Saya tidak paham dengan cara psikolog membaca karakter orang lewat gambar. Yang jelas di Wartegg tes saya kira itu gambar gigitan anjing. Dan lebih tidak paham lagi dengan DAM tes. Saya yang baru saja ditilang polisi dengan reflek menggambar pak polisi marah. 44. terima kasih atas info nya…karna saya merasa pernah gagal dalam menghadapi psikotes……. 51. Tesnya udah gan,, doain lancar dan ktrima ea.. 53. gan , bisa kasih tau tips triks tes interview saat mau masuk perguruan tinggi gak ? 55. terima kasih atas informasinya. 57. Thnks,smoga sya lolos psikotest..amin.. 58. Terima kasih atas tips2nya, sungguh sangat bermanfaat bagi saya & temen2 lainnya yang akan mengikuti psikotest. Semoga di lain waktu bisa menuliskan juga untuk tips2 lainnya. 2 kubus….belajarnya gmn sih gan? 61. trimakasih bnyak mas bro infonya sangat berguna bagi saya doakan sukses y mas bro amin…. 62. ada yang jual buku tentang cara menghadapi psikotes scr lengkap? 63. Terima kasih banyak, jadi lebih pede untuk test besok. 65. nice post, bro! 66. Thanks. Alhamdulillah saya berhasil.. 69. Bahasannya lengkap yah, good luck boss. 70. Summary contoh soalnya cukup baik, semoga bermanfaat. 71. Perbedaan antara TPA dgn psikotes apa?

7 Contoh Soal Psikotes dan Cara Menjawabnya dengan Benar!

https://www.idntimes.com › Life › Education

4 Jul 2019 –

Diantara tes-tes psikotes yang ada, tes psikotes EPPS bisa dikatakan adalah tes yang paling mudah. Tujuan dari tes psikotes ini adalah untuk mengetahui kepribadian dan karakter kamu dengan detail. Walaupun tesnya mudah, jangan menjawab dengan asal. Karena yang dilihat dari tes ini adalah konsistensi kamu dalam menjawab soal. Berusahalah menjawab semua pertanyaan yang ada dalam soal tersebut, walaupun tidak sesuai dengan kepribadian. Karena akan ada banyak pertanyaan yang diulang-ulang, akan terdeteksi dengan mudah apakah kamu jujur atau tidak ketika menjawabnya. Tahap ini biasanya melihat kepribadian dan kesesuaian dengan pekerjaan. Makanya tes ini juga bisa digunakan sebagai acuan seperti apa suasana kerja nanti baik dari budaya dan sistem yang diterapkan di kantor tersebut. Tips tambahan pahami jobdesc dari pekerjaan yang kamu incar ketika mengerjakan soal ini, lalu jawablah sesuai dengan kepribadian yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. Agar penguji bisa menilai bahwa kepribadian kamu ternyata cocok dengan jenis pekerjaan yang kamu incar. Usahakan kamu tidak terburu dalam mempelajari jenis-jenis psikotes di atas. Setidaknya 1-2 minggu sebelum tanggal yang ditetapkan pada invitation dari perusahaan. Usahakan sebelum mengerjakan tes tenangkan diri kamu agar konsentrasi kamu tidak pecah. Jangan lupa untuk mengisi perut kamu terlebih dahulu sebelum mengerjakan tes karena tahap psikotes bisa memakan waktu yang lama dan keadaan perut yang kosong akan membuat kamu mudah lelah dan menghilangkan daya fokus.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *