Contoh Soal Psikotes Dan Kunci Jawaban Terbaru (Lengkap)

Soal psikotes menggabar adalah sebuah tes psikotes wartegg yang merupakan jawabannya menunjukkan karakter masing-masing setiap orang termasuk diri kita sendiri. Psikotes dapat dibedakan menurut jenis test kepribadian pada manusia. Perhatikan polanya dan gunakan ketelitian yang kamu miliki dengan baik. Kalau masih ada yang bingung dan penasaran bagaimana bentuk soalnya? Contoh soal psikotes pertama adalah tes Wartegg. Penemu tes ini, Ehrig Wartegg adalah seorang psikolog asal Jerman. Kemudian yang harus Anda kerjakan adalah menggambar kelanjutan pola yang telah ada, bebas dari kotak mana pun dan harus diberi urutan. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ….. Tertanya adanya hubungan gambar satu dengan gambar yang lainnya yaitu pencerminannya. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ….. Perhatikan 4 buah gambar kecil yang ada di kotak besar pertama, dikotak besar kedua ternyata salah satu gambar kecil membelah menjadi 2 bagian. Begitu pula untuk kotak besar ketiga satu gambar kecil membelah lagi menjadi 2 bagian juga. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah …..

PANDUAN SOAL TES PSIKOTES - SOAL PSIKOTES KERJADi gambar soal terdapat dua buah jenis simbol yaitu x dan o. Perhatikan perubahan simbol x ke o ditiap-tiap gambar. Gambar x akan berubah menjadi gambar o yang dimulai dari baris pertama hingga baris ketiga, dan juga secara horisontal (dari kanan ke kiri). Akhirnya akan tersisa simbol o, karena keseluran bersimbol o maka aturan akan diulang lagi yaitu merubah menjadi simbol x. Dengan kata lain, simbol x yang pertama berubah menjadi simbol o pada gambar selanjutnya adalah terletak pada baris pertama kolom pertama. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ….. Untuk segitiga putih diputar 90o searah dengan jarum jam, sedangkan untuk segitiga hitam diputar 90o berlawanan arah jarum jam. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ….. Ternyata bagian hitam berpindah tempat searah jarum jam. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ….. Contoh soal psikotes perdana hgubungan, tes ini diuji untuk mengukur kemampuan logika Anda terhadap sebuah permasalahan. Biasanya tes analog verbal terdiri dari 40 soal seputar verbal, seperti antonim (lawan kata), sinonim (persamaan kata) atau analog suatu kata. Untuk dapat menyelesaikan tes dengan baik, Anda harus konsentrasi dan mencoba menghafal soal dan jawaban karena terdapat beberapa persamaan soal. Soal psikotes perdana hubungan adalah suatu tes yang merupakan butir pertanyaan yang akan memberikan tantangan terbesar dimana semua jawabannya merupakan harus berhubungan atau berkaitan yang satu sama lainnya. Contoh soal psikotes diatas tidak begitu sulit, akan tetapi didalam pengerjaan soal psikotes dibutuhkan kosentrasi dan sibutuhkan ketenangan yang sangat kuat. Dari pada itu Anda harus siapkan diri secara fisik dan mental.

18. Sebuah kebun bunga berbentuk persegipanjang dengan panjang 16 m dan lebar 12 m. Sekeliling kebun bunga dibangun jalan yang lebarnya 3 m. Berapa meter persegi luas jalan itu ? 19. Drew naik mobil berangkat pukul 07.00 dari kota A ke kota B dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Hasan naik motor berangkat pukul 07.00 dari kota B ke kota A dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. 20. Kalau Ani berjalan 8 meter ke muka dan mundur lagi 4 meter ke belakang, berapakah jarak Ani dari tempat semula ? 21. Di permukaan laut, air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius jika tekanan udara normal. Jika tekanan udara kurang dari normal, maka air mendidih pada suhu yang lebih rendah dari 100 derajat Celcius. Di daerah-daerah yang letaknya lebih tinggi dari permukaan laut, tekanan udara sering kali lebih rendah daripada tekanan normal. 22. Luas area parkir 176 m2, luas rata-rata untuk mobil sedan 4 m2 dan bis 20 m2.

Kapasitas maksimum hanya 20 kendaraan, biaya parkir untuk mobil Rp. 1000 satu kali parkir dan untuk bis Rp. 2000 satu kali parkir. 23. Sebuah kerta api berangkat dari kota Jogja ke kota Purwokerto dengan kecepatan 50 km/jam selama 4 jam. Sementara itu kereta api lainnya berangkat dari kota Purwokerto menuju kota Jogja selama 5 jam. Berapa km/jam kecepatan kereta api itu berangkat dari kota Purwokerto ? 24. Rumah Mita berjarak 1.5 km dari sekolahnya. Jika Mita berjalan rata-rata 4,5 Km tiap jamnya, berapa jamkah yang ditempuh Mita untuk berjalan pergi-pulang sekolah selama satu minggu (satu minggu dihitung 6 hari sekolah)? 25. Satu bidang tanah mempunyai keliling 96 meter, bisa ditanami jagung sebanyak 100 pohon. Berapa panjang tanah yang diperlukan untuk menanam 50 pohon jagung jika lebar tanah tersebut adalah 6 meter ? 26. Waktu di kota A adalah 3 jam lebih cepat daripada kota B. Sebuah kapal terbang berangkat dari kota A menuju ke kota B pada pukul 5 pagi dan tiba 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah kapal terbang tersebut di kota B? 28. Sebuah mobil menempuh jarak 120 km ke suatu tempat dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Dan kembali ke tempat semula dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.

Berapa km/jam rata-rata kecepatan seluruhnya mobil tersebut ? 29. Hilmy, Faris, Zidan masing-masing membawa tongkat 3 m, 4 m , 5 m. 30. Sebuah bengkel pengisian aki membutuhkan waktu 5 jam untuk mengisi 3 buah aki. Berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi 12 aki ? 31. Sebuah wadah berbentuk silinder diisi air 1/3 nya, lalu wadah tersebut ditambah air sebanyak 3 liter, sehingga isinya kini menjadi 1/2 nya. Berapa kapasitas wadah tersebut ? 32. Seekor burung merpati terbang 5 km ke arah Barat dan kemudian ke Utara. Ke arah manakah burung tersebut harus terbang supaya sampai di tempat semula ? 33. Asep adalah seorang pedagang yang memiliki 6 warung dan setiap warung membutuhkan 5 liter minyak. 4 liter minyak goreng. Satu botol minyak dijual dengan harga Rp. 12.000 dan satu liter minyak dijual Rp. 5.000. Berapakah jumlah minimum yang harus dikeluarkan oleh Asep untuk membeli minyak goreng agar mencukupi kebutuhannya? 34. Sebuah kolam renang mempunyai isi 300 meter kubik air. Luas kolam itu adalah 100 meter persegi.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *