Contoh Soal Psikotes Dan Pembahasannya [Terlengkap]

2 years agoApakah Anda sering mengerjakan contoh soal psikotes? Psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, maupun evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Tujuan dilaksanakannya tes ini adalah untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan seseorang secara mental dan faktor-faktor yang mendukungnya, seperti kemampuan inteligensia dan kepribadian. Dalam sebuah proses rekrutmen kerja, psikotes dilakukan untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kepribadian seorang kandidat serta untuk mengetahui kesesuaian potensi dan kepribadiannya dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Psikotes berbeda dengan Tes Potensi Akademik (TPA). Psikotes secara umum lebih menilai kepribadian peserta tes, sedangkan TPA mengukur kemampuan dan bakat akademis seseorang yang diperoleh selama seseorang tersebut menempuh pendidikan formal. Umumnya, waktu pelaksanaan psikotes dilaksanakan lebih dari enam jam, bahkan ada yang dilaksanakan seharian penuh. Hal ini karena psikotes mengukur kepribadian melalui uji ketahanan berpikir, uji konsentrasi, dan uji konsistensi.

Tes yang diujikan dalam psikotes adalah tes kecerdasan dasar dan tes kepribadian. Secara lengkap, tes yang diujikan dalam psikotes meliputi, berikut ini. 1. Berlatih, berlatih, dan berlatih! Itu adalah kunci untuk mempersiapkan kemampuan inteligensia dalam psikotes. Berlatih yang dimaksud di sini adalah berlatih mengenali tipe soal dengan cara mengerjakan soal-soal latihan. 2. Olahraga secara rutin setiap hari baik untuk menjaga kondisi tubuh. 3. Beristirahat dengan cukup pada malam sebelum tes juga akan membantu menjadikan tubuh bugar pada hari pelaksanaan tes. 4. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa Anda telah memiliki seluruh modal untuk menghadapi psikotes dan pasti akan lolos dengan baik. Langkah-langkah di bawah ini dapat Anda lakukan untuk memberikan ketenangan saat melaksanakan psikotes. 1. Berdoa sebelum mengerjakan soal. 2. Buat diri Anda tenang dan rileks sebelum mengerjakan soal. 3. Saat pelaksanaan les. 4. Jangan pernah memikirkan tahap tes berikutnya. Hal itu justru akan membuat Anda tidak fokus dengan lahap les yang sedang Anda hadapi.

Saat mulai gugup atau tidak tenang, cobalah untuk berhenti sejenak dan menenangkan diri. Ambil napas panjang melalui hidung, kemudian embuskan pelan melalui mulut. Lakukan tiga hingga lima kali untuk mengembalikan ketenangan Anda. Hal yang sangat penting dan harus dikuasai untuk sukses melewati ujian ini adalah memiliki khasanah kata yang banyak. Oleh sebab itu, sebelum mengikuti tes kemampuan verbal, Anda diwajibkan untuk banyak membaca segala jenis bacaan seperti koran, buku, artikel, majalah, maupun bacaan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat berlatih dengan cara mengisi teka-teki silang. Untuk mengetahui pola-pola soal yang akan diujikan nanti, Anda perlu berlatih soal-soal yang berkaitan, agar nantinya Anda sudah terbiasa dengan pola soal yang akan diujikan. Tes kemampuan verbal terbagi lagi menjadi beberapa subtes, meliputi Tes Sinonim (padanan kata), Tes Antonim (lawan kata), Tes Analogi (padanan hubungan kata), dan Tes Pemahaman Wacana. Tes-tes tersebut bertujuan untuk mengukur penguasaan khasanah kata, kemampuan seseorang dalam memahami dan mengartikan kata, serta memahami konteks wacana.

Lebih lanjut, tes-tes tersebut akan dijelaskan secara lebih detail sebagai berikut. Tes ini digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan akan hal-hal yang hampir sama atau mirip, mengukur wawasan peserta dan pengetahuan peserta akan kata-kata yang hampir mirip dengan opsi yang sudah disediakan pada masing-masing soal. Dalam dunia kerja, hal ini penting guna mengukur tingkat keefektifan seseorang dalam menghadapi masalah dengan tipe yang sama atau mirip dengan permasalahan yang pernah dihadapinya sebelumnya. Sinonim merupakan bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain. Sinonim dapat diartikan persamaan makna antara dua kata, bukan katanya yang sama melainkan pengertiannya yang sama. Sinonim disebut juga dengan padanan kata. Dalam tes sinonim, peserta diminta untuk mencari kata yang memiliki makna atau pengertian yang sama atau paling mirip dengan kata yang terdapat dalam soal. Ordinasi dapat diartikan sebagai peraturan atau ketentuan. Dalam konteks lain, ordinasi berarti pentahbisan menjadi pendeta. Bonafide artinya terpercaya, kredibel, meyakinkan, dapat diandalkan. Nanar sama artinya dengan berasa pusing; agak hilang akal; garang; tercengang-cengang. Antonim yaitu kata yang memiliki makna berlawanan dari kata lainnya. Dalam Tes Antonim atau lawan kata, peserta diharuskan mencari kata yang merupakan jawaban lawan kata pada soal. Dalam menyelesaikan soal antonim ini, peseta diwajibkan memiliki konsentrasi penuh. Peserta harus memilih jawaban yang benar dari opsi yang sudah disediakan. Peserta sering kali terkecoh dengan sinonim yang juga disertakan dalam opsi soal. Lebih jauh, Tes Antonim ini dimaksudkan untuk mengukur tingkat ketelitian dan kemampuan analisis peserta tes. Ketelitian dan kemampuan analisis sangat diperlukan dalam dunia akademik, sebagai penentu apakah berkecimpung di dunia pendidikan sesuai atau tidak untuk karir seseorang. Adapun dalam dunia kerja, ketelitian dan kemampuan analisis sangat diperlukan untuk dapat menganalisis permasalahan yang mungkin terjadi sehingga solusi bisa segera di dapat, dan kinerja perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Software Psikotes slideshare - 웹

Mereka minum anggur dan makan buah anggur. Pada iklim manakah mareka hidup ? 40. Orang-orang eskimo termasuk sebagian kecil dari orang-orang yang makan daging. Sekarang orang telah menemukan bahwa semua orang eskimo mempunyai gigi yang baik. Latihan psikotes kemampuan teknikal, ditujukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan kuantitatif dan logika analisis dalam bidang teknik secara umum. 1. Kecepatan mobil Adri 90 km per jam. Jarak Bogor-Jakarta 60 km. Jika Adri berangkat dari Bogor pukul 10, pukul berapa Adri akan tiba di Jakarta? 2. Sebuah pesawat terbang menempuh jarak 3 km dalam waktu 15 detik. Berapa kecepatan pesawat terbang tersebut ? 3. Jatmiko berjalan dari kota A ke kota B dengan kecepatan 8 km/jam selama 5 jam dan ia kembali ke kota A dengan naik motor. Berapakah kecepatan rata-rata seluruh perjalanan Jatmiko bila ia kembali dari kota B ke kota A selama 3 jam ? 4. Suatu perlombaan lari diadakan dengan dua kali perhentian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *