Contoh Soal Psikotes Gambar Dan Jawabannya

Latihan psikotes1 slideshare - 웹

Salah satu contoh soal psikotes gambar yang sering dikeluarkan oleh para tester di dalam melaksanakan tes psikotes adalah deret gambar. Sesuai dengan namanya bahwa deret gambar merupakan salah satu jenis dari soal tes psikotes yang sangat sering dijumpai, baik Pada pelaksanaan tes seleksi di perusahaan umum milik negara maupun swasta. Selain itu apa soal psikotes gambar khususnya adalah deret gambar juga kerap kali dipakai pada saat seleksi masuk mahasiswa baru pada program S2 atau program Master. Biasanya, soal psikotes deret gambar tersebut masuk kedalam Tes Potensi Akademik atau TPA. Berdasarkan pengalaman tes psikotes deret gambar tersebut tidaklah dipakai pada saat pelaksanaan tes CPNS. 3. Memberikan sebuah pemahaman dari peserta tes bagaimana kecepatan di dalam mengambil sebuah keputusan. Di bawah ini akan saya berikan satu contoh soal psikotes deret gambar. Tugas anda adalah mencari 1 gambar yang paling cocok dari 8 pilihan gambar guna bisa melanjutkan gambar soal yang masih dalam keadaan kosong. Silakan Anda Perhatikan dengan cermat pola yang digunakan serta lakukan analisa sebaik mungkin.

Apabila Anda masih merasa kesulitan, maka anda bisa menengok jawaban serta pembahasannya yang berada pada bagian paling akhir dari soal. Dari proses analisa contoh soal psikotes gambar pada deret gambar diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa kemungkinan yang paling besar dari gambar yang hilang yaitu pada jawaban nomor 8. Pilihan lain yang disediakan tentunya tidak memungkinkan. Hal tersebut disebabkan karena pada pilihan nomor 4, 3, 2, dan 1 telah terdapat pada gambar di soal. Selanjutnya, pada pilihan nomor 5 juga tidaklah memungkinkan. Hal tersebut disebabkan karena tipe yang ada pada soal tidak merujuk kepada adanya pengurangan dari luas blok yang berwarna hitam. Selanjutnya, pilihan terakhir yang dimungkinkan untuk dilakukan dengan bentuk block berwarna hitam penuh dapat diasumsikan sebagai bagian dari penggabungan dari 2 kota paling akhir di bagian paling bawah. Di bagian baris paling atas, otak bagian sebelah kanan merupakan semacam dari hasil akhir pada proses penggabungan dua buah balok di dua kota sebelumnya. Demikian juga dengan bagian baris Tengah atau baris kedua. Dari analisa di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa jawaban yang paling benar terdapat pada kotak Nomor 8. Itulah contoh soal psikotes deret gambar dan jawabannya yang bisa saya Pada kesempatan kali ini. Intinya, dengan memahami pola mengerjakan soal psikotes gambar khususnya adalah pada deret gambar maka anda akan bisa melakukan analisa pada soal psikotes deret gambar dengan bentuk yang lainnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Ini akan mempengaruhi kinerja anak dan menunjukkan efek negatif pada hasil pemeriksaan. Sehingga, sulit untuk mengetahui hasil yang sebenarnya. Namun, biasanya psikolog sudah mempertimbangkannya dalam melakukan pemeriksaan. Jadi, biarkan anak apa adanya. Alzena melanjutkan, hasil tes juga dipengaruhi metode atau alat tes yang digunakan. Hasil yang didapatkan belum dapat menggambarkan kemampuan dan potensi optimal anak jika metode atau alat tes yang digunakan tidak tepat. Hal ini bisa berdampak pada penanganan yang diterapkan pada anak. Untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya orangtua menanyakan metode pengetesan yang digunakan. Tanyakan pula apakah anak menggunakan alat tes yang formal dan terstandardisasi. Istilah psikotes juga digunakan sebagai tes masuk sekolah. Alzena mengatakan, umumnya sekolah menggunakan metode pengamatan dalam bentuk aktivitas. Orangtua biasanya beranggapan, proses seleksi masuk sekolah playgroup, TK, SD, SMP, atau SMA pasti menggunakan psikotes. Padahal belum tentu, untuk tingkat prasekolah, biasanya dilakukan observasi terstruktur oleh guru atau psikolog untuk mengetahui kemampuan anak. Namun, belum dapat dikategorikan psikotes formal atau terstandarisasi. Psikolog sekolah SD Adik Irma, Vera Itabiliana Psi mengatakan, psikotes yang diadakan di sekolah tak hanya dipergunakan saat penerimaan murid tapi juga ketika menangani anak yang mengalami masalah.

Dandelion, Wet, Drop Of Water, Nature

Tentunya metode dan aspek-aspek yang diukurnya pun berbeda. Psikotes yang digunakan untuk seleksi penerimaan murid, digunakan untuk menetapkan kriteria yang diinginkan sekolah. Biasanya yang menjadi aspek pengukurannya selain standar kecerdasan juga adalah kematangan sekolah anak, yaitu kemampuan beradaptasi dan kematangan emosi misalnya kemandirian anak. Sekolah juga dapat mengindentifikasi kebutuhan anak, termasuk apakah anak memiliki kebutuhan khusus atau tidak. “Psikotes di sekolah sebagai pedoman guru untuk melihat kemampuan dan karakter anak, karena setiap sekolah memiliki keterbatasan dalam menangani anak dengan kriteria tertentu,” papar Vera. Hasil tes akan digunakan oleh guru dalam menentukan metode pengajaran yang sesuai bagi siswanya. Untuk menghadapi psikotes di sekolah biasanya orangtua sibuk mengikutkan anak menjalani psikotes di tempat lain. Vera mengingatkan, hal ini tidak perlu dilakukan karena akan mempengaruhi kemurnian hasil tes. Kemungkinan besar anak sudah mengetahui isi tes, sehingga ada efek belajar di dalamnya. Anak pun lelah dan bosan. Kondisi ini akan mempengaruhi performanya saat menjalani tes di sekolah.

Siap Hadapi Tes Psikotes? Pelajari 3 Trik Rahasianya Disini

https://www.selipan.com › tips › sukses › 3-trik-rahasia-tes-psikotes

Jangan pernah ikuti apa kata orang ketika disuruh gambar orang, rumah, atau pohon saat tes psikotes! Baca dulu trik dan 12 contoh soal psikotes disini!

Lain halnya dengan psikotes yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah anak seperti prestasi anak yang menurun di sekolah. Biasanya anak akan menjalani tahapan observasi, wawancara dan konseling. Alat tes digunakan hanya untuk membantu mengindentifikasi masalah anak. Tes psikologis ini bertujuan untuk membantu anak mengatasi masalahnya. Tak hanya masalah yang berkaitan dengan sekolah, tapi juga masalah pribadi anak. Surastuti mengatakan, jangan langsung menghakimi anak jika mengetahui mereka tidak masuk seleksi sekolah idaman Anda. Mungkin anak tergolong pandai namun sulit menyesuaikan diri. ‘’Perlu orangtua pahami bahwa usia kanak-kanak masih dalam tahap perkembangan. Sehingga hasil psikotes tidak bisa menjadi patokan tetap kemampuan anak,’’ jelasnya. Perkembangan kecerdasan dan kemampuan anak tergantung pada stimulasi yang diterimanya dari lingkungan tempat anak bertumbuh kembang. Ijin praktik. Untuk psikolog yang berpraktik, baik secara pribadi atau di lembaga/klinik/rumah sakit, harus memiliki ijin praktik. Dengan adanya ijin praktik tersebut, maka psikolog dianggap sudah handal dalam melakukan praktiknya. Metode dan alat tes yang digunakan. Dalam pelaksanaan tes kecerdasan atau kepribadian yang terstandardisasi, sudah ada metode bakunya.Biasanya, untuk anak usia dibawah 12 tahun metodenya adalah individual.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *