Contoh Soal Psikotes Gambar

Download soal psikotes dan jawabannya slideshare - 웹Adapun soal psikotes gambar ini terdiri dari Warteg tes (tes melengkapi gambar), BAUM tes (tes menggambar pohon, DAP tes (tes menggambar orang). Tes warteg ini terdiri dari 8 kotak yang tiap-tiap kotaknya berisi bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Pada tes warteg ini kita diminta menyelesaikan gambar di kotak tersebut, menuliskan nama dari gambar tersebut, kemudian menuliskan urutan gambar yang telah dibuat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. 1. Jangan menggambar secara berurutan 1,2,3,4,5,6,7,8. Gambarlah secara acak, misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5 atau 4,2,3,1 lalu 7,6,5,8. Tujuannya adalah agar kita tidak dianggap kaku dan konservatif. Sedangkan bila menggambarnya secara acak kita akan dipandang orang yang kreatif dan out of the box. 2. Bila anda bergender laki-laki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. 3. Tes ini tidak tidak memerlukan kemampuan khusus, tetapi hal ini hanya salah satu cara bagi penguji untuk mengetahui kepribadian, misalnya bila gambar terlalu sering dihapus atau kotor berarti anda peragu dan tidak terencana.

Jika menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut menandakan anda orang yang keras kepala. 4. Gambar yang anda buatpun menunjukkan tingkat IQ, jika gambarnya biasa-biasa saja dan umum tentu penilaian tingkat kecerdasannya berbeda jauh dibanding jika kita menggambar sesuatu yang belum terpikirkan orang lain dan berwawasan. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. 1. Gambarlah pohon yang keras terutama pohon jati, rambutan, durian, dan lainnya. Jangan menggambar pohon yang miring tetapi gambarlah pohon secara tegak, batangnya besar, banyak cabang/ranting, daunnya rindang, buahnya banyak, dan akarnya kokoh. 2. Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. 3. Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut. 4. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang di mana dan cara memanfaatkan Cache, Anda dapat menghubungi kami di situs web kami. Jangan menggambar pohon dalam ukuran kecil, tetapi gambar yang besar, sesuaikan dengan ukuran kertas yang diberika.

Pada dua tes ini, figur yang digambar diberikan penilaian kuantitatif, misalnya kepala diperoleh nilai : 1; mata diberi nilai 1; ada pupil diberi nilai 1 dan seterusnya sehingga diperoleh skor total. Skor total ini masih diolah lebih lanjut sehingga akhirnya memunculkan nilai IQ. Figur manusia yang digambar dianggap sebagai persepsi si penggambar tentang dirinya dan bayangan tubuhnya. Walaupun gambar-gambar yang dibuat subyek biasanya merupakan bayangan tubuh dan konsep dirinya, tetapi perubahan-perubahan dalam sikap dan suasana hati karena situasi juga dinyatakan disini. Penjelasannya adalah sebagai berikut, figur manusia adalah yang paling dikenal, yang paling dekat dengan dirinya sehingga ia dapat menggambar berdasarkan pengalaman-pengalamannya. Tes ini dikerjakan pada 2 lembar kertas HVS 70 mgr ukuran A4 dan 1 pinsil HB, dan penghapus. Perhatikan agar tidak menggunakan alas karton atau buku. Alas untuk menggambar harus keras dan licin. Saran saya gambarlah diri anda sendiri yang sedang bekerja dengan penuh semangat sesuai dengan bidang pekerjaan yang anda lamar, misalnya anda melamar menjadi seorang mekanik, gambarlah diri anda sedang memakai baju bengkel lengkap dengan tool yang dibutuhkan. Atau gambar seorang polisi lalulintas yang sedang bertugas di jalan raya. Gambar badan secara keseluruhan.

Tetapi lantai ruangan itu tak memungkinkan tampaknya bekas jejak kaki. Di bawah mayat nahkoda A ditemukan sebuah senapan, pada B tidak terdapat senapan. Bagian-bagian yang ditembus peluru pada pakaian kedua mayat itu menunjukkan bekas-bekas hitam dan kainnya agak hangus. Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri. Tetapi, sebagian orang menduga bahwa si B diam-diam memusuhi ayahnya dan berharap akan mewarisi kekayaan bila ayahnya meninggal dunia. 34. Steven, Richard, dan Anton menyukai bola basket. Joni dan Richard memakai arloji. Siapakah yang jatuh arlojinya ketika bermain basket? 35. Lima orang mahasiswa telah selesai menempuh ujian akhir semester. Nilai yang diperoleh Mita lebih tinggi daripada Pipit, Reni mendapat nilai tertinggi. Nilai Yani lebih tinggi daripada Mita. Shinta mendapat nilai lebih rendah dibandingkan Mita, tetapi lebih tinggi dibanding Pipit. Bagaimanakah urutan kelima mahasiswa ini bila di urutkan mulai dari nilai yang paling rendah? 36. Si Amin sedang sakit. Bila seseorang kulitnya berbintik merah, ada kemungkinan orang itu menderita cacar air, campak, atau kudis.

Bila terbukti bahwa ia batuk dan salesma, maka boleh jadi ia sakit batuk kering, campak, atau gondok. Sudah beberapa hari si Amin selalu bersin dan batuk-batuk, lagi pula timbul bintik-bintik merah di dahi dan tangannya. Sakit apakah si Amin ? 37. Jika seseorang membunuh orang lain berarti pembunuhan. Tiap pembunuhan adalah salah jika ditinjau secara moral. Karena itu : Tidak pernah dapat dibenarkan untuk membunuh seseorang yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan walaupun dirinya sendiri yang menyetujui tindakan ini. 38. Susan adiknya Jim, Peter kakaknya Susan dan lebih muda dari Jim. Siapa yang paling muda? 39. Yang terbaik tumbuh pada iklim dingin adalah wortel, kentang, dan kubis. Pada iklim sedang banyak sekali padang rumput dan disana tumbuh ketela serta jagung. Pada iklim subtropis terdapat gandum, buah zaitun, dan kebun anggur. Pada iklim tropis tumbuh kelapa sawit dan padi. Bangsa X terutama hidup dari roti dan minyak sebagai pengganti mentega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *