Contoh Soal Psikotes Masuk Kerja, CPNS, BUMN, SWASTA Dan SBMPTN

Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengumumkan nama pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pengumuman tersebut dirilis di laman resmi Kemenpora. Mengutip pengumuman tersebut, Selasa (4/12/2018), ada beberapa kode yang perlu dipahami yaitu P1/L dan P2/L. Pelamar CPNS dengan kode P1/L merupakan mereka yang memenuhi nilai ambang batas SKD dan dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Kemudian kode P2/L adalah pelamar CPNS Kemenpora yang memenuhi nilai kumulatif SKD berdasarkan Permenpan No. 61 Tahun 2018 dan dapat mengikuti SKB. Jumlah CPNS yang lolos SKD berjumlah 67 orang. Pelaksanaan seleksi SKB akan dilakukan dengan 2 metode yaitu wawancara dan assessment (psikotes). Wawancara akan dilakukan pada tanggal 12 Desember. Sedangkan untuk tes psikotes dimulai pada tanggal 13 dan 14 Desember. Kedua tes tersebut berlokasi di Wisma Djojopoespito, Ciracas, Jakarta Timur. Daftar nama pelamar CPNS Kemenpora yang lulus dan bisa ikut SKB bisa diklik di tautan berikut.

Jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lama. Proporsionalitas, yakni besar masing-masing bagian rumah dan orang harus seimbang dan wajar. Seluruh bagian-bagian rumah yang pokok harus lengkap, seperti dinding, atap, pintu, jendela, tanah tempat berpijak. Detail. Semakin detail gambar anda, semakin tinggi nilai anda. Semakin cerdas dan matang kedewasaan mental dan pikiran anda, maka gambar andapun semakin kompleks dan detail, tidak sederhana seperti gambar anak kecil. Soal Psikotes Wartegg adalah tes psikologi, tes kepribadian untuk mengetahui dan meneliti karakter kepribadian peserta tes, terutama dalam hal untuk mengetahui emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol, dan reality fuction seseorang. Semua hal tersebut pasti dimiliki oleh setiap orang, namun intensitas dan iterelasi nya yang berbeda-berbeda. Contoh soal psikotes gambar Wartegg ini ditemukan oleh “Ehrig Wartegg” seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Menyempurnakan Gambar yang belum selesai dibuat tersebut. Biasanya gambar tersebut terdiri dari beberapa gambar masing-masingnya didalam sebuah kotak. Dari beberapa gambar didalam kotak tersebut, yang telah anda selesaikan, anda biasanya akan diminta untuk menunjukkan gambar mana yang anda sukai dan menjelaskannya mengapa anda menyukai gambar itu. Kemudian biasanya anda akan diminta untuk menunjukkan gambar mana yang paling mudah anda selesaikan dan sebaliknya menunjukkan gambar yang mana yang paling sulit untuk anda selesaikan.

Selengkapnya Anda dapat mempelajari bagaimana cara menjawab soal psikotes gambar beserta tips dan penjelasannya disini: Cara Menjawab Soal Psikotes Gambar Beserta Tips dan Penjelasannya. Soal Psikotes Tes Koran, atau dikenal dengan Tes Kreapelin atau sering disebut juga dengan Tes Pauli, adalah soal psikotes yang terdiri dari susunan angka-angka dengan bentuk lajur lajur. Dalam soal psikotes gambar – tes koran, anda diharuskan untuk menjumlahkan setiap dua angka yakni antara angka 1 sampai dengan angka 9, yang disusun dengan bentuk lajur-lajur, mulai dari lajur kiri atas sampai paling bawah kanan (terakhir). Bentuk soal psikotes gambar untuk tes koran ini, lembar soalnya biasanya selebar dan sebesar koran atau surat kabar, (mungkin karena inilah disebut tes koran dalam bahasa Indonesia). Agar dapat mengerjakan bentuk soal psikotes gambar koran ini, dan lulus dengan skor tinggi, dibutuhkan konsentrasi tinggi, fokus dan konsisten. Angka-angka yang ada memang sederhana dalam rentang 1 sampai 9, namun karena banyak nya angka dan kerta soalnya selebar koran, tentu akan membuat bingung dalam mengerjakannya.

Karena itulah anda harus benar-benar fokus dan konsentrasi tinggi, serta sedapat mungkin untuk menjawab sebanyak-banyak nya. Salah satu Tes Psikotes, tes Psikologi atau tes kepribadian adalah Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum dan juga untuk mengukur kepribadian seseorang. Tes TPA juga sering diidentikkan dengan tes kecerdasan seseorang. Tes TPA atau Tes Potensi Akademik ini sama atau sesuai dengan tes psikotes standar internasional atau yang lebih dikenal dengan tes GRE dan GMAT. Hingga saat ini, Tes Potensi Akademik (Tes TPA) menjadi salah satu tes standar yang biasa dilakukan untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi, jenjang pendidikan S2 dan S3. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam menyaring calon mahasiswa tingkat S1 menggunakan tes TPA atau yang serupa dengan Tes Potensi Akademik ini. Dan yang pasti selain menjadi salah satu tes standar dalam penerimaan mahasiswa baru, Tes TPA juga dipergunakan secara luas sebagai tes standar dalam menyaring Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun karyawan swasta nasional dan swasta multinasional. Bahkan perusahaan-perusahaan swasta yang sudah terkenal dan bonafide untuk kenaikan pangkat dan jabatan setingkat manajer sering kali mensyaratkan tes TPA atau Tes Potensi Akademik dengan skor minimum tertentu.

Akan pentingnya tes TPA ini, sudah seharusnya lah anda melakukan persiapan yang matang sebelum menghadapi tes Potensi Akademik ini. Insya Allah bentuk soal tes psikotes TPA ini dapat membantu anda dalam mempersiapkan diri guna menghadapi soal psikotes, tes logika, soal psikotes gambar, soal psikotes matematika atau tes angka, dan soal soal psikotes lainnya. Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk dan bunyi (penyebutan) yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin biasanya disebut juga dengan “Persamaan Kata” atau “Padanan Kata”. Tes Sinonim adalah merupakan salah satu bentuk soal untuk menguji kemampuan verbal seseorang. Dalam Tes Verbal Sinonim Kata ini anda dinilai akan kemampuan anda dalam mengartikan arti dari satu kata. Yang mana satu kata yang dipilih mewakili kata-kata lainnya. Anda disini diminta mencari padanannya atau persamaan kata dari soal yang biasanya dicetak dengan huruf KAPITAL dengan 4 atau 5 pilihan jawaban kata lainnya. Jawaban yang tes sinonim yang bunyinya sama biasanya 95% salah! Jawaban seperti itu adalah jawaban konyol. Antonim adalah suatu kata yang berlawanan makna dengan kata lain. Antonim juga biasa disebut dengan Lawan Kata. Tes TPA Antonim Kata ini, waktu pengerjaannya biasanya berdekatan dengan Tes TPA Sinonim, karena itu anda diharapkan untuk berhati-hati pada saat mengerjakan soal Antonim atau Lawan Kata ini.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *