Contoh Soal Psikotes Masuk Kerja, CPNS, BUMN, SWASTA Dan SBMPTN

Sukses mengahadapi Psikotes by : Safridhaini, Psi. slideshare - 웹

Soal Psikotes – Tes psikotes atau tes psikologi dan sering juga disebut dengan tes kepribadian adalah salah satu bentuk ujian yang harus dihadapi saat akan melamar pekerjaan. Baik itu melamar kerja dan ikut seleksi penerimaan CPNS, ataupun seleksi penerimaan Pegawai BUMN, Perusahaan Swasta Nasional maupun Perusahaan Swasta Multinasional. Selain itu, tes psikotes atau tes kepribadian juga sering kali digunakan sebagai tahapan yang harus dilalui untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri baik itu untuk jenjang Sarjana; S1, S2 dan S3. Tes Psikologi ini dilakukan dalam rangka untuk menilai karakter dan intelegensia para peserta tes, selain itu juga untuk menilai kepribadian para peserta tes. Apa itu tes psikotes dan saja yang termasuk dalam tes psikotes, ada baiknya terlebih dahulu Anda membaca Mengenal dan Memahami Tes Psikotes Masuk Kerja. Bagi perusahaan swasta nasional ataupun perusahaan swasta multinasional, tes ini penting dilakukan agar menghasilkan kandidat atau calon pegawai yang sesuai dan sejalan dengan misi dan visi yang ingin dicapai perusahaan tersebut.

Untuk itu, kami disini ingin membantu anda supaya lebih mengenal dan terbiasa dengan bentuk soal psikologi yang akan di ujikan dalam setiap penerimaan karyawan ataupun dalam setiap seleksi masuk perguruan tinggi S1, S2 dan S3. Tes Psikologi ini sebenarnya tidaklah sulit karena pada dasarnya adalah untuk melihat atau menge-tes kepribadian para peserta ujuan. Yang dibutuhkan adalah ketenangan dan konsentrasi serta fokus pada saat pengerjaannya. Untuk itu anda harus tetap tenang, tidak panik dan fokus dalam setiap pengerjaan tes psikotes nanti. Pada dasarnya, contoh soal tes psikotes, tes kepribadian sering kali jawabannya jebakan, dalam artian terkadang jawaban yang diberikan hampir semuanya benar, padahal jika lebih teliti lagi dalam mengerjakannya maka akan jelas sekali terlihat jawaban pastinya. Tes Baum Tree adalah jenis tes psikologi berupa soal psikotes gambar yang meminta para peserta untuk menggambar sebuah pohon dengan kreteria tertentu. Adapun tujuan pelaksanaan tes psikologi: Tes Baum Tree ini adalah untuk menilai karakteristik atau kepribadian seseorang melalui gambar, yakni gambar pohon yang dibuat peserta.

Semakin detail gambar pohon yang dibuat semakin menunjukkan kepribadian anda yang memiliki tingkat kecerdasan, kedewasaan dan kematangan pikiran yang tinggi. Gambarlah struktur sebatang pohon secara lengkap, mulai dari akar, batang, ranting, daun, buah, bunga, dan sebagainya. Jangan menggambar pohon kelapa, pohon pisang, padi, jagung, dan pohon lainnya yang tidak bercabang. Gambar secara presisi dan proporsional antara letak gambar dan kertas, serta bawah kertas. Tulis judul pohon atau nama pohon, dibawah gambar pohonnya. Ingat disini anda disuruh membuat gambar pohon, bukan melukis pohon, jadi gambar tidak mesti bagus, yang terpenting adalah sudah mencakup hal-hal diatas, yakni proporsional/ presisi, lengkap dan detail. Gambarlah dalam waktu 15-20 menit, jangan terlalu lama dan jangan pula terlalu cepat. Soal Psikotes Gambar Draw a Person (DAP) sering juga disebut dengan tes psikologi gambar DAM (Draw a Man) atau tes kepribadian DAM adalah salah satu bentuk tes psikologi yang paling sering dijumpai pada proses assessment psikologi. Dalam tes psikotes gambar orang ini, peserta tes psikotes, tes kepribadian diharuskan untuk menggambar seseorang yang kemudian mendeskripsikan orang tersebut, seperti usia, jenis kelamin, dan aktifitas orang tersebut. Tes psikotes gambar orang ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan diri, dan ketahanan kerja calon karyawan.

Gambarlah orang secara utuh, detil dari ujung kepala sampai ujung kaku termasuk detail wajah seperti mata, hidung, mulut dagu, telinga, dan sebagainya. Mereka yang pernah mengikuti tes psikotes ini, menyarankan agar menggambar orang itu dalam keadaan sedang melakukan suatu aktifitas tertentu, misalnya seorang dokter lengkap dengan pakaian dokter dan stateskopnya, karyawan yang sedang presentasi atau didepan komputer, dan sebagainya. Selain itu, mereka yang telah berhasil melewati tes psikotes ini dan bekerja di perusahaan-perusahaan terkenal dan ternama, menyarankan untuk menggambar seseorang yang sudah kita kenal dengan baik, atau jika bisa menggambar diri sendiri yang sedang dalam kondisi prima ketika beraktifitas. Soal Psikotes Gambar – Tes House Tree Person (HTP) adalah tes dimana anda diminta untuk membuat gambar rumah dan pohon. Pada soal psikotes gambar ini anda diminta untuk menggambar sebuah rumah, sebuah pohon dan seorang manusia, yang kemudian hasil dari masing masing gambar tersebut dievaluasi dari berbagai aspek untuk menilai karakteristik dan kepribadian anda. Dalam mengerjakan soal tes psikotes menggambar HTP ini gunakan waktu sekitar 10-15 menit.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *