Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download

Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Untuk soal yang sedikit namun nilai atau bobotnya besar dikarenakan penyelesaiannya memerlukan waktu yang lebih lama dari soal lainnya. Untuk mengerjakan 1 unit rumah dibutuhkan waktu 36 hari dengan 12 tenaga kerja. Cara menjawabnya adalah anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disampingnya dalam waktu tertentu. Sehingga hasilnya akan tepat dan benar. Deretan angka tersebut, harus Anda pecahkan dengan metode penjumlahan, pembagian, perkalian, pecahan angka, dan presentase. Tes army alpha intelegence merupakan tes yang terdiri dari soal berisi kombinasi deretan angka dan bentuk. Jawaban dari soal di atas adalah 50 81 karena kunci dari jawabannya adalah hasil pertambahan antara angka pertama dan angka selanjutnya. Setelah selesai, hasil jawaban biasanya membentuk grafik yang unik. Tes logika aritmatika menganalisa ketelitian dalam mengisi deretan yang kosong. Namun yang menjadi masalah adalah jumlah deretan angka yang diberikan sangat banyak.

Logika matematika tidak hanya sebatas angka saja loh, melainkan kemampuan daya bayang ruang 2D dan 3D. Tujuan dari tes logika matematika adalah agar perusahaan memahami tingkat analisa, logika, serta kemampuan pemecahan masalah bagi calon karyawannya. Agar psikotes yang akan dihadapi berjalan sukses dan bisa lulus. Perbandingan uang Raka dan uang Sekar adalah 3 : 2. Jika uang Adi dan Ida berjumlah Rp. Menurut Psikolog dari Andi Arta, Adi Sasongko biaya tes psikologi per orang mencapai Rp 35.000. “Untuk harga, satu orang Rp 35 ribu untuk tes,” ucap Adi. Namun, jangan berkecil hati dahulu, karena banyak juga orang yang harus beberapa kali gagal dalam menjalani tes ini baru kemudian mereka bisa lolos. Bahkan, beberapa teman kami karena terlalu semangat malah lupa menulis namanya sendiri. Tes kemampuan verbal sendiri terdiri dari soal sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi verbal (tes hubungan makna kata), serta tes kemampuan penalaran bahasa. Kemampuan verbal adalah tes psikotes pekerjaan yang memiliki hubungan dengan yang namanya ; sinonim (persamaan kata), Antonim (Lawan kata), analogi, acak kata dan juga pengelompokan kata.

Logika matematika – sebagai salah satu soal paling dasar dan pasti ada di setiap ujian psikotes, kamu wajib memiliki kemampuan logika matematika. Di Indonesia sendiri, psikotes tampaknya sudah menjadi ujian rutin yang dilakukan oleh para kandidat baik itu calon mahasiswa ataupun calon pekerja sebagai salah satu tahap seleksi yang tentu saja memiliki beberapa tujuan dan fungsi. Jika saat menggambar anda terlalu sering menghapus sehingga kertas anda kotor, maka anda akan dianggap memiliki cara kerja yang tidak rapih dan lemah dalam perencanaan. Jadi, tidak ada jawaban benar atau salah dalam tes ini. Jawaban yang benar dari soal ini adalah panas karena pada keterangan pertama menjelaskan analogi bahwa pada malam hari udara biasanya dingin. Soal pertama akan selalu menjadi kunci untuk menjelaskan maksud dari pertanyaan selanjutnya. Tes ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menghadapi berbagai macam situasi. Psikotes lumrahnya berisikan berbagai soal yang menguji kemampuan kognitif dan afektif dari diri seseorang.

Sedangkan jika ingin menggambar pohon, gambarkan pohon yang lengkap dengan memiliki ranting dan lain sebagainya. Dalam tes ini anda akan diminta untuk menggambar pohon yang memiliki kriteria tertentu, tes ini bertujuan untuk menilai karakter peserta. Tujuan dari soal ini adalah untuk mengetahui mental dan IQ peserta ujian. Soal tes ini biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan pengetahuan dasar seperti ekonomi, sosial, ilmu alam dan politik. Pada soal ini peserta diminta untuk mencari persamaan kata atau lawan kata. Nah tapi disini kami akan coba membahas beberapa jenis soal psikotes yang lebih luas dan umum, khususnya bagi kamu yang ingin mengerjakan soal psikotes untuk melamar pekerjaan. Dalam beberapa contoh soal psikotes biasanya terdapat komponen kalimat atau kata yang mempunyai poin dalam penilaian terkait sikap pribadi seseorang. Karena ketika kamu berpikir terlalu rumit biasanya kamu akan menemukan kesimpulan yang nyeleneh dan malah keliru! Contoh gambar pohon yang tidak boleh digambar adalah : gambar pohon beringin, pohon kelap, pohon pisang dan pohon bambu.

Selalu kerjakan soal dengan sekali jalan, dan bila tidak bisa mengerjakan soal tersebut kamu harus langsung maju ke soal selanjutnya. Diantaranya akan diberikan informasi tentang Lowongan CPNS dan Pengumuman CPNS terupdate secara gratis. Sebab, soal ujian biasanya akan berkaitan dengan informasi dan soal terbaru. Pastikan Anda menjawab semua pertanyaan dengan detail dan teliti. Pastikan bahwa anda menggambar sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pastikan untuk tidak mengubah pola yang sudah ada. Selanjutnya, karena setiap pola melambangkan hal yang berbeda, Anda harus melanjutkan gambar sesuai dengan pola yang benar, misalnya garis lengkung dengan benda hidup atau garis lurus dengan benda mati. Misalnya kamu yang ingin masuk ke perguruan tinggi biasanya akan diberikan soal-soal yang menitikberatkan kepada intelejensia dan kemampuan logika matematikamu. Jika Anda ingin membuat gambar orang, maka gambarkan dengan lebih rinci dan tergambar jelas. Bila peserta merasa kesulitan, lewati dulu soal yang sulit dan kemudian kembali lagi untuk menyelesaikannya. Aspek stabilitas diri Dalam tes ini, sebenarnya anda hanya diminta untuk mengerjakan hitungan sederhana. Hanya saja yang membedakan adalah penggunaan media gambarnya, dengan gambar 2 atau 3 dimensi. Perusahaan ingin melihat kesesuaian antara karakter kepribadian anda dengan jenis pekerjaan dan budaya yang ada di perusahaan tersebut.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *