Contoh Soal Psikotes Terbaru 2020

Contoh Soal Psikotes yang saya bahas pada halaman ini merupakan kelanjutan dari artikel yang juga membahas mengenai psikotes yaitu tips lulus dan contoh soal psikotes. Jika Anda belum membaca artikel tersebut, saya anjurkan kepada Anda untuk membacanya sebelum melanjutkan membaca contoh soal psikotes pada halaman ini. Tes psikologi atau lebih sering disebut dengan psikotest/tes kepribadian merupakan salah satu dari tahap rekrutmen penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan. Tidak jarang calon karyawan baru gagal dalam tahap psikotes, terutama bagi mereka yang sama sekali belum pernah mengikuti tes psikotes. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi orang yang sering atau pernah mengikuti ujian psikotes juga tidak dapat lolos psikotes karena kurangnya persiapan dan latihan atau mungkin hal lainnya. Menurut pengalaman yang pernah saya alami, biasanya psikotes itu diselenggarakan setelah proses administrasi atau sleksi berkas lamaran kerja atau setelah interview/wawancara kerja tahap awal. Hal ini mungkin saja berbeda di setiap perusahaan, tergantung dengan kebijakan dan standar rekrutment mereka.

Namun terlepas dari itu, tes psikotes pasti menjadi salah satu tahap sleksi penerimaan karyawan/pegawai di banyak perusahaan swasta maupun BUMN. Hal ini saya alami karena saya sendiri belum pernah ujian psikotes dan sama sekali buta terhadap soal-soal psikotes. Dari banyaknya kegagalan yang saya alami saat mengikuti psikotes, akhirnya saya banyak tahu mengenai bentu-bentuk soal psikotes. Selain itu juga, mencari buku dan ebook kumpulan soal psikotes dan jawabannya untuk latihan dalam rangka persiapan diri untuk menghadapi psikotes diperusahaan yang lebih bagus dan posisi kerja yang lebih baik. Soal tes logika penalaran ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi dan lain-lain. Sebelum Anda mengerjakan tes logika penalaran konsetrasikan pikiran Anda, hati-hati dan teliti dalam mengerjakan soal. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama. Jika Anda belum bisa mengerjakan salah satu soal segera lompat kesoal berikutnya atau kesoal yang lebih mudah, karena waktu terus berjalan. Tes PAPI lebih cenderung kepada tes kepribadian diri, yaitu mengungkap motivasi, gaya kepemimpinan, level energi, lingkungan sosial, gaya pekerjaan, temperamen dan hubungan sosialisasi antara sesama karyawan dan atasan.

Sebelum Anda mengerjakan soal tes PAPI, penitia penyelenggara psikotes akan memberikan aba-aba, seperti anda diminta untuk memilih salah satu kecenderungan yang menurut anda ada pada diri anda atau yang paling sesuai dengan sifat dan karakter pribadi Anda. Jika jawaban Anda adalah pernyataan yang pertama maka Anda akan diminta melingkari tanda panah diatas nomor soal dan begitu pula dengan sebaliknya. Saran saya sesuaikan jawaban Anda dengan jenis serta posisi pekerjaan yang Anda lamar, dan jawablah setiap pertanyaan dengan konsisten namun fleksible. Misalnya Anda melamar sebagai ODP Bank Mandiri atau Bank BNI dan bank lannya atau PPS di pertamina, posisi ini merupakan pembentukan leader untuk regenerasi pemimpin di perusahaan tersebut. Maka konsistenkan jawaban Anda yang berhubungan erat dengan kepemimpinan, kerja keras dan cerdas serta loyalitas. Tes ini terdiri atas 12 soal atau lebih, yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk ruang. Salah satu soal terkadang memiliki kaitan dengan soal sebelumnya. Yang menjadi penilaian dalam tes army alpha intelegence ini adalah kemampuan daya serap Anda dalam menerima informasi dan melaksanakan instruksi dari atasan dengan cepat dan tepat. Jika Anda menyukai artikel ini dan Anda ingin menerima lebih banyak info tentang Genta silakan kunjungi halaman web kami. Konsentrasikan pikiran Anda kepada apa yang dikatakan narator atau panita psikotes, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas.

Jadi, manfaatkan waktu tersebut dengan efektif dan efesien. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Karena jika Anda tidak sabar untuk mendengar dan fokus terhadap apa yang dikatakan oleh narator maka untuk menjawab soal anda akan kebingungan. Tes psikotes menggambar pohon ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon. Anda tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl dan sejenisnya. Pada umumnya penilaian atas tes ini adalah seberapa jauh tingkat imajinasi Anda, kreatifitas mengenai detil-detil serta ketelitian Anda dalam bekerja nanti serta kedisiplinan dan ketanggapan Anda dalam memahami perintah yang disampaikan kepada Anda. Usahakan gambar poshon yang Anda gambar sedetail mungkin dan berbentuk. Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Soal psikotest DAP ini hampir sama dengan soal psikotes baum tree test, namun pada tes ini Anda akan diminta menggambar seseorang. Sebelum tes ini dimulai, narator akan memberi sedikit instruksi dalam mengerjakan soal psikotes DAP ini. Kira-kira instruksi dari narator seperti ini: “buatlah sebuah gambar orang lengkap dan bukan gambar kartun apakah dia seorang wanita atau pria, dan sebutkan nama serta umurnya serta profesinya”. Buatlah gambar seseorang dengan detail, dan sesuaikan jenis kelaminnya dengan Anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *