Contoh Soal Psikotes TNI-POLRI January 2020

Apa itu Tes Psikologi Psikotes: Perlukah Dipelajari? ? Tes psikologi atau biasa disebut tes psikotes merupakan tes bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis psikometri biasanya berkaitan dengan Uji IQ Seorang Peserta. Tes ini biasanya dilakukan oleh profesional yang ahli, biasanya psikolog, untuk mengevaluasi emosi, kecerdasan, dan/atau fungsi prilaku seseorang. Tes psikologi dapat dilakukan baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa, dan dilakukan untuk berbagai alasan (beberapa diantaranya akan dijelaskan kemudian dalam artikel ini) dalam berbagai latar belakang, termasuk sekolah, universitas, badan sosial, rumah sakit, dan layanan rawat jalan. Agar anda dapat lulus seleksi tentunya harus mempersiapkan diri dan banyak berlatih membaca buku psikologi tni ad karena pada tahap seleksi tni ad anda akan dipertemukan dengan Soal Akademik yang berisi latihan soal matematika , aritmatika dan Psiko. Untuk menjawab bentuk tes psikologi tentara maupun akademik anda harus banyak mempelajari contoh soal psikotes secaba tni ad atau secatam. Biasanya pada Tes Wawancara ada sejumlah pertanyaan yang akan ditanyakan kepada anda dengan bertujuan untuk menggali karakter mental calon prajurit sebelum diterima sebagai calon tni.

Berapa x dan y? Tes ini umumnya terdiri dari deret gambar 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Tujuannya tes ini sama dengan deret angka, hanya saja tes ini menggunakan gambar. Tips Logika Penalaran/Deret Gambar: konsetrasi, perhatikan bentuk, warna. Elu WAJIB hati-hati serta teliti dalam melihat gambar dan bentuknya. Terkadang bentuk sama, tapi ada yang diwarna full, ada yang cuma diarsir ada juga yang polosan tanpa warna. Tes psikotest di bagian ini umumnya terdiri dari 40 soal. Soalnya mengandung pertanyaan yang terkait dengan synonim (persamaan), analog atau antonim (lawan) kata. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan logika seseorang pada suatu keadaan atau kondisi dan melihat bagaimana seseorang memahami kondisi sebab-akibat dari suatu permasalahan. Tips Tes Analog Verbal: Tes ini menuntut Anda untuk memiliki banyak kosakata dan mengerti apa artinya. Atau cara kedua adalah harus sering membaca contoh soal jika Anda kesulitan dan “menghafal”nya karena “terkadang” soalnya itu-itu saja. Disarankan untuk cara pertama karena cara kedua akan buyar kalau soalnya berbeda.

IST merupakan soal tes psikotes menyajikan berupa gambar. Soal tes psikotes IST ini untuk menguji tingkat intelektualitas seseorang. Menilai seberapa tanggap dan cerdas dalam menyelesaikan pekerjaan. Di dunia kerja soal tes psikologi IST sangat dominan dipakai oleh HRD. Hanya saja tidak semua HRD memiliki soal dan jawaban dari tes psikologi IST. Dikarenakan yang berhak membeli soal di lembaga tertunjuk adalah psikolog berlisensi. Lalu soal psikotes IST yang beredar di media online bagaimana validitasnya? Boleh dikatakan soal soal itu tidak valid. Karena sudah keluar dari kaidah psikologi begitu HIMPSI sebagai pengembang alat tes psikologi. Nah ketika pun HRD atau psikolog sudah memiliki soal, jawaban atau kunci jawaban, mereka menyisakan pekerjaan yang tak kalah rumit. Yakni cara skoring psikotes yang memang sangat rumit. Karena pekerjaan ini adalah pekerjaan kunci dalam proses tes psikotes. Menyelesaikan satu orang saja, memerlukan waktu satu jam hingga berhari-hari. Karena harus menghitung manual, mengkonversi ke dalam norma dan masih mendeskripsikan. Perlu keajegan dan ketelatenan. Kini pekerjaan skoring tidak perlu menjadi alergi, karena kami tim pengembang software skoring psikotes menjawab kerumitan proses skoring psikotes. Hanya dengan sekali input jawaban testee ke dalam software pekerjaan selesai. Anda juga tidak membutuhkan norma dan kunci jawaban, semua konversi dan deskripsi, sudah kami design secara otomatis. Kami design menggunakan excell. Sehingga support ke semua program komputer. Unlimited penggunaan serta multiuser. Di copy di puluhan komputer tidak masalah. Klik menu diatas jika ada yang diperlukan. Untuk mengetahui hasil akhir software silakan Klik Download Panduan Software.

Soal psikotes matematika merupakan salah satu materi yang biasanya diujikan oleh perusahaan yang ingin menjadi para pekerja yang memiliki kemampuan dan ketahanan dalam bekerja. Kenapa ketahanan dan kemampuan? Karena memang, soal psikotes yang jumlahnya lumayan banyak serta membutuhkan ketelitian akan menggambarkan kemampuan seseorang dalam mengerjakan dan ketelitiannya terhadap angka-angka yang diberikan. Baca juga: Kumpulan Contoh Soal Logika Matematika SMA Kelas 10 Tidak heran kenapa perusahaan biasanya menyertakan ujian kemampuan mengerjakan soal psikoetes matematika untuk seleksi mereka. Selain perusahaan, biasanya untuk masuk perguruan tinggi juga menyertakan soal psikotes atau soal untuk menguji psikologi calon mahasiswanya. Untuk poin psikotes cukup tinggi. Sebenarnya tes ini tidaklah sulit hanya rumit dan membutuhkan kejelian, maka dari itu kita harus memaksimalkan poin nilai pada tes psikotes. Secara umum, tes psikologi atau psikotes terdiri dari beberapa jenis soal, mulai dari tes logika, tes deret gambar, tes logika penalaran, soal aritmatika, tes mencocokan suatu gambar, dan yang lain sebagainya. Sebelum kita lihat contoh soal psikotes matematika, tidak ada salahnya juga kalau kita mengetahui definisi atau pengertian dari psikotes itu sendiri. Asal kata psikotes adalah physico yang artinya fisik dan test yang berarti sebuah ujian.

Secara istilahnya, psikotes merupakan suatu metode untuk mengetahui hasil kontrol psikologi seseorang dengan menggunakan alat atau sistem khusus yang hanya dapat dijalankan oleh ahli di bidang psikotes dan sangat paham mengenai karakter seseorang. Hal itu bisa dilihat dari sisi inteligent (kecerdasan), attitude (sikap), personality (kepribadian) dan interest (ketertarikan). Beberapa contoh soal psikotes pada umumnya terdapat komponen kata atau kalimat yang mempunyai point penting dalam penilaian karakter dan kepribadian seseorang. Psikotes sedikit agak lebih berbeda dengan tes potensi akademik atau biasa yang disingkat dengan TPA yang lebih cenderung melihat kecerdasan otak seseorang. Psikotes tidak demikian, sebab tes psikotes ini lebih melihat kepada bagaimana sikap seseorang memecahkan suatu permasalahan. Jadi jangan heran jika ada teman yang dulunya kurang pintar namun bisa lulus dalam tes psikotes ini. Agar anda bisa mengerjakan soal-soal psikotes dengan benar, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini: 1. Tips mengerjakan soal psikotes yang pertama adalah istirahat cukup sebelum hari H ujian. Hal ini mengingat ujian psikotes membutuhkan konsentrasi dan ketahanan fisik yang kuat. Sebelum ujian, usahakan juga sarapan. 2. Biasakan diri anda untuk sering-sering mengerjakan soal psikotes agar anda familiar denga soal-soal yang akan diberi nantinya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *