Ini Dia Contoh Soal Psikotes Gambar Dan Tips Menghadapinya

Helicopter, Air, Aircraft, Fly

Umumnya dalam proses seleksi dilakukan tahapan yang disebut psikotes. Sudahkah kamu tahu soal psikotes gambar apa saja yang biasanya diberikan kepadamu? Meskipun terdengar mudah, tahapan ini biasanya cukup menegangkan bagi para fresh graduate karena sulit untuk mengetahui bagaimana menjawabnya dengan baik. Jangan khawatir, yuk simak contoh soal psikotes gambar dan bagaimana cara menghadapinya agar bisa diterima kerja melalui artikel Finansialku berikut ini. Sebuah proses rekrutmen dimulai dari pencarian pelamar dan diakhiri dengan diterimanya sekelompok surat lamaran. Jadi, hasilnya nanti akan berupa sekelompok pelamar yang dipilih melalui proses seleksi. Tahapan selanjutnya yakni menetapkan calon pegawai mana yang memenuhi syarat untuk bisa diterima, dan pegawai mana yang ditolak lamarannya. Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri! Salah satu instrumen dalam proses seleksi adalah psikotes. Psikotes pada dasarnya bertujuan untuk mengerti kecenderungan sikap, kepribadian, minat, dan intelegensi seseorang. Hasil psikotes tersebut akan menjadi acuan untuk menentukan apakah seseorang memenuhi standar yang diinginkan perusahaan atau tidak melalui gambaran (profil psikogram) setiap individu yang mengikuti tes tersebut.

Ada beberapa jenis psikotes yang sering muncul ketika rekrutmen kerja. Beberapa di antaranya justru tidak mementingkan benar atau salah dalam menjawab karena mengarah pada aspek kepribadian manusia, selain inteligensi. Sebagai contohnya adalah psikotes yang memanfaatkan gambar sebagai medianya. Nah, pada kesempatan kali ini, Finansialku ingin memberikanmu sedikit bocoran contoh umum soal psikotes gambar tersebut. Sebelum kita membahasnya, apakah kamu sudah men-download Aplikasi Finansialku? Kalau belum, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC. Dengan aplikasi Finansialku, kamu akan dibantu dalam mengelola dan mengatur keuangan Anda. Lebih asyik lagi, kamu juga bisa langsung curhat sama perencana keuangannya langsung lho secara GRATIS selama 30 hari buat pengguna baru. Pssstt.. Katanya kalau sekali curhat sama perencana keuangan bisa kena charge lho. Dapatkan pula potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium. Yuk jangan ragu lagi buat download aplikasi Finansialku di bawah ini ya. Buat yang sudah download, mari kita bahas macam tes psikotes, contoh, serta tips yang harus kamu ketahui. Semoga contoh ini bisa membantumu dalam lolos psikotesmu ya! Tes Wartegg merupakan sebuah tes hasil temuan dari Ehrig Wartegg seorang psikolog yang berasal dari Jerman.

Dalam tes ini kamu akan dihadapkan pada 8 kota yang memiliki pola berbeda-beda, mulai dari garis lengkung hingga sebuah titik. Tugasmu adalah untuk menggambar dari lanjutan pola-pola yang ada dalam soal. Gambarlah sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu. Kamu kemudian akan diminta memberi angka sesuai urutanmu menggambar. Usahakan kertas ujian dalam keadaan bersih dan tidak banyak coretan. Jangan terburu-buru untuk membuat gambar, sebaiknya pahami dan pelajari terlebih dahulu pola tersebut. Tes kedua yang menggunakan gambar adalah Tes Psikotes Logika Deret Gambar yang pasalnya memiliki konsep yang serupa dengan tes logika artimatika. Adapun yang membedakan adalah penggunaan media gambarnya yang menggunakan 3 atau 2 dimensi. Dalam pengerjaan tes ini beberapa tips yang harus kamu ingat adalah harus teliti dan fokus. Dikarenakan gambar-gambar yang ada pada soal tersebut bisa “menjebak” kamu dengan konsep serupa tapi tidak sama. Draw a Man merupakan sebuah cara mengetahui refleksi peserta psikotes terhadap pandangan diri secara profesional. Pada tes ini kamu diperintahkan penguji untuk bisa menggambarkan manusia lengkap dengan deskripsi usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang sedang dilakukan manusia yang kamu gambar.

Namun untukmu yang tidak begitu mahir dalam menggambar jangan khawatir karena yang dilihat bukanlah keindahan dan sempurnanya dari gambar tersebut, melainkan makna yang tersirat di dalamnya. Tanaman Herbal Bisa Jadi Obat, Mudah Ditemukan Lho! Gambarlah manusia sesuai dengan jenis kelaminmu. Jika kamu perempuan maka gambarlah perempuan, berlaku juga sebaliknya. Gambar manusia secara lengkap dari mulai ujung rambut sampai kaki. Jangan lupa gambar pula anggota tubuh lainnya secara utuh. Gambar sedetail mungkin. Jika kamu menggambar seorang dokter, sebaiknya gambar dengan utuh dokter tersebut mulai dari pakaian dinas hingga aktivitas yang biasa dilakukannya. Jangan membuat penekanan pada muka gambar orang yang kamu buat karena ini akan berarti bahwa kamu adalah orang yang tidak percaya diri. Jangan membuat gambar terlalu besar karena akan berarti kamu terlihat dominan. Usahakan kamu menggambar detail jari tangan orang tersebut. Pada tes psikotes ini, penguji akan menyuruhmu untuk menggambar pohon di sebuah kertas. Baum test merupakan sebuah tes menginstruksikan menggambar sebuah pohon berkambium mulai dari akar, badan pohon, cabang, batang dan daun.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *