Latihan Psikotes Kemampuan Kuantitatif B (Numerik

Latihan psikotes Kemampuan Kuantitatif B (Numerik, Aritmatika, dan Analisis) ditujukan untuk mengukur kemampuan mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan serta mengukur tingkat kecerdasan, kecermatan, sekaligus ketelitian seseorang, dalam memandang permasalahan secara terpadu (terintegrasi), sistematis, dan menyeluruh dari berbagai arah/sudut/segi/sisi. Pilihlah satu jawaban paling tepat berdasarkan beberapa informasi singkat yang diberikan. Kemudian, kotak di depan nomor soal, diisi dengan huruf a, b, c, atau d sebagai pilihan jawaban anda. Kerjakan yang mudah terlebih dulu dengan cepat dan teliti. Waktu yang diberikan 60 menit. Bila waktunya sudah 60 menit, segera berhenti. Selanjutnya silakan klik “Lihat Hasilnya (Kunci Jawaban)”, dan anda akan mengetahui nilai/hasilnya, serta jawaban yang SALAH dan BENAR. 1. Rina menanyakan berapa umurnya dengan pernyataan: “Umur saya sekarang tiga kali umur keponakan saya, dan lima tahun yang lalu umur saya lima kali dari umur keponakan saya”. Berapakah umur Rina ? 2. Naufal berusia 7 tahun lebih tua dari Rizki. Rizki berusia 2 tahun lebih muda dari Hillmy.

Berapa tahun selisih usia Naufal dengan Hilmy ? 4. 1/3 berbanding 5/6 sama dengan …. 5. Berapakah jumlah 47 orang dan 9 orang ? 6. Adri Noor menginvestasikan seperlima dari uangnya untuk membeli perkebunan dan dua perlima dari uangnya untuk membeli properti. Sisanya adalah Rp 25 milyar. Berapakah jumlah uangnya semula ? 3. Berapakah yang harus ditabung Farlodrian ke bank, agar dalam waktu 1 tahun uangnya menjadi Rp 448 juta. Jika bunga bank 12 % per tahun ? 7. Handoyo, Benny, dan Tejo membagi uang. Handoyo mendapatkan 3 kali lebih banyak dari Tejo, Benny mendapat dua kali lebih banyak Tejo. Jumlah uang yang dibagikan seluruhnya Rp 900 juta. Maka berapa yang diperoleh Handoyo ? 8. Arie mempunyai uang sebanyak setengah dari uang Jatmiko. Jika Jatmiko memberikan Rp 5 milyar kepada Arie, maka Arie akan mempunyai uang Rp 4 milyar lebih sedikit daripada uang terakhir Jatmiko. Berapa jumlah uang mereka ? 9. Supiani menyiapkan uang Rp 200 milyar untuk investasi baru.

Jika untuk investasi tersebut Supiani membeli tiga buah villa dengan harga Rp 10 milyar per villa dan membangun 5 hotel dengan biaya Rp 25 milyar per hotel. Berapakah sisa uang untuk investasi tersebut ? 10. Indragung membeli 50 ekor sapi senilai Rp. 18.000.000 per ekor dan 2 bulan kemudian membeli 25 ekor sapi seharga Rp. 16.800.000 per ekor. Jika Indragung menghendaki harga rata-rata sapinya Rp. 17.400.000 per ekor, berapakah harga per ekor yang harus dibayar untuk membeli 25 sapi tambahan? 11. Dias suka mengoleksi mobil-mobilan. Rata-rata harga mobil-mobilan yang ia miliki adalah Rp. 50.000,- per buah. Uang saku Dias sehari adalah Rp. 5.000,- . Dias sudah mengoleksi 10 mobil-mobilan dalam 2 bulan. Seluruh uang Dias digunakan untuk membeli mobil-mobilan. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain. Dias membeli mobil-mobilan bekas yang harganya murah. Uang saku Dias digunakan sebagian untuk membeli mobil-mobilan. 12. 9 adalah 150 persen dari ? 13. Bambang menjual sebuah barang dengan harga Rp. 80.000,- dan memperoleh laba 25% dari harga beli. Berapakah harga beli barang tersebut? 14. Dalam suatu pertemuan, panitia mengundang 50 wanita dan 70 pria. Ternyata dari undangan tersebut yang hadir hanya 40 % wanita dan 50 % pria dari jumlah keseluruhan undangan. Berapa persen tamu yang hadir ? 15. Empat (4) orang menggali selokan dan selesai dalam waktu 7 hari. Berapa orang yang diperlukan untuk menggali selokan dalam waktu 1/2 hari?

Pensil mekanik mudah patah dan butuh waktu ketika isi pensil habis. Siapkan minimal 2 buah pensil dalam kondisi sudah diraut. Tujuannya agar tidak membuang waktu anda ketika pensil patah atau sudah pendek. Jangan menghapus jawaban yang salah. Cukup coret jawaban yang salah kemudian tulis lagi jawaban yang benar disampingnya. Menghapus itu membuang waktu berharga anda. Dengarkan contoh yang diberikan penguji dengan baik. Jika ada yang belum anda mengerti, jangan ragu-ragu untuk bertanya ke penguji anda. Secara prinsip, kraepelin dan pauli dikerjakan dengan cara yang hampir sama. Adapun perbedaannya adalah dari segi penulisan hasil penjumlahan (apakah dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas), penulisan tanda saat pergantian waktu, waktu pengerjaan dan banyaknya lembar kerja. Pada tes kraeplin, penjumlahan angka dilakukan dari bawah ke atas. Kemudian setiap beberapa menit, anda akan diinstruksikan oleh petugas psikotes untuk pindah dari satu kolom ke kolom berikutnya. Lembar kerja kraeplin berupa kertas seukuran A4 atau F4 yang sudah terisi dengan deretan angka-angka di setiap lembarnya.

[TERLENGKAP] 12 Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya + …

https://www.karyawanesia.com › contoh-soal-psikotes

15 Des 2019 –

Adapun durasi waktu untuk tes kraeplin biasanya lebih singkat dibanding tes pauli yaitu sekitar 10-15 menit dengan instruksi pindah setiap selang waktu beberapa menit. Pada tes pauli, penjumlahan angka dilakukan dari atas ke bawah. Kemudian setiap selang waktu beberapa menit, anda akan diinstruksikan oleh petugas psikotes untuk menggarisbawahi angka terakhir yang sudah anda jumlahkan. Setelah itu, segera anda lanjutkan lagi aktivitas penjumlahan yang sedang anda kerjakan. Tidak seperti tes kraeplin, lembar kerja tes pauli berupa kertas selebar koran yang sudah dipenuhi dengan deretan angka-angka. Dengan durasi waktu pengerjaan sekitar 60 menit, maka bisa saya pastikan bahwa anda akan sangat bosan dan lelah dengan tes yang satu ini. Anda bisa latihan contoh soal psikotes koran dengan mengunduhnya di sini. Nama tes ini tentulah sangat familiar di telinga anda, namun jangan salah sangka, warteg disini bukan singkatan dari Warung Tegal. Dinamakan tes wartegg dengan “double g” karena memang diambil dari nama penemunya seorang psikolog dari Jerman yang bernama lengkap Ehrig Wartegg. Tes wartegg ini terdiri dari 8 kotak yang memiliki pola yang berbeda-beda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *