Model Dan Ragam Soal Psikotes Atau Tes Psikologi

Model dan Ragam Soal Psikotes atau tes Psikologi, Defini Psikotes merupakan suatu pemeriksaan psikologi, dengan alat-alat ukur tertentu (dalam bentuk soal-soal tes) yang diciptakan oleh para pakar psikologi, untuk membedakan perilaku seseorang dengan orang lain, salah satunya dengan soal psikotes. Psikotes atau pemeriksaan psikologis tersebut merupakan“Potretan” karakter seseorang, antara lain terdiri atas keadaan emosional, hubungannya dengan orang lain, motivasi, bakat, dan sikapnya dalam menghadapi sesuatu hal. Hal-hal tersebut disebut dengan dimensi psikologis. Misalnya, Anton melamar menjadi seorang wartawan di suatu media. Profesi ini menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan penelitian, kecermatan, kreativitas, ketekunan, dan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain. Dalam pemeriksaan psikologisnya, Anton akan diuji apakah ia memiliki sifat-sifat tersebut. Bila ya, tentu ia akan diterima. Namun bila tidak, mungkin ia harus mencari pekerjaan di bidang lain. Psikotes sering dianggap sebagai kendala oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan. Pasalnya, banyak yang menganggap psikotes sebagai hambatan yang bisa menjatuhkan mereka saat mengikuti proses penerimaan calon karyawan. Pendapat itu tentu saja keliru. Perlu anda ketahui dalam menghadapi soal-soal psikotes diperlukan ketenangan jiwa dan ketenangan berpikir. Tanpa kedua hal tersebut anda tidak akan bisa menghadapi soal soal psikotes apapun bentuk soal psikotes tersebut. Sebagai Gambaran anda dalam menghadapi Ujian Psikotest, berikut adalah bentuk-bentuk Standard Soal Psikotes yang dipakai sebagai standard ujian psikotes di Pemerintahan, BUMN, Beasiswa Dalam dan Luar Negeri dan Seluruh Perusahaan di Indonesia. Jadi diatas adalah merupakan model dan ragam soal psikotes atau yang sering disebut dengan tes psikologi. Yang diharapkan informasi mengenai ragam soal soal psikotes ini dapat membantu rekan rekan semua, supaya lebih siap menghadapi tes psikotes. Model dan Ragam Soal Psikotes atau tes Psikologi. Makanan b. Sepatu c. Air b. Payung c. Kuku b. Rambut c. Batuk b. Pilek c.

Dalam tes psikotes ada 3 aspek yang diukur, yaitu : kecerdasan, kepribadian dan cara kerja. Menentukan sesuai atau tidak orang dengan karakteristik yang tepat untuk mengisi sebuah posisi di perusahaan. Kurang lebih ada beberapa tips dan trik menghadapi psikotes, baca di bawah ini. 1. Istirahat yang cukup. 2. Makan minum secukupnya. 3. Mempelajari contoh soal psikotes. 4. Datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat. 5. Cari tahu lokasi psikotes. 7. Minta izin dan doa restu kepada orangtua sebelum berangkat. 8. Persiapkan seluruh kebutuhan ujian. 1. Perhatikan dan dengarkan dengan seksama instruksi yang diberikan oleh tim penguji. 2. Lewatkan soal yang sulit untuk anda jawab dan kerjakan soal yang termudah terlebih dahulu. 3. Baca dan pahami soal dengan baik. 4. Jangan malas untuk mengoreksi. 5. Berdoa dan persiapkan mental anda. 1. Tetap berdoa meminta hasil yang terbaik kepada Allah atas apa yang sudah anda kerjakan. 2. Jangan menyalahkan diri sendiri jika anda merasa kurang maksimal mengerjakan psikotes.

Berikut Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download dan jawabannya. Yang meliputi sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi dan kolerasi makna. Perbanyak perbendaharaan kosakata dan juga artinya. Pada tes sinonim ini anda ditugaskan untuk mencari dan memilih arti yang tepat dari sebuah kata. Pembahasan : Arti baku adalah standar, tolak ukur. Pembahasan : Arti kata bongsor adalah tinggi besar. Lawan kata dari tinggi besar adalah kerdil. Pembahasan : Arti kata sekuler adalah terpisah dari agama. Lawan katanya adalah keagamaan. Temukan sebuah pola hubungan sebab-akibat, perbandingan, proses kerja atau pola lainnya yang sejenis dengan yang ditanyakan didalam soal. Pembahasan : Mobil berjalan menggunakan sumber energi bensin. Sedangkan pelari (manusia) menggunakan sumber energi makanan. Pembahasan : Salah satu penyakit yang menimpa kepala adalah pusing. Sedangkan salah satu penyakit yang menimpa perut adalah mules. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan nalar anda dalam memahami sebuah permasalahan secara utuh dengan konteks yang berbeda-beda. Tips mengerjakan tipe soal ini adalah anda harus membaca, menganalisa dan memahami dengan benar konteks yang diinginkan oleh soal.

Jika anda salah memahami soal, maka otomatis jawaban yang anda pilih juga salah. 1 Semua jenis burung bisa terbang. Semua ayam memiliki sayap. 2 Semua manusia tidak bersayap. Semua kuda makan rumput. Lengkap Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download di dalam artikel ini. Tes yang terdiri dari deretan angka yang harus dipahami polanya. Berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase dan pecahan angka. Tes logika aritmatika ini digunakan untuk mengetahui kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan anda dalam mengerjakan sesuatu. Tips mengerjakan tes ini yaitu lihat keseluruhan deret angka, baca polanya. Apakah berupa urutan, pengelompokan berurutan ataupun pengelompokan loncat. Jangan hanya terpaku pada 2-3 angka terdepan, karena itu belumlah mewakili. Inilah Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download tersebut. Tes logika matematika yang satu ini sangatlah menguras otak. Jika anda kurang tidur ditambah lagi dengan perut yang kosong, maka dijamin anda akan kesulitan untuk mengerjakan tes ini. Tes logika matematika ini digunakan untuk mengetahui kemampuan intelektual, terutama kemampuan logika berhitung dan berpikir secara logis.

Tips mengerjakan tes ini yaitu harus memiliki kertas kosong untuk coret-coretan. Anda bisa membawa kertas kosong dari rumah atau meminta kepada petugas psikotes. 1 Aji adalah kakak Habib, 4 tahun lebih tua. Bintan adalah kakak Aji dan berbeda 3 tahun. Berapakah usia Bintan, jika saat ini Habib baru saja merayakan ulang tahun yang ke-21 ? Jawaban : Usia Bintan adalah 28 tahun. 2 Perhatikan sedert bilangan berikut. Lanjutkan dengan membaca Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download berikut ini. Tes logika penalaran (deret gambar) secara konsep sama dengan tes logika aritmatika (deret angka). Hanya saja dalam tes ini menggunakan media gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Tips mengerjakan tes ini yaitu anda harus ekstra teliti dan hati-hati, karena gambar-gambar yang ditampilkan akan sangat mengecoh anda, serupa tapi tak sama. Tes hafalan kata adalah tes mengingat kata dari berbagai jenis benda yang berbeda. Anda akan diberikan waktu oleh penguji selama 5 menit untuk menghafal kata-kata diatas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *