Panggilan Psikotes Dan Interview Kerja (Part 6

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri sudah mencoret lima pemain. Pencoretan dilakukan berdasar penilaian beberapa aspek. Skuat Garuda Muda telah menjalani TC di Stadion Madya Senayan, Jakarta sejak 7 Januari lalu. Persiapan untuk menghadapi tiga turnamen di tahun 2019 yakni Piala AFF U-22, Kualifikasi Piala AFC U-23, dan SEA Games. Di seleksi tahap pertama dari 38 pemain hanya 35 pemain yang mengikuti seleksi. Dari jumlah yang hadir, lima dipulangkan, yakni Indra Mustafa (Persib), Syafril Lestahulu (Persib U-19), Jayus Hariono (Arema FC), Anan Lestaluhu (Persija), dan Wahyudi Hamisi (Borneo FC). Indra seperti dikutip dari situs resmi PSSI. Indra memastikan bahwa penilaian tim pelatih terhadap pemain diambil secara komprehensif dengan mempertimbangkan segala aspek, demi mendapatkan komposisi pemain terbaik untuk skuat. Bukan hanya dilihat dalam sesi latihan, para pemain proyeksi Timnas U-22 juga harus dipastikan sehat, serta diuji intelegensinya melalui psikotes. Meski sudah memastikan 30 pemain, Indra lagi-lagi belum memberi keterangan soal nasib Ezra Walian, Egy Maulana Vikri, dan Saddil Ramdani yang belum bergabung karena bermain untuk klubnya di luar negeri.

Gue dari YAI, lu dari mana?” balik nanya. “Telkom University. 2011 juga? “Iya 2011”, untung seangkatan haha. Seangkatan, anak IKOM pulak. Lumayan lah nyambung ngobrolnya juga. Masih agak lama sih nunggunya. Sampe akhirnya ada ibu-ibu dateng nanyain, “kalian yang mau tes kan? ”. Dan disuruh ngikutin beliau ke sebuah ruangan, kayak ruangan meeting gitu. Disitu beliau ngejelasin dikit, lupa gue namanya, duh! Lupa wae ih. Hampura nya? Abis ngejelasin dikit, ibu yang tadi ngasih selembar soal sama selembar jawaban ke masing-masing dari kita. Isinya ada 3 apa 4 soal gitu. Itu kayak tes apaan yaa namanya, lupa gue. Pokonya ngukur kemampuan gitu lah, sebelom masuk ke psikotes. Milih 10 beritanya juga yang kira-kira lagi trending, ga asal ambil 10 doang. Yang ke dua sampe terakhir gue lupa urutannya, tapi pokonya ada yang tentang konten strategi gitu deh, kita disuruh bikin konten strategi buat natal sama tahun baru. Trus ada lagi soal tentang analisa, disitu disediain data dari google analyst. Ada beberapa situs. Detik, kompas, viva, sama apa ya satu lagi, lupa.

Pokonya portal berita semua. Ada lagi ga ya? Duh kayanya itu doang deh, apa ada lagi ya yang kelewat? Itu pokonya yang gue inget mah. Dikasih waktunya lumayan lama sih, orang kita dikasih waktu sampe jam setengah 11 apa 10.20 gitu. Pas lagi ngerjain, blom beres udah dipanggil, katanya sih suruh interview dulu. Jadi gue dipanggil sama bapak-bapak tuh, suruh ikut beliau dulu ke ruangan lain. Nah disitu baru dah head to head. Ternyata beliau yang nelpon gue, Pak Aldy. Ya namanya HRD, nanyanya ya seputar kepribadian lu sama nanyain yang ada di CV lu. Dikorek-korek dah tuh ama dia. Dari mulai perkenalan diri sampe motivasi lu sampe nanya apapun yang lu tulis di CV sama di Form calon freelancer. Pengalaman lu lah, masalah gaji juga, sama komitmen sih sebenernya juga ditanyain, hehehehe. Pak Aldy malah tertarik nanya Banjarnegara awalnya. Yaudah gue ceritain aja dikit. Terakhir sebelom beres, Pak Aldy nanya kesanggupan gue buat masuk kerja. Kira-kira kapan bisa mulai masuk. Ya gue jawabnya awal Februari.

Pertimbanganya waktu itu udah pertengahan menuju akhir bulan Januari. Kosan gue masih di Bandung, blom pindahannya apa segala rupa. Trus gue butuh nyari kosan di Jakarta dulu sebelom masuk. Tapi kayaknya Pak Aldy ga puas sama jawaban gue. Soalnya kayanya lagi butuh cepet gitu, sampe beliau bilang, “nanti kan ada tuh kandidat lain, semisal kemampuan mereka ga jauh beda sama kamu tapi mereka bisa masuk lebih cepet, kita ambil mereka gimana? Gue jawabnya, “yaudah Pak gapapa kalo emang gitu”, pasrah bener yaa gue ini, haha. Akhirnya interview yang gue rasa panjang padahal cuman 15 menitan itu berakhir. Dan gue balik lagi ke ruangan yang tadi buat beresin tesnya. Dan gantian si Arum yang diwawancara. Ternyata ada mas-mas 1 lagi dateng, dan tes juga. Sok-sok ngobrol lagi. Gue lupa namanya tapi. Yang jelas tadinya dia anak Sosiologi UI. Widih, saingan gue anak UI cuy. Dia lulus udah dari sebelom gue, tapi katanya emang baru mulai ngelamar-lamar Desember kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *