Pengalaman Mengikuti Tes PLN 2020 Part 4 (Tes Psikotes)

Pengalaman mengikuti tes PLN 2016 , Tes Psikotes PLN 2016 . Oke temans, sebelumnya aku udah share pengalaman juga Tips dan Trik Seleksi Administrasi, Tes Fisik, dan Tes Akademis yang belum baca boleh diklik. Alhamdulillah aku udah melaksanakan tahap selanjutnya dari serangkaian seleksi PLN yaitu Tes Psikotes. Waktu itu tes Psikotes dilaksanakan 27 Mei 2016 dan aku kebagian batch 2 yaitu jam 13.00. sebelumnya kan tanggal 26 Mei Tes Akademis Alhamdulillah lolos jadi besoknya aku harus tes lagi dan harus nginep di Bandung. Sebelumnya juga aku nginep di sodara tapi yang sekarang aku sama mama gak nginep lagi di sodara tapi kita nginep di tempat tes, karena tempat tesnya di aula komplek TNI AD jadi ada asramanya kita Cuma perlu bayar 120rb perkamar. Aku sama mama sama 2 temenku sekamar jadi kita patungan deh biar gak mahal, hehehe toh di satu kamar ada 3 ranjang . Keesokan harinya seperti biasa registrasi dan dibubuhkan sebuah cap di kartu keramat (kartu peserta) ini dia.. Pertama aku dikasih satu buku gitu yang berisikan banyak soal, tetapi kita hanya mengerjakan kira kira 20 soal setiap sesinya. Jadi tiap sesi dijelaskan terlebih dahulu lalu kita mengisinya dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Begitu seterusnya sampe buku itu abis alias kita udah beres mengisinya. Udah itu ganti ke tes pauli tes ini untuk menilai sikap terhadap ketahanan, tekanan, ketelitian, konsentrasi, dan kecepatan waktu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Jadi disini yang dibutuhkan adalah ketelitian, kecepatan, ketenangan dan konsentrasi. Juga kerjakan dengan enjoy agar tidak mudah stres. Seperti dibawah inilah tes pauli. Cara mengerjakannya cukup dengan menjumlahkan angka yang atas dan bawah. Udah gitu lanjut ke tes PAPI ini dia gambarnya. Pada tes ini kalian hanya di perkenankan memilih satu diantara A dan B, maksudnya kalimat di huruf yang manakah yang sangat mendeskripsikan diri kalian. Tidak diperbolehkan untuk memilih keduanya ataupun mengosongkannya. Beres yang itu sekarang waktunya tes wartegg. Tujuan dari tes warteg ini adalah mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontol dan reality function, yang dimiliki oleh setiap orang namun dengan intensitas dan interelasi yang berbeda. Disini kita harus melanjutkan gambar-gambar tersebut menjadi sebuah gambar yang sempurna. Setelah itu berikan judul dari masing-masing gambar juga jangan lupa menuliskan nomor sesuai urutan dari gambar pertama sampai akhir.

Banyak yang bilang untuk urutan menggambar tes wartegg ini jangan menyusun sesuai urutan gambarnya, jangan juga terlalu acak dan untuk laki-laki jangan mengawali menggambar dari kotak kelima. Sebenarnya aku gak tau sih tujuannya apa dari urutan tes wartegg ini, tapi yahh pokoknya gambar sesuai hati nurani tanpa berfikir panjang agar diri anda yang sebernanya dapat dikenali. Setelah itu aku dikasih 2 lembar kosong dan disuruh buat gambar pohon dan manusia seperti contoh di bawah. Untuk gambar manusia ini fungsinya untuk mengetahui sejauh mana rasa tanggung jawab serta rasa percaya diri kalian serta ketahanan dalam suatu pekerjaan. Jika Anda menyukai artikel ini dan ingin mendapatkan info lebih lanjut tentang Cache silakan kunjungi situs web kami sendiri. Menggambar pohon dan seorang manusia tidak harus begus karena ini bukan loma lukis ya temans, hehe lagi lagi ini hanya untuk mengenali diri kita jadi gambarlah yang lengkap seperti pohon harus lengkap dari akar, batang, ranting, daun sampai ke buahnya. Lalu manusia seluruh anggota tubuhnya dan aksesoris yang ia kenakan harus sesuai dengan apa yang sedang dia kerjakan, juga kalian harus menuliskan siapa dia, umurnya berapa, apa yang sedang dia lakukan, sifat positif darinya dan sifat negatif darinya. 5. Boleh baca baca tentang soal psikotes, boleh juga liat liat gambar tentang psikotes agar kita tidak terlalu gelap pada saat tes. Tapi sebaiknya pahami polanya bukan meniru gambarnya. Saya yakin tes ini adalah untuk mengenali diri anda yang sebenarnya jadi gambarlah sesuai hati dan yang spontan ada dalam fikiran pada saat tes berlangsung. Dengan begitu diri anda yang sebenarnya akan muncul.

Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb. 7. Army Alpha Intelegence Test. Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya : konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Narator akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan! Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *