Pengalaman Psikotes Di Mandiri Tunas Finance

Hari ini aku tes psikotes di Mandiri tunas Finance untuk posisi Management Trainee (MT). Aku daftar MT ini waktu job fair di Karir Expo 2 november kemarin di Auditorium Amanagappa UNM. Simple banget sih saat daftar waktu itu. Cuma disuruh ketik di laptop yg disediakan oleh Mandiri Tunas Finance dg mengetikkan nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia, Alamat & nomor handphone. Baru 4 hari setelahnya udah dapat sms panggilan ikuti tes psikotes, Lokasinya di kampus UNM Makassar juga tapi di gedung Phinisi. Sesuai hari yang di tentukan Senin, 7 November 2016 aku datang di lantai 2, gedung phinisi UNM. Disana udah ada beberapa peserta yang mau ikut tes juga. Sebelum masuk ruangan di suruh absen dulu, cari nama & tanda tangan, terus di suruh ingat nomor urut absennya karena nanti setiap isi jawaban bakal di tulis serta dengan nomor tesnya. Udah tahu lah yah model2 tes psikotes itu kek gimana .

Tesnya tuh diantaranya disuruh cocokkin kata, numeric, terus ad jg disuruh hapal nama bunga, burung, perkakas, binatang & kesenian gitu selama 3 menit. Habis itu tes Pauli/koran. Nah ini nih tes yang selama ini aku penasaran, akhirnya dapat juga. Tes ini tuh isinya angka2 semua, pokonya se’halaman tuh full dengan angka. Tapi tugasnya gampang kok cuma jumlahin aja angkanya dari atas ke bawah. Tapi ingat harus kerja dengan cepat yah. Menurut aku yang dinilai dari poin ini tuh seberapa banyak yang kamu isi. Setelah itu disuruh nunggu pengumuman dulu sekitar 1 jam. Trus disuruh balik lagi cek nama2 yang lolos..nah yang lolos masuk ruangan lagi ikuti tes selanjutnya. Setelah berselang satu jam. Akupun kembali cek apa nama aku ada disitu ato enggak. Awalnya gak berani liat sih, Aku biarin orang2 dulu yg desak2an cek nama mereka. Tapi karena penasaran akhirnya aku jg maju & ternyata nama aku ada disana. 100 orang yg lolos 30-40’an doank. Saatnya ikuti tes selanjutnya. Ternyata masih berlanjut di tes psikotes juga. Padahal sebelum keluar rekrutmennya bilang tes FGD. Terdiri dari 8 kotak yang sudah disediakan polanya masing2. Setelah itu tes kepribadian. Gampang lah tinggal pilih doank mana yg sesuai kepribadian kita. Dan terakhir tes FGD atau Forum group discussion. Nah kelompok aku tuh ada 7 orang 4 cowok & 3 cewek. Di FGD ini kita di beri suatu masalah terus diselesaiin individu dulu baru secara kelompok. Setelah diskusi kelompok selesai, diberi isian biodata lagi yg harus diisi. Setwlah itu disuruh tunggu pengumumannya sekitar se jam juga. Dan akhirnya aku gak lolos tahap selanjutnya. Itu aja sih pengalaman aku teman2. Tahapnya tinggal 2 lagi yaitu interview user & medical check up. Tapi aku udah gugur.

Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus …

https://www.cermati.com › Artikel dan Tips › Karir

29 Apr 2019 –

Soal psikotes biasanya sering kita temui pada saat mengikuti tes ujian masuk perguruan tinggi atau pada saat kita akan melamar pekerjaan. Soal psikotes pada umumnya berupa tes logika, tes deret gambar, tes logika penalaran, soal aritmatika, tes mencocokan suatu gambar, dan yang lain sebagainya. Hampir semua calon karyawan yang akan di rekrut dipastikan wajib untuk mengikuti tes psikotes. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan atau skill seseorang yang nantinya akan mempengaruhi posisi kerjanya. Bahkan untuk menjadi karyawan suatu swalayan harus mengikuti tes psikotes ini. Terlebih lagi dengan pekerjaan yang menyangkut nyawa manusia seperti dokter, perawat, bidan, tentara, polisi, dan yang lainnya. Psikotes berasal dari kata physico yang berarti fisik dan test yang berarti sebuah ujian. Secara istilahnya, psikotes merupakan suatu metode untuk mengetahui hasil kontrol psikologi seseorang dengan menggunakan alat atau sistem khusus yang hanya dapat dijalankan oleh ahli di bidang psikotes dan sangat paham mengenai karakter seseorang. Hal itu bisa dilihat dari sisi inteligent (kecerdasan), attitude (sikap), personality (kepribadian) dan interest (ketertarikan).

Hot Air Balloon

Beberapa contoh soal psikotes pada umumnya terdapat komponen kata atau kalimat yang mempunyai point penting dalam penilaian karakter dan kepribadian seseorang. Psikotes sedikit agak lebih berbeda dengan tes potensi akademik atau biasa yang disingkat dengan TPA yang lebih cenderung melihat kecerdasan otak seseorang. Psikotes tidak demikian, sebab tes psikotes ini lebih melihat kepada bagaimana sikap seseorang memecahkan suatu permasalahan. Jadi jangan heran jika ada teman yang dulunya kurang pintar namun bisa lulus dalam tes psikotes ini. Sebelum mengerjakan contoh soal psikotes, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu tips dan cara jitu dalam mengerjakan soal-soal psikotes supaya kamu bisa lulus. 1. Istirahatkan badanmu sebelum mengerjakan soal psikotes. Ingat jangan pernah tidur larut malam atau bergadang. Pagi hari sebelum tes, usahakan makan terlebih dahulu agar otakmu mendapatkan suplai nutrisi sehingga bisa menjadi lebih fokus dan konsentrasi. 2. Biasakan sejak dini untuk melatih otak kamu untuk menjawab soal psikotes dengan banyak berlatih dari internet atau dari buku-buku yang sudah teruji kebenarannya. 3. Kalau perlu bertanya kepada teman yang pernah mengikuti ujian psikotes agar kita dapat mengetahui bagaimana gambaran tes tersebut. 4. Ketika kamu mengerjakan soal psikotes, baca dan dengarkan dengan seksamaperintah atau intruksi setiap soalnya. Jangan coba-coba mengabaikan perintah dalam soal. Karena ini akibatnya bisa fatal hehe. 5. Tulis nama kamu dengan jelas di kolom nama agar hasil tes tidak tertukar dengan peserta yang lainnya. Beberapa kejadian ada orang yang terlalu semangat sampai lupa untuk menulis namanya sendiri. 6. Selalu perhatikan waktu untuk mengerjakan soal psikotesnya. Jangan terlalu santai dan jangan pula terburu-buru.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *