Psikotes IST: Intelligence Structure Test

Ini nih ada lagi jenis psikotes yang lain. Namanya IST – Intelligence Structure Test. Gue dua kali nemu tes ini. Waktu psikotes di bank dan psikotes di sekolah internasional. Pokoknya kalo udah ketemu IST dijamin selesainya lama. Nggak begitu susah kok, yang penting konsentrasi aja. Umum banget, kira kira ada dua sampe tiga soal yang kurang umum. “Berapa panjang uang Rp 50.000,-? “Berapa diameter uang Rp 500,-? “Manakah dari pilihan kota di bawah ini yang letaknya paling Selatan? “Berapa rata-rata tinggi badan anak usia 10 tahun? Pas gue liat pertanyaan-pertanyaan itu gue yang, “seiseng-isengnya gue, nggak pernah sampe iseng ngukurin panjang duit gobanan.” Jadi gue jawab pertanyaan di atas pake jurus kira-kira dan jurus ‘kayaknya’. TPA SNMPTN, menganalogikan satu kata benda dengan kata benda lainnya. Di mata gue, tidak ada matematika yang gampang. Tapi ini lumayanlah bisa diatur. Kira kira yang nggak keisi 5 nomor. Ini contohnya, 5 nomor paling atas emang segampang itu, yang ke bawahnya lailaaah…die.

Ini juga ada di tes TPA SNMPTN. Bingung jelasinnya, pokoknya contohnya kayak di bawah. Terlemah gue setelah matematika. Susah banget gue tuh ngebayang-bayangin bangun ruang. Mikirnya lama. Lamaaaaa sekali, seringnya gagal. Untuk yang 2D disediain 5 pilihan jawaban. Nanti soalnya ada gambar satu bentuk yang udah dislice gitu, dipecah-pecah. Nah kalian bayangin kalo pecahan pecahan itu digabung bakal jadi bentuk utuhnya kayak gimana. Kalo yg 3D atau bangun ruang, dikasih gambar kubus. Tiap permukaannya dikasih gambar beda-beda sampe 5 pilihan jawaban. Jadi nanti di soal ada kubus yang harus kalian puter kanan, kiri, depan, belakang, tebalikin atas, bawah di dalam imajinasi kalian sendiri sampe nemu posisi yang cocok di pilihan jawaban yang disediakan. Gue selesai 4 nomor aja yang bisa dibayangin sebaik baiknya, sisanya asal pake feeling. Ini juga gampaaaang. Pokoknya sekreatif kalian aja jawabnya. Tuh contohnya kayak di bawah. Tes terakhir. Ada 5 kategori yang masing-masing terdiri dari 4-5 sub ketegori. Kalian harus hafalkan selama 3 menit. Tips: HAFALIN HURUF DEPANNYA AJA. Misal di kategori bunga ada melati, anggrek, soka, yasmin ngafalnya: Bunga – M.A.S.Y. “Yang huruf depannya -M- masuk kategori apa? Bodo amat kalimat tanyanya gue bikin sendiri. Lupa kalimat yang baik dan benarnya kayak gimana. Iya gitu doang dari awal sampe akhir pertanyaannya sama, cuma diganti huruf aja. Gampang lah yang penting konsentrasi. Tidur yang cukup. Paginya sarapan.

1. Kata yang berawalan huruf A termasuk dalam kategori….. Tips mengerjakan tes ini kuncinya satu yaitu ALPHABET. Dengan cara mendaftarnya menurut alphabet, nantinya akan terlintas sendiri termasuk jenis apakah abjad tersebut. Lebih sulit bukan ? Tes kraeplin/pauli atau sering juga disebut sebagai tes koran adalah tes perhitungan sederhana. Tugas anda hanya menjumlahkan deretan angka-angka (0-9) yang disusun secara vertikal. Tes kraeplin/pauli ini digunakan untuk mengukur karakter anda pada beberapa aspek seperti ketelitian, kecepatan, konsistensi, emosi dan juga daya tahan terhadap stres. Cara mengerjakan tes ini sangatlah sederhana yaitu anda jumlahkan dua angka yang saling berdekatan. Kemudian, hasil penjumlahan dua angka tersebut anda tulis disamping diantara kedua angka tersebut. Khusus untuk penjumlahan yang hasilnya 2 digit, hanya ditulis digit terakhirnya saja. 16 maka yang anda tulis hanya angka 6-nya saja. Lembar kerja kraeplin berupa kertas seukuran A4 atau F4, yang sudah terisi dengan deretan angka-angka di setiap lembarnya. Pada tes pauli, penjumlahan angka dilakukan dari atas ke bawah.

Kemudian setiap selang waktu beberapa menit, anda akan diinstruksikan oleh petugas psikotes untuk menggarisbawahi angka terakhir yang sudah anda jumlahkan. Setelah itu, segera anda lanjutkan lagi aktivitas penjumlahan yang sedang anda kerjakan. Tidak seperti tes kraeplin, lembar kerja tes pauli berupa kertas selebar koran yang sudah dipenuhi dengan deretan angka-angka. Dengan durasi waktu pengerjaan sekitar 60 menit, maka bisa saya pastikan bahwa anda akan sangat bosan dan lelah dengan tes yang satu ini. Mengerti dan berlatih dengan Contoh Soal Psikotes PDF Terbaru Gratis Download, jika ingin lolos tes. Tes wartegg ini terdiri dari 8 kotak yang memiliki pola yang berbeda-beda. Dari mulai titik sampai dengan garis lengkung. Adapun cara mengerjakannya adalah diharuskan untuk menggambar, dengan melanjutkan pola-pola yang sudah ada sesuai dengan kreatifitas anda. Pengerjaan tidak berdasarkan urutan, terserah anda mau mulai dari nomor berapapun terlebih dahulu. Jika anda sudah selesai menggambar seluruh kotak, silahkan nomori gambar dari yang pertama kali anda buat sampai dengan yang terakhir kali anda selesaikan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *