Psikotes Kerja Jenis Dan Karakteristiknya

Psikotes kerja memang sangat penting untuk calon karyawan, banyak perusahaan yang akan menerima pegawai melalui proses psikotes. Bagi seseorang yang tengah melamar pekerjaan, mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tes pekerjaan perlu dilakukan. Berbagai perusahaan menerapkan tes pelamar berbeda-beda namun yang biasanya diujikan pada tes tersebut adalah tes psikologi (psikotest), tes kemampuan (skill tes) dan interview (wawancara kerja). Urutan pengerjaan tes bisa jadi berbeda diberbagai perusahaan, soal ataupun pertanyaan yang diajukan juga sering kali berbeda namun memiliki satu maksud untuk mendapatkan kandidat karyawan yang sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan. Secara umum seleksi pegawai yang dilakukan kantor pada tahap awal dengan uji psikologi atau biasa disebut psikotes. Psikotes kerja bertujuan untuk mengetahui karakter si pelamar yang kemudian hasilnya akan dicocokan dengan karakter yang dibutuhkan pada perusahaan tersebut. Biasanya tidak ada gagal ataupun lulus dalam tes ini namun lebih melihat kecenderungan karakter seseorang untuk mengerjakan tugas yang akan diemban. Karakter yang dibutuhkan harus yang siap terhadap tantangan yang akan terjadi selama bekerja seperti bagi pelayanan pelayanan pelanggan, seseorang dengan karakter tangguh labih diutamakan karena akan mmpu menangani pelanggan.

Administrasi psikotes 3 slideshare - 웹Jika saat psikotes kerja ini ditemukan kemampuan yang melebihi kebutuhan biasanya pekerja tersebut dapat ditolak karena, memang kurang sesuai dengan pekerjaannya. Banyak kandidat yang berguguran pada tahap ini namun bukan karena kurang kemampuan untuk bekerja namun, Hasil PKN STAN 2019 kepribadiannya memang kurang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Bagi pelamar yang mengetahui cara mendapatkan pekerjaan yang disesuaikan kemampuan, sangat memahami bagaimana fungsi psikotes kerja ini. Psikotes menggunakan perangkat yang berbeda disetiap perusahaan namun, terdapat standarisasi psikologi yang baku untuk menentukan karakteristik seseorang dengan psikotes kerja ini. Untuk mengerjakan test ini sebenarnya tidaklah sulit namun, pengerjaan psikotest ini biasanya dibatasi oleh waktu untuk mengukur kecekatan anda. Setelah menjalani psikotest ini bagi kandidat yang lolos akan menjalani wawancara namun, tidak perlu khawatir karena tips wawancara kerja dapat membantu anda menghadapi tahapan interview kerja. Uji psikologi ini biasanya dibagi pada beberapa tes. Tes ini mengukur kemampuan pemahan anda secara verbal (kata-kata). Tes ini bisa merupakan lawan kata pada sebuah kalimat atau persamaan kata namun. Terdapat pula tes penalaran dari kalimat yang menyuguhkan pertanyaan. Ini merupakan tes dengan bentuk deret angka yang harus diisi. Memahami pola deret angkanya kemudian, isi deret angka yang dibutuhkan untuk melengkapi isiannya. Penggunaan batasan waktu dilakukan dalam tes ini. Tes ini dilakukan dengan cara menggambar namun, bukan kemampuan gambarnya yang akan dinilai. Melainkan para ahli psikologis akan membaca karakter anda lewat gambar tangan anda. Biasanya instruksi gambar diberikan dengan soal cerita yang kemudian akan kita gambarkan keadaan dan penanganan masalahnya. Contoh wartegg test akan membantu anda mengikuti test ini. Beberapa tahapan tes di atas diharapkan dapat membantu anda mengalami psikotes kerja yang akan dilakukan.

Tips psikotes slideshare - 웹Gambar 5 : Seperti huruf ‘T’ tapi miring.Ini mengukur bagaimana cara bertindak. Gambar 6 : Berupa garis horisontal & vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa. Gambar 7 : Berupa titik-titik melengkung.Ini menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan). Gambar 8 : Berupa lengkungan.Ini mengenai kehidupan sosial/hubungan sosial. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tes menggambar ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian kamu dari cara menggambar dan apa yang kamu gambar. Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian kamu.

Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Gambar orang disebut DAM (Draw a Man Test). Tes ini mengharuskan Anda untuk menggambar sesorang (bukan kartun, bukan sketsa), lalu dijelasin usianya brp, jenis kelamin, dan sedang ngapain. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Kalau disuruh gambar secara utuh sepertinya sudah pada tahu, jadi harus terlihat benar-benar manusia lengkap. Ada mata, hidung, mulut, telinga, alis, rambut, kaki, tangan, dsb. Posisi jg terserah, mau duduk, berdiri, berbaring, hadap kanan, hadap kiri. Yang penting, gambarlah sesuai JENIS KELAMIN Anda! Kalo Anda cowok, gambarlah seorang pemuda/pria/Anda sendiri dlm berapa tahun ke depan. Begitupula kalo Anda cewek. Gambarkan sosok dia yg terlihat BERPROFESI. Misalnya kalau menggambar seorang manajer, ya pakaiannya jas, kemeja, dasi, sepatu. Atau Atlet ya pakai singlet sambil bawa bola basket misal. Kalo petani, ya sambil bawa cangkul dan pake topi. Gambar Pohon biasanya ada instruksi dilarang menggambar pohon cemara, pisang, kelapa, dan umbi2an.. Satu lagi nih larangan (biasanya pengawas tidak memberitahukan).Jangan gambar BERINGIN! Bukan karena beringin itu mudah digambar, tapi lebih karena sifat beringin sudah dianggap sangat ideal untuk seseorang. Jadi kalo Anda gambar beringin, Anda hanya akan dianggap terlalu sempurna.. Gambarlah pohon2 berkambium alias berkayu, dan berbiji belah alias punya buah.. Contoh pohon yg biasa digambar yaitu pohon mangga, nangka, Apel, jambu, dll. Sama seperti orang, pohon jg harus digambar lengkap. Mulai dari dahan, batang, ranting, daun, akar, serta buah. Buat Anda yang bukan pelukis alias kagak bisa gambar, jangan khawatir.. Jelek bagusnya tak dilihat . Yg dilihat biasanya besar-kecil gambar, tarikan garis (tegas/tidak/patah-patah), letak gambar (kanan-kiri, atas-bawah, atau center). Terdiri dari banyak pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban. Tugas Anda hanya memilih satu dari 2 jawaban tersedia yg lebih menggambarkan Anda. Semua yg ada di rangkaian tahap II outputannya adalah gambaran Kepribadian dari subjek..

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *