Psikotes Umum Dilakukan Untuk Tes Kepribadian Seseorang

Jakarta – Psikotes umum dilakukan untuk tes kepribadian seseorang. Ada banyak jenis tes yang digunakan, mulai dari MBTI hingga media gambar. Berbicara soal kehidupan sosial manusia, ada banyak hal yang menarik untuk dibahas, salah satunya kepribadian. Kualitas hubungan antar manusia bisa menjadi lebih baik jika mengetahui sifat maupun kepribadian tiap individu. Jenis-jenis tes untuk mengetahui kepribadian seseorang umumnya dilakukan oleh psikolog berpengalaman. Tetapi ada juga tes-tes sederhana dan bisa dicari secara online seperti tes MBTI dan melalui media menebak berbagai macam gambar. Berbeda dengan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang agak kompleks, tes psikologi dengan gambar ini bisa ungkap kepribadian diri kamu dengan cara yang lebih sederhana. Berikut ini beberapa gambar yang bisa ungkap kepribadian dalam psikologi diri kamu. 1. Apa yang Kamu Lihat Dari Gambar Ini? Tes kepribadian dengan media gambar. Kamu yang melihat wujud ayam umumnya tidak berpikir seperti kebanyakan orang. Kamu yang sering berpikir out of the box ini kerap mengamati aspek positif dalam hidup.

Kamu juga merupakan orang yang sabar dan kompeten dalam bidang sains dan matematika. Diprediksi dapat sukses dalam karier terkait angka dan arsitektur. Kalau kamu melihat wanita berbibir merah dalam gambar tersebut, berarti kamu memiliki karakter yang kuat dan kepribadian ceria. Hidup selalu memberikan banyak kejutan dan tantangan, tetapi kamu dengan karakter ini dapat belajar dan berjuang untuk menghadapinya. Karakter ini terbilang lebih sukses di bidang sosial dan kreatif sehingga pekerjaan dalam desain komunikasi bisa dipertimbangkan. Lihat pria dalam gambar ini? Ternyata kamu jenius. Kamu dapat sukses dalam bidang yang dipilih karena kepintaran kamu dalam menemukan solusi serta tidak suka berkonsentrasi pada masalah. Kamu juga merupakan orang yang kreatif dan senang mengobservasi. Jadi, teruslah mengembangkan diri ya. 2. Apa yang Kamu Lihat dari Gambar Ini? Kalau lihat gambar ini kamu cenderung melihat foto yang mana? Jika kamu melihat sosok wanita dalam gambar ini artinya kamu adalah seorang yang romantis dan senang dikelilingi oleh teman dan keluarga. Akan tetapi seringkali juga ditemukan sifat naif. Sehingga orang dengan kepribadian ini perlu memperhitungkan sejumlah hal sebelum mengambil keputusan. Kamu adalah sosok yang ‘go with the flow’ dan mudah menemukan solusi dalam situasi apapun. Kamu juga dinilai sangat bijak dan senang belajar dari kesalahan.

Namun terkadang butuh lebih aktif untuk mengejar mimpi yang ingin diraih. Tampaknya kamu adalah seorang pemimpi. Orang seperti ini dapat memulai revolusi, walaupun terkadang ide-ide yang dilontarkan agak sedikit gila. Jangan berhenti bermimpi namun tetap realistis. 3. Apa yang Kamu Lihat dari Gambar Ini? Tes kepribadian sederhana dengan gambar tikus dan gajah. Jika fokus pertama kamu ke seekor tikus, keahlian kamu melihat sesuatu yang detail patut diacungi jempol. Senang melihat hal yang detail sehingga kamu bisa menemukan hal-hal kecil yang tidak diperhatikan orang lain. Dengan kemampuan serta bentuk kepribadian yang seperti ini, kamu cocok menjadi psikiater yang baik. Hampir semua orang akan tertuju dengan gambar gajah yang besar. Jika kamu juga demikian, berarti kamu baik dalam melihat sesuatu dalam gambar secara keseluruhan. Kepribadian ini cenderung baik dalam merencanakan sesuatu meski awalnya banyak diragukan orang. 4. Apa yang Kamu Lihat dari Gambar Ini? Foto lubang kunci ini bisa menggambarkan tes kepribadianmu. Kamu sepertinya orang yang optimis dan bisa dengan mudah menemukan solusi dari berbagai situasi yang sulit. Keinginan dan pribadi kamu juga sangat kuat. Ternyata kamu adalah seorang dengan kepribadian yang baik dan sensitif. Terkadang juga senang membesarkan masalah meskipun sebenarnya bisa diatasi dengan mulus. 5. Apa yang Kamu Lihat dari Gambar Ini? Tes kepribadian dengan pengamatan psikologis. Kalau kamu melihat dua buah sarung tinju, ini berarti kepribadianmu lebih kepada seseorang yang tidak bisa menampung ide dalam waktu yang lama. Jadi ketika terbesit ide, ingin langsung melontarkan dan melakukannya. Kebalikan dari sarung tinju. Kamu yang melihat tangan berotot biasa mengumpulkan energi dalam waktu lama. Kamu butuh waktu untuk berpikir dan menganalisa semua pilihan sebelum mengambil keputusan. Dari kelima tes kepribadian melalui gambar ini, mana yang paling mendekati sifatmu?

Siap Hadapi Tes Psikotes? Pelajari 3 Trik Rahasianya Disini

https://www.selipan.com › tips › sukses › 3-trik-rahasia-tes-psikotes

Jangan pernah ikuti apa kata orang ketika disuruh gambar orang, rumah, atau pohon saat tes psikotes! Baca dulu trik dan 12 contoh soal psikotes disini!

Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. 6. Draw A Man Test (DAM). Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, unuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb. 7. Army Alpha Intelegence Test.

Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya : konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Narator akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan! 8. Menggambar Pohon. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *