Recruitment (Tahap Berkas, Psikotes, Dan Interview HRD)

Sesuai dengan judul postingan ini, saya akan menceritakan tentang Kalbe recruitment yang saya ikuti. Awalnya saya tidak tertarik untuk melamar kerja karena rencana awal saya adalah apply scholarship ketika lulus apoteker nanti. Namun apa salahnya di coba.. Toh surat lamaran dan CV tinggal pakai yang lama, cuma tinggal ganti tanggal dan alamat yang dituju terus dikumpul ke bagian tata usaha farmasi, JUST SIMPLE RIGHT? Pengumuman siapa yang lolos dan lanjut ke tahap 2 seharusnya diumumkan tanggal 9-12 Mei, namun tanggal 8 Mei ketika sedang asyik-asyiknya diadakan ujian (asyikk dari hongkong!!) saya dihubungi oleh pihak kalbe bahwa saya lolos untuk tahap berkas.. Sempat melihat web “karir itb” ternyata ada sekitar 79 orang yang lulus tahap 1 (berkas). Selain dari itb, juga terdapat mahasiswa dari universitas lain yang mengikuti rekruitmen kalbe ini, seperti UNPAD, Univ. Sanata Dharma, dan Univ. H-1, entah kenapa saya tidak mempersiapkan/belajar tentang psikotes dan materi interview tetapi lebih ke kostum yang harus saya pakai apa dan bagaimana hahaha. Sekitar pukul 12 malam kostum sudah beres, satu jam sebelum tidur saya memanfaatkan waktu untuk belajar seputar interview dan psikotes (cukup lah ya, jangan banyak-banyak belajar..hehe).

Download Contoh Soal Psikotes 2020 Dan Jawabannya

https://rumus.co.id › contoh-soal-psikotes

28 Nov 2019 –

Selama 1 jam itu saya hanya mendapat sketsa gambar pohon dan orang dengan full body yang banyak ditanyakan di soal-soal psikotes. Kalau ada soal antonim, sinonim, deret hitung, verbal, etc..yang bisa saya lakukan cuma satu kata : pasrah, hahaha. Biasanya dilarang menggambar rumput, pohon pisang, dan pohon beringin (alasannya kurang tau sih, hehe), buatlah gambar pohon dengan lengkap dan detail.. Seperti sudah bisa ditebak oleh diri sendiri, saya sudan menjadwalkan bangun jam 6 tetapi tetap saja bangun jam 7 pagi. Buru-buru mandi dan fotokopi beberapa dokumen yang kemarin lupa di fotokopi (dasar.. Well, tibalah ujian psikotes. Part I : soal berjumlah 6 (kalau tidak salah) tentang visualisasi balok dempet. Waktunya cepat banget dan saya hanya menyelesaiakan 4 soal saja. Part III : kalimat logika. B S ?), soal ini juga tergolong mudah meskipun say tidak sempat mengisi semuanya karena waktu yang terbatas. Part V : Tes KRAEPLIN, sampai juring mata saya karena melihat angka-angka di lembar kertas berukuran A3 ini.

Tes ini baru pertama kali saya lihat dan kerjakan.. Tepat pukul 10 psikotes beres dan kita diminta untuk menunggu hasilnya 30 menit kemudian (tapi hasil baru keluar satu jam kemudian). Sekitar jam 11 pengumuman siapa yang lolos ditempel dan . 3 (tes kepribadian dan interview dengan HRD). Untuk tes kepribadian ada tiga jenis: pertama tes yang disebut DISC Personality Test. Intinya dalam selembar kertas carbon, akan ada beberapa belas box dan masing-masing box terdapat 4 pernyataan (dalam bahasa inggris dan indonesia). Kita harus memilih masing-masing 1 pernyataan yang paling sesuai dengan diri kita dan 1 pernyataan yang kurang sesuai. Tes kepribadian kedua adalah wartegg (ada sekitar 90 soal yang harus di isi) dan terakhir kita disuruh menggambar orang dengan full blody. Untung saja saya sudah belajar menggambar orang malam sebelumnya, saya menggambar dokter dengan memakai jas dan stetoskop sambil membawa tas (seperti pada gambar diatas). Karena memang dasar kurang persiapan, pensil dan penghapus saya-pun ketinggalan. Ternyata untuk pensil sudah disediakan dari pihak kalbe, syukurlah, hehe. Oh ya sebelum mengisi tes kepribadian, kami diminta mengisi formulir data diri sebanyak 4 lembar dan mengumpulkan CV serta lamaran kerja yang telah kami bawa. Bego-nya saya pas mengisi form tersebut, nama dosen yang seharusnya ditulis di kolom referensi malah saya tulis dengan nama orang tua saya dan saya tidak sempat menggantinya karena waktu pengisian yang terbatas. Setelah selesai, dilanjutkan dengan makan siang (snack dan lunch-nya disediakan oleh pihak kalbe farma, ini yang ditunggu-tunggu hohoho) sambil menunggu giliran di panggil untuk interview. Saya mendapat giliran interview dengan ibu Lia yang baikkk banget. Well, semuanya sudah beres tinggal menunggu pengumuman untuk interview dengan user.. Entah hasilnya bagaimana saya tidak berharap banyak :D. Semangat buat job seekers!

Pengertian Psikotes – Psikotes merupakan serangkaian tes yang dilakukan oleh psikolog, atas permintaan klien yang tujuannya adalah untuk mendeskripsikan secara utuh mengenai beberapa aspek psikologis seseorang, yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan klien. Tes itu diberikan sebagai alat ataupun sarana bagi seorang psikolog dalam memahami secara utuh, aspek psikologis individu agar dapat memberikan gambaran di setiap individu yang mengikuti tes itu sendiri. Keseluruhan dari proses tes itu dilakukan sesuai dengan standar pelayanan kode etik seorang psikolog. Sebenarnya psikotes ini bukanlah ujian maka tidak benar jika dikatakan tidak lulus ujian psikotes, karena yang dilakukan oleh seorang psikolog adalah meminta respon atas pernyataan atau pertanyaan yang diberikan kepada individu yang sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Pada orang yang bersangkutan. Respon itulah yang dijadikan indikator dalam memberi gambaran profile setiap individu, yang sudah mengikuti tes tersebut. Tujuan dari tes psikotes ini adalah untuk mengetahui kepribadian, yang belum diketahui pada diri seseorang. Karena untuk mengetahui sebuah kepribadian seseorang, akan sulit dilakukan baik ketika sedang wawancara atau kegiatan pengamatan yang lainnya.

Enduro, Mtb, Sol, Bike, Pilot, BeachDengan melaksanakan tes psikotes tersebut maka kepribadian seseorang akan menjadi lebih mudah diukur. Psychodynamic dari seseorang bisa lebih mudah diketahui, tentu dengan menggunakan jenis soal yang terbentuk dalam pelaksanaan tes psikotes tersebut. Tujuan dari tes psikotes ini adalah untuk mengetahui kondisi kejiwaan pada seseorang. Seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan atau tidak, pasti akan dengan mudah diketahui dari proses pelaksanaan tes psikotes. Psikotes adalah sebuah ujian tertulis yang biasanya hukumnya menjadi wajib bila dilakukan oleh pelamar yang berniat untuk menjadi tenaga kerja, di sebuah perusahaan. Psikotes sudah menjadi bagian dari proses perekrutan karyawan pada sebuah perusahaan. Pada umumnya proses rekrutmen di sebuah perusahaan akan diawali dengan membuat surat lamaran kerja, lalu mengikuti tes psikotes. Setelah itu calon karyawan akan menghadapi tes wawancara untuk lebih mematangkan dan mencocokan hasil psikotes tersebut. Beberapa psikotes akan berjalan dan saling berkaitan. Dari hasil psikotes tersebut maka dapat dilihat kinerja dan potensi tenaga kerja tersebut. Dari beberapa soal yang diberikan ketika ujian psikotes itu, maka dapat dilihat juga kepribadian seorang calon tenaga kerja pada saat ia menjawab pertanyaan atau jawabannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang di mana tepatnya dan juga tips tentang cara bekerja dengan Contoh Soal Psikotes yang Sering Diberikan Perusahaan, Anda dapat mengirim email kepada kami di situs internet kami sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *