[TERLENGKAP] 12 Contoh Soal Psikotes Dan Jawabannya + Tips Lulus!

Jakarta – Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memanggil tiga pemain baru untuk mengikuti pemusatan latihan. Mereka menggantikan tiga pemain sebelumnya yang dicoret. Skuat Garuda Muda menjalani training camp di Lapangan ABC Senayan, sejak Senin (7/1) lalu. TC sebagai persiapan untuk menghadapi tiga turnamen di tahun ini yaitu Piala AFF U-22 2019 yang akan digelar pada 17 Februari hingga 2 Maret 2019 di Kamboja. Lalu kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang akan digelar di Vietnam pada 22-26 Maret. Kemudian SEA Games di Filipina Desember mendatang. Indra Sjafri seperti dikutip dalam laman PSSI. Dengan masuknya tiga pemain tersebut komposisi skuat Timnas Indonesia U-22 masih berjumlah 35 orang karena tiga pemain yakni Egy Maulana, Saddil Ramdani, dan Ezra Walian belum bergabung. Indra memastikan bahwa penilaian tim pelatih terhadap pemain diambil secara komprehensif dengan mempertimbangkan segala aspek, untuk mendapatkan komposisi pemain terbaik untuk skuat. Bukan hanya dilihat dalam sesi latihan, para pemain proyeksi Timnas U-22 juga harus dipastikan sehat, serta diuji intelegensinya melalui psikotes. Rencananya, pelatih berdarah Minang ini akan mendaftarkan 40 nama pemain pada 27 Januari mendatang untuk event Piala AFF U-22.

Kotak 3 : Gambar 3 garis vertikal dari pendek, sedang dan tinggi : menunjukkan kemauan serta ambisi untuk maju dan memperbaiki diri. Kotak 4 : Gambar kotak hitam kecil yang terletak di sebelah kanan atas : menunjukkan bagaimana anda mengatasi sebuah kesulitan. Kotak 5 : Gambar huruf T miring di sudut kiri bawah, menunjukkan cara anda bertindak dalam pemecahan sebuah permasalahan. Kotak 6 : Gambar garis horisontal dan vertikal : menunjukkan cara anda berpikir dan menganalisa sebuah permasalahan. Kotak 7 : Gambar titik-titik melengkung : menunjukkan perasaan anda, apakah sudah stabil atau masih labil/kekanakan. Kotak 8 : Gambar garis melengkung, menunjukkan kehidupan sosial, hubungan sosial anda dengan orang lain. Berikut adalah beberapa contoh hasil tes wartegg yang bisa anda jadikan sebagai inspirasi ketika psikotes nanti. Jika anda kurang puas dengan pembahasan diatas, maka anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai tes wartegg ini di artikel 8 Tips Sukses Lulus Tes Wartegg. Pada tes ini anda diharuskan menggambar manusia, mendeskripsikan usia, jenis kelamin serta aktivitas orang yang anda gambarkan tersebut. Bagi anda yang kurang berbakat dalam menggambar, jangan khawatir terlebih dahulu.

Karena yang dinilai dalam tes ini bukanlah keindahan gambar. Gambarlah manusia sesuai dengan jenis kelamin anda. Jika anda pria, maka gambarlah seorang pria, begitupun sebaliknya. Gambarlah manusia secara utuh dan lengkap. Dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki. Selain itu, gambar anda juga harus memperlihatkan bagian-bagian tubuh utama seperti muka, telinga, hidung, mulut, tangan, jari tangan sampai dengan kaki. Sedikit tips bagi muslim yang tidak diperbolehkan menggambar makhluk bernyawa yaitu silahkan anda lewatkan bagian mata. Berdasarkan pengalaman pribadi, kurang lebih 5 atau 6 kali saya mengerjakan psikotes dan semuanya alhamdulillah lolos meskipun dalam tes ini saya tidak menggambar mata. Gambarlah manusia sesuai dengan jenis profesi yang anda inginkan. Jika anda menggambar seorang polisi, maka anda harus menggambar polisi lengkap dengan pakaian dinasnya dan aksesoris lainnya. Berikan juga sentuhan ekspresi pada wajahnya seperti wajah bahagia dengan menampilkan senyum. Karena anda diinstruksikan untuk menggambar manusia dengan aktivitasnya juga. Jika anda menggambar seorang polisi lalu lintas misalnya, maka anda bisa menggambar polantas tersebut sedang mengatur lalu lintas di jalan. Dalam tes ini anda ditugaskan untuk menggambar sebuah pohon di selembar kertas berukuran A4 dengan waktu yang telah ditentukan oleh penguji.

Beberapa ketentuan dalam tes ini yaitu anda tidak boleh menggambar pohon kelapa atau tumbuhan kecil, harus pohon yang memiliki ranting. Bukan bagus atau tidaknya gambar yang akan dinilai oleh penguji, melainkan karakteristik yang ada di dalam gambar yang bisa mengungkap karakter dan kepribadian anda sebenarnya. Gambarlah sebuah pohon yang memiliki komponen lengkap dari mulai akar, batang, ranting, daun, bunga sampai dengan buah. Jangan menggambar pohon yang tidak bercabang seperti padi, tebu, pisang, kelapa dan lain sebagainya. Gambarlah pohon dengan proporsional. Bagian pohon yang memang kecil, anda gambar kecil dan bagian yang besar anda gambar besar. Berilah nama dari pohon yang sudah anda gambar, tuliskan nama tersebut di bawah gambar pohon. Gambarlah sesuai dengan kemampuan anda, yang penting lengkap, detail dan proporsional. Tes House Tree Person atau biasa disingkat dengan HTP merupakan salah satu psikotes yang dikembangkan oleh John Buck pada tahun 1948. John meyakini bahwa gambar seseorang dapat mewakili karakter kepribadiannya.

Dalam tes ini, anda ditugaskan untuk menggambar sebuah rumah, pohon dan manusia dalam satu kesatuan ruang. Atap rumah mencerminkan fantasi. Jika atap menjadi poin perhatian anda, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang terlalu memperhatikan fantasi dalam kehidupan anda. Garis dan dinding mencerminkan ego. Garis dan dinding yang tebal akan mencerminkan bahwa anda memiliki kecemasan yang berlebihan. Sedangkan garis dan dinding yang terlalu tipis dan samar mencerminkan bahwa anda memiliki ego yang lemah. Pintu dan jendela mencerminkan keterbukaan. Menggambar pintu dan jendela yang tertutup mencerminkan bahwa anda pribadi yang tertutup dan kurang suka untuk berinteraksi dengan orang lain maupun lingkungan sekitar. Jika anda menggambar sebaliknya, pintu dan jendela yang terbuka, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang terbuka dan suka berinteraksi. Tanah mencerminkan penerimaan. Menggambar tanah yang merupakan fondasi bangunan akan mencerminkan anda sebagai orang yang dapat menerima kenyataan hidup dengan baik. Tes army alpha intelegence merupakan tes yang terdiri dari soal berisi kombinasi deretan angka dan bentuk. Soal sebelum dan setelahnya kadang memiliki keterkaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *