[TERLENGKAP] 12 Contoh Soal Psikotes Dan Jawabannya + Tips Lulus!

persiapan psikotes

Kuncinya yakinlah Anda bisa mengerjakan pekerjaan tersebut serta tenang dalam mengerjakannya. Meski begitu, Anda tetap bisa mengenali berbagai jenis psikotes yang biasanya diberikan agar tidak kaget dan lebih tenang saat harus mengerjakannya. Kotak 7: Titik kurva Menunjukkan garis yang tidak dapat diproses secara sembarangan, harus diperlakukan dengan hati-hati. Sebelum mengetahui tentang tips sukses lolos tes wartegg, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui dahulu pengertian secara detail tes wartegg tersebut. Menanggapi hal ini, Hipwee Sukses akan berbagi informasi dan trik untuk menghadapi dan menyelesaikan psikotes dengan mudah. Dalam mengerjakan tes psikotes wartegg ini, sebaiknya siapkan pula alat tulis yang memadai. Berikut ini adalah beberapa contoh soal psikotes, serta tips dan trik, serta jawabannya terbaru yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes. Artikel ini akan membahas 5 contoh soal psikotes, kiat sukses, dan kunci jawaban menghadapi tes psikotes saat melamar kerja. Karena di dalam soal deret angka yang panjang, 3 sampai 5 angka yang kamu lihat tidak menjamin bisa memberi jawaban dengan benar. Boleh menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar seperti pada tes menggambar pohon, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Selain mempersiapkan mental sukses Anda pun harus siap dengan hasil lain.

Adapun Psikotes selalu selingkupi tes mental peserta seperti kemampuan intelegensia, neurologis, dan kepribadian serta wawasan umum yang berbasis logika. Tujuan tes ini diantaranya untuk melihat kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang dinilai dari gambar yang dibuatnya. Terlebih bila pengerjaan tes tersebut selesai sebelum waktunya, maka para penguji pun bisa memberikan nilai plus untuk Anda. Dengan sampel perilaku, lantas dilakukan pengamatan dari individu yang dites, dan kemudian akan diketahui hasilnya, yang hasil tersebut lantas dijadikan nilai pada ujian. Pada soal ada kata ‘Panas’ dan ‘Dingin’ yang memiliki hubungan antonim atau lawan kata. Dari pilihan jawaban yang ada, maka yang memiliki hubungan yang sama ialah B. Sebab, pada olah raga bulutangkis, salah satu penghargaan atau piala yang ada dalam pertandingan ialah Piala Sudirman. Sebab, kamu tinggal mencari kata yang memiliki hubungan antonim pada pilihan jawaban. Jika Anda belum siap untuk mengerjakan tesnya, maka bisa mencari referensi lain lewat browsing atau buku-buku psikologi yang berhubungan dengan hal tersebut.

Jenis-jenis analogi verbal itu yakni mencari sinonim, antonim, dan kelompok padanan kata yang tepat. Contoh soal psikotes verbal ini berguna untuk mengukur sejauh mana seseorang bisa memahami perihal yang dibicarakan. Kotak 3: Baris ketiga mengisyaratkan tentang kemauan dan tekad untuk selalu memperbaiki diri serta memiliki ambisi yang besar. Karena dari gambar yang tidak biasanya tersebut penguji akan menilai Anda sebagai seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan baik serta memiliki pengetahuan yang luas. Karena itu, sebisa mungkin Anda harus bisa meminimalisir kesalahan karena terlalu sering menggunakan penghapus. Pada umumnya ada 7 jenis soal psikotes yang harus kamu kerjakan. Pada soal ada dua kata, yakni ‘Film” dan ‘Oscar.’ Hubungan keduanya ialah antara objek yang dinilai dengan nama penghargaannya. Sama halnya dengan menggambar manusia, pada tes ini bukan dinilai dari keindahannya melainkan penguji akan melihat karakter dan kepribadian Anda. Jika fokus pertama kamu ke seekor tikus, keahlian kamu melihat sesuatu yang detail patut diacungi jempol. Lakukan hal ini pertama kali setelah kamu membaca doa. Jadi, tes wartegg ini bukan diambil dari warung makan yang ada di Indonesia yang dikenal dengan “warung tegal”, oke?

Lalu, padanan kata yang harus kamu cari ialah ‘makan.’ Secara logika, kalau kamu makan karena merasa lapar. 1. Jangan langsung kerjakan, tetapi mulailah dengan melihat dan membaca secara sekilas apa saja poin-poin yang harus dikerjakan, jenis-jenis tesnya, berapa banyak soalnya, dan berapa lama waktu yang disediakan. Uji kemampuan dan kecepatan Anda dalam mengerjakan setiap soal dalam periode waktu tertentu. Admin sarankan sobat baca artikel Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal, karena pasti akan bermanfaat juga buat sobat. Kuncinya jangan dikerjakan terlalu acak karena bisa menunjukkan diri Anda yang terlalu inovatif, kreatif, serta cenderung arogan ketika menghadapi sesuatu. Oleh karena itu, yakinlah pada diri sendiri dan isi sesuai dengan apa yang ada di pikiranmu. Namun, kenyatannya tidak demikian karena test wartegg ini hasil temuan dari Ehrig Wartegg seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Gak ada tips khusus supaya kamu bisa mengerjakan soal ini. Contoh soal CPNS tersebut hanya sebagian kecil dari ebook soal-soal CPNS yang pernah saya baca.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *