Tes Mutasi PNS (Psikotes)

Tes Mutasi PNS yang saya lalui terdiri dari Psikotes, Wawancara dan MMPI. Psikotes dan wawancara dilaksanakan di hari pertama, memakan waktu dari pagi pukul. 08.00-14.00 jika mendapat nomor urut pertama seperti saya , jika tidak waktu yang ditempuh lebih lama. Psikotes untuk mutasi tidak berbeda dengan psikotes lain yang mungkin pernah anda ikuti saat melamar kerja. Kebetulan team pengujinya berasal dari UI yang contoh soalnya banyak ditemukan di internet untuk latihan kita bukan berarti semua soalnya sama persis. Tes ini sebenarnya mudah karena kami hanya diminta untuk menjumlahkan deret angka satuan 1-9 yang berdekatan kemudian menuliskan jawabannya di antara kedua angka tersebut. Namun yang menjadi masalah adalah jumlah deretan angka yang diberikan sangat banyak yaitu sebesar lembaran koran sedangkan durasi waktunya terbatas 10-15 menit. “Tes Koran” ini menuntut konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosi dan daya tahan yang prima. Bertujuan untuk menilai sikap seseorang terhadap ketahanan, tekanan, ketelitian, konsistensi dan kecepatan waktu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Semakin banyak kesalahan yang anda buat, menunjukkan anda orang yang tidak teliti, tidak cermat, tidak hati-hati dan kurang memiliki daya tahan yang cukup terhadap stres atau tekanan pekerjaan.

Tips : Jangan tergoda ingin menyelesaikan penjumlahan sebanyak mungkin pada 1 barissehingga mengurangi waktu penyelesaian penjumlahan pada baris selanjutnya, jika sudah diminta pindah baris segera lakukan. Usahakan banyaknya penjumlahan yang terselesaikan tetap stabil sehingga apabila ditarik garis grafik yang dihasilkan tidak turun. Banyak berlatih atau hafalkan penjumlahan sehingga tidak membutuhkan waktu untuk berpikir. Tes ini terdiri atas 5 jenis soal yaitu tes seri gambar, identifikasi gambar, hubungan gambar, bayangan gambar dan pengelompokan gambar baik 2 maupun 3 dimensi. 6 menit. Disediakan 5 pilihan jawaban berupa gambar sebagai jawaban. Bertujuan untuk menilai kemapuan seseorang dalam memahami pola-pola /kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut. Tips : Konsentrasi, teliti dan amati secara seksama coba bayangkan apabila gambar diputar searah jarum jam maupun berlawanan jarum jam, refleksikan, tambahkan, hapus atau pindahkan posisi elemen yang ada pada gambar . Pada tes ini kami diberikan 5 pilihan jawaban a b c d e yang masing-masing terdiri dari 1 kata.

Kami diminta untuk memilih 2 kata yang memiliki persamaan/lawan kata. Lama waktu kurang lebih 5 menit. Bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tips : Jeli dan Perbanyak perbendaharaan kata yang anda miliki namun jangan terpaku hanya menyelesaikan 1 soal hingga menghabiskan waktu. Kami diminta untuk menyelesaikan soal matematika dengan cepat seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb. Lama waktu kurang lebih 7 menit, tujuannya untuk mengukur kemampuan seseorang menguasai pikirannya dan ketelitian. Tips : konsentrasi dan sering berlatih. Tes ini menanyakan apa yang akan Anda lakukan pada suatu keadaan. 2 pilihan jawaban. Tugas Kami hanya diminta memilih satu dari 2 pilihan jawaban tersedia yg lebih menggambarkan diri Anda, jumlah soal rata – rata 250 soal. Tidak ada batas waktu pengerjaan, tujuannya untuk mengukur kepribadian seseorang. Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII)sesuai keinginan.

Kami diminta memberikan nomor urut penyelesaian gambar pada setiap gambar yang sudah diselesaikan. Selanjutnya kami juga diminta menuliskan gambar apa yg kita buat, gambar mana yg paling susah, gambar yang paling mudah, gambar yg paling disukai, dan gambar yang paling tidak disukai. Lama waktu tidak dibatasi tetapi jangan terlalu lama menyelesaikannya karena soal lain masih banyak. Tujuan tes tersebut untuk mengetahui kepribadian seseorang. Kami diberi 1 lembar kertas kosong dan diminta untuk menggambar manusia dengan anggota tubuh yang lengkap. Setelah itu Kami diminta untuk menuliskan jenis kelaminnya apa, usianya berapa, aktivitas apa yang sedang dilakukan, dan apa cita-citanya. Lama waktu tidak dibatasi, tujuannya untuk mengetahui keperibadian seseorang dari gambar tersebut. Tips : Gambar sesuai jenis kelamin anda dan gambarlah orang yang sedang melakukan aktivitas. Sama dengan tes draw a man Kami diberi 1 lembar kertas kosong dan diminta untuk menggambar pohon berkambium. Kami juga diminta untuk menuliskan nama pohon yang digambar. Lama waktu tidak dibatasi, tujuannya untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dari sosok gambar pohon yang diberikan. Penilaian ini dapat diketahui dari aspek, antara lain dengan menginterpretasikan bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan aspek-aspek penilaian yang lain.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *