Tips Dan Trik Psikotes

Berikut ini ada beberapa tip dan trik untuk menjalankan psikotest.. 1. Percaya pada kemampuan sendiri, tidak usah melihat orang lain.. Perhitungan psikotest hampir tidak pernah diberi tahu, apakah sistem minus, atau sistem lain. 2. Jujur, terutama bagian EPPS, cobalah untuk jujur dan spontan.. Tidak jujur pun akan ketahuan, terlihat dari ketidakkonsistenan dlm menjawab. 3. Tenang, SANGAT DIBUTUHKAN! Terutama untuk bagian Pauli/Kraeplien! 4. Konsentrasi, terutama di bagian deret gambar, atau kubus yg dibolak balik. 5. Dengarkan baik-baik ucapan pengarah test.Untuk mengetahui cara mengisi di lembar jawaban(apakah dibuletin, disilang, atau cuma dicoret). Nomor Test harap DIINGAT!). 7. Psikotest ini waktunya terbatas dan biasanya lama waktu tidak disebutkan. Jadi jangan sok jadi ‘Smart Guy’ di tiap nomor soal hanya karena penasaran. Do it faster, cari yang lebih gampang dulu! Oke,kita lanjutkan, Seperti apa soal-soalnya? Biasanya psikotest terdiri atas 2 tahap(AI, AGIT).. Dan berlaku sistem gugur. Tapi tergantung perusahaan/ instansi yg bersangkutan. Kadang ada yg per test langsung sistem gugur(BII). Bentuk soal juga berbeda-beda.

BINA DAYA SINEKTIKA Konsultan Manajemen dan Psikologi Head Office Pondok Cipta Mas A3 No.17-19 Kherkoff Leuwigajah Kota Cimahi Telp. 022-6673165, 86692095 Branch Office Komp. PPTM C-6 Jl. Pesantren Cibabat Cimahi Telp. 022-6612261 IG:biropsikologi.bds FB: Bina Daya Sinektika Email sinektika@yahoo.com #binadayasinektika #biropsikologi #biropsikologicimahi #psikologipendidikan #psikologiperkembangan #psikologianakdanremaja #psikologiklinis #psikologiindustriorganisasi #psikologiislam #psikotes #infocimahi #infobandung #infojabarBiasanya soal-soal yg dibeli/kerjasama dengan pihak lain(misal IT Telkom dari Unpad), soal-soalnya standar dan lebih mudah.. Tapi untuk soal buatan HRD setiap perusahaannya, biasanya tragis! Deret angka di AI contohnya, dari 20 soal yg ada, rata-rata yg kerjakan cuma 8-9 nomor(hasil interview beberapa orang sesama jobseeker AI ). Well, tapi sulit atau gampang bisa dilatih, dan itu jadi tanggung jawab sendiri untuk mengatasinya.. Yang penting jangan nyontek! 1. Buat NewBi (Belum pernah ikut psikotes ), bisa juga dengan mengenali terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam psikotest.. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu. Biasanya berupa deret angka, serta hitungan sederhana. Seri berikutnya adalah ? Pak Eppi beli baju 25ribu, diskon 25% untuk setiap pembelian kedua, dan tidak berlaku kelipatannya.. Pak Amin beli 3 baju, berapa total uang yg ia keluarkan.. Bentuknya bermacam. Ada soal pilihan ganda, sejenis teka teki silang, atau isian singkat. Tujuannya cuma ingin test kemampuan dasar, mungkin untuk menilai orang ini gaul apa autis..

Biasanya di test CPNS pasti keluar, bahkan di bagian perbankan, ada test pengetahuan perbankan (kata temen). Terdiri dari banyak kata dlm bentuk sinonim/antonim/analog kata. Mana yg salah diantara kata berikut : Busway, Bis, Angkot, Taksi, Truk? Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemampuan anda dalam memahami pola-pola/ kecenderungan tertentu dari gambar. Biasanya berkaitan dengan daya abstraksi dalam memecahkan masalah. Keseluruhan tahap I biasanya yang jadi outputan adalah besar IQ Anda.. Misal perusahaan membutuhkan IQ minimal 110, maka yg keterima ke tahap berikutnya ya yang IQ-nya 110 ke atas. Cara mengerjakannya cukup mudah.Tinggal menjumlahkan 2 angka yg berdekatan lalu menuliskan hasilnya di sebelah kanan atau kiri. Untuk hasil puluhan, yg ditulis hanya satuannya saja.Kalau Pauli isi mulai dari ujung kiri, dari atas ke bawah. Jumlah angka lebih banyak, bolak balik. Instruksinya hanya menjumlah dari atas ke bawah, sampai terdengar bunyi “GARIS” lalu dilanjutkan lagi. Berbeda dengan Kraeplien, dimulai sama-sama dari ujung kiri, cuma dari bawah ke atas.

Dan ini dibatasi waktu yg sepertinya hanya 10-20 detik, setelah itu langsung ganti kolom.. Nah, inti dari test koran ini, baik Pauli maupun Kraeplien, adalah melihat grafik hasil hitungan, sebagai kemampuan Anda bekerja di bawah tekanan, kebenaran dalam menjumlah, sbg tingkat ketelitian selama kerja, kecepatan kerja, juga banyaknya pekerjaan yg dihasilkan. Kalo Kraeplien biasanya cuma ada 4 hasil yang mungkin.. Yang kalau ditransformasikan ke dalam grafik akan membentuk grafik-grafik di bawah ini. Grafik ini yg biasanya menjadi kesimpulan tentang produktivitas, dan ketahanan kerja seseorang.. Grafik ini terbentuk dari lajur-lajur hasil penjumlahan ke atas dari kiri ke kanan. Ini disebut test Wartegg (baca: Warteg pake g-nya dua). Terdiri dari 8 potongan gambar yang selalu sama di setiap psikotest. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual, dan aktifitas subjek. Banyak pendapat tentang test inih.. Ada yang bilang kalau setiap 4 kotak berarti makhluk hidup, 4 kotak lain benda mati. Ada juga yang bilang kalo setiap kotak punya makna masing-masing, contoh kotak 5, bagi cowok jangan digambar di urutan pertama, karena artinya tentang orientasi seks Anda.

Pendapat lain menyebutkan, jika Anda menggambar terurut dari nomor 1 sampe 8, Anda akan dicap kaku dan tidak kreatif. Nah untuk test Wartegg ini, saya menggunakan pendapat yg satu ini. Jadi ada 8 kotak. Kalau Anda berjenis kelamin laki-laki, gambarlah terlebih dahulu untuk 4 urutan pertama, potongan gambar ber’garis’ atau kotak! Misalnya gambar pisau, komputer, mobil, pistol, dll. Empat gambar lainnya yg melengkung atau bulat, urutkan di 5678 (urutan bebas), dengan gambar melankolis, atau berbau cewek. Misal gambar bunga, bulan, perhiasan, boneka, payung, dsb. WARTEGG : Untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Pernah ikut psikotes dan disuruh gambar atau melengkapi gambar dengan delapan kotak? Ini disebut Wartegg Test (bukan warung tegal). Dalam Wartegg Test, kamu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut. Gambar 1 : Berupa titik ditengah kotak.Ini menyangkut hal yang berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dalam lingkungan. Ini menunjukkan fleksibilitas perasaan. Gambar 3 : Berupa 3 garis horisontal dari pendek, sedang tinggi sejajar.Ini mengukur hasrat untuk maju/ambisi. Gambar 4 : Berupa kotak kecil di sebelah kanan.Ini mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *