Tips Lancar Mengerjakan Psikotes

Digital Mark Reader - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasPsikotes merupakan salah satu proses seleksi yang harus dilewati pencari kerja untuk mendapatkan posisi yang dilamarnya. Fase ini membuat mereka merasa perlu mencari cara agar lulus psikotes dan melanjutkan proses rekrutmen sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Mengerjakan soal psikotes bisa dibilang gampang-gampang susah. Pola pertanyaannya dirancang untuk mengetahui kepribadian calon pegawai. Maka dari itu, banyak perusahaan yang menggunakan psikotes untuk menemukan calon pegawai yang sesuai untuk perusahaan. Walaupun tes psikotes terlihat sepele, nyatanya tes ini bisa membuat pelamar kerja pusing. Ada baiknya ikuti beberapa tips berikut sebelum menghadapi psikotes. Segera setelah Anda menerima lembar soal, luangkan setidaknya beberapa saat untuk mengeceknya, antara lain jumlah soal, jumlah opsi jawaban, jenis pertanyaan yang diuji, maupun cara menjawab, dan sebagainya. Umumnya, tes psikologi akan menjadi campuran dari berbagai jenis pertanyaan. Sebagai contoh, tes mungkin mencakup sejumlah pertanyaan pilihan ganda, benar-salah, tes menggambar, maupun pertanyaan gaya esai. Memahami format tes akan memberi Anda ide yang lebih baik dalam manajemen waktu. Jika dapat menebak jawaban pertanyaan tanpa harus melihat pilihan, maka bisa dianggap jawaban Anda benar.

Tes SeriKetika Anda melihat pilihan mirip dengan jawaban yang telah Anda duga, itulah jawaban yang benar. Jawablah pertanyaan yang Anda yakini lalu kembalilah dan jawab pertanyaan yang masih Anda bimbang saat pertama kali membacanya. Melanjutkan mengerjakan soal dan tidak berhenti pada satu pertanyaan dapat membuat ingatan Anda tetap berjalan. Sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan tentang topik terkait dan tidak kehabisan waktu. Jawab pertanyaan yang paling Anda yakini terlebih dahulu. Jika memungkinkan, jawablah pertanyaan yang sangat diyakini. Sementara biarkan dulu kosong dan tandai pertanyaan yang sulit dijawab untuk dikerjakan nanti. Namun tidak berlaku dengan tes yang menggunakan komputer karena tidak memungkinkan untuk kembali pada pertanyaan yang belum dijawab. Sehingga pilih jawaban yang paling mendekati dan logis. Persempit pilihan Anda dengan mengesampingkan jawaban yang tampaknya tidak cocok dengan alur pertanyaan. Pilihlah jawaban yang diyakini benar, masuk akal, dan sesuai dengan karakteristik posisi yang dilamar sehingga kemungkinan besar jawaban yang dipilih adalah jawaban yang tepat. Jika dapat mencoret-coret kertas ujian, gunakan itu sebagai keuntungan. Coret pilihan yang mengecoh atau yang jelas salah. Cara itu dapat mempersempit opsi menjadi dua atau tiga, dari empat dan/atau lima pilihan jawaban yang tersedia. Mengeliminasi jawaban salah dapat memperbesar peluang memilih jawaban yang tepat sehingga Anda lancar mengerjakan psikotes. Cobalah untuk mengidentifikasi inti dari pilihan dengan memilih satu atau dua kata atau frasa kunci. Tidak perlu tergesa-gesa untuk menyelesaikan psikotes dan tak perlu khawatir orang lain selesai lebih dulu. Jika jawaban yang diterka muncul, mungkin saja itu benar sehingga tak perlu mengubahnya. Namun jika terjebak pada pertanyaan, luangkan waktu untuk memikirkan baik-baik, gunakan pertanyaan lain untuk mencoba membantu menjawabnya. Jangan merasa tergesa-gesa dan tak usah khawatir bahwa orang lain mungkin selesai lebih dulu. Salah satu tips agar lancar mengerjakan psikotes adalah memaksimalkan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal dengan tetap tenang.

Sehingga Anda tidak diperbolehkan menggambar pohon diluar kriteria di atas seperti bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monokotil lainnya. 1. Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah penulis lalui , pohon yang digambar adalah pohon nangka. Karena pohon tersebut memenuhi kriteria seperti tanaman dicotyl / berkambium, bercabang dan berbuah. 2. Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detail dan rinci setiap komponen dari bagian-bagian pohon seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. 3. Agara hasil tes ini lebih maksimal, berusahalah untuk memotret pohon tersebut kemudian pelajari karakter jenis pohonnya, terakhir latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada potret pohon tersebut tersebut. Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri dan pribadi anda. Tes ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang dalalm kehidupannya. 1. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan diri.

2. Secara keseluruhan, tes jenis EPPS ini memang paling sulit untuk disiasati, namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang dapat disiasati untuk disesuaikan dengan proses seleksi menjadi prajurit TNI. 3. Karena sulitnya proses menyiasati tes ini, jalan paling praktis adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal. Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang paling baik. Oleh karena itu lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik tingkah laku maupun kemampuan anda, di setiap jenis psikotes yang akan dihadapi. Pastikan sehari sebelum tes Anda beristirahat dengan cukup karena jika kita kurang tidur maka tingkat konsentrasi kita akan menurun drastis. Disamping itu rasa kantuk akan menganggu pelaksanaan psikotes.Jadi jangan begadang saat akan menghadapi tes. Anda tidak perlu belajar layaknya menghadapi ujian nasional atau semacamnya, karena psikotes bukan ujian yang harus mendapatkan nilai bagus. Psikotes digunakan sebagai referensi untuk menilai apakah peserta memiliki kondisi kejiwaan yang memadai dan memang pantas diterima dan lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Usahakan untuk datang dilokasi tempat pelaksanaan psikotes lebih awal paling tidak 15 menit sebelum dimulai, supaya Anda bisa melakukan berbagai persiapan lainnya.

Selain itu apabila Anda terlambat maka akan menjadi nilai negatif bagi Anda. Usahakan makan secukupnya di pagi hari karena psikotes berjalan cukup panjang dan biasanya akan ada sesi istirahat dimana Anda bisa makan/minum jika diperlukan. Tentunya Anda tidak mau apabila tiba-tiba ditengah mengerjakan soal psikotes terganggu gara-gara perut bermasalah. “Posisi menentukan prestasi”….Bukan maksud untuk mencari celah dari pengawas untuk berbuat curang namun perlu dipastikan bahwa posisi Anda benar-benar nyaman dan tidak ada sesuatu hal yang berpotensi menggangu jalannya tes. Pastikan Anda mendapatkan tempat duduk yang cukup nyaman. Tempat duduk harus nyaman dan tidak boleh menjadi penghalang atau menganggu konsentrasi. Selain itu usahakan posisinya jangan terlalu dekat dengan AC atau terkena semprotan angin AC jika Anda memang tidak tahan dingin. Pastikan semua kebutuhan psikotes terutama alat tulis sudah lengkap Anda miliki. Jangan sampai ditengah-tengah sesi psikotest kamu kehabisan tinta pulpen atau ketinggalan penghapus dan lain sebagainya. Hal ini tentu menghambat tes yang sedang Anda kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *