Tips Psikotes Menggambar Manusia

Saya ingin berbagi tips untuk menghadapi tes menggambar manusia. Tes mengambar manusia ini biasanya dikenal dengan nama Draw a Person (DAP) yang mempunyai definisi sebagai salah satu bentuk tes-tes psikologi yang sering kita jumpai di saat proses assessment psikologi. Sebelum kita masuk dalam pokok bahasan sebaiknya yang Anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa tes menggambar manusia ini bukan lah untuk mengukur kemampuan menggambar Anda tetapi si penguji ingin melihat kepribadian Anda dari gambar yang Anda buat. Tes DAP ini dulu dikembangkan oleh machover pada tahun 1949 yang bertujuan untuk mengukur kepribadian seseorang. Machover mengembangkan sejumlah hipotesis berdasarkan observasi klinis dan penilaian intuitif, misalnya: ukuran gambar berkaitan dengan tingkat esteem, penempatan gambar dalam kertas merefleksikan suasana hati dan orientasi sosial seseorang. Bagaimana cara menghadapi tes menggambar manusia? Pertama, Anda harus tahu terlebih dahulu pekerjaan apa yang sedang Anda lamar. Contohnya: jika Anda melamar menjadi seorang engineer maka gambar lah seorang engineer yang sedang bekerja atau jika sedang melamar pekerjaan nya nanti di kantor maka sebaiknya Anda menggambar orang yang sedang berangkat kerja ke kantor.

Yang Kedua, Anda perlu berhati-hati sebelum menggambar. Jika tidak ada perintah untuk menggambar manusia dengan jenis kelamin tertentu maka gambar lah manusia dengan jenis kelamin yang sama seperti Anda. Gambarlah manusia tersebut serealistis mungkin, bukan gambar kartun ataupun karikatur Anda. Usahakan gambar yang Anda buat tidak hanya berdiri, tetapi dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Contohnya: orang yang sedang berjalan pergi ke kantor. Diamping itu gambarlah gambar tersebut dengan raut wajah yang ceria serta memiliki tubuh yang utuh, sehingga tidak ada satu bagian vital yang terlewatkan, seperti jari tangan. Ketika Anda menggambar bagian wajah, jangan lupa untuk menyertakan alat indera secara lengkap, seperti hidung, mata, rambut, telinga, mulut, bibir dan sebagainya. Buat lah gambar manusia tersebut secara proporsional di bagian tengah kertas dan perhatikan ukururan gambar tersebut. Deskripsikanlah gambar tersebut sedimikian mungkin itu Anda, tetapi khusus tentang umur cobalah tulis 2 tahun lebih tua dari umur Anda sekarang. Contohnya: jika Anda sekarang berumur 23 tahun tulis lah pada gambar tersebut menjadi 25 tahun. Selain umur, deskripsikanlah cita-cita Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut dalam jangka waktu lama. Contohnya: Anda sedang tes di pertamina maka tulislah cita-cita Anda ingin menjadi manager eksplorasi suatu saat nanti. Di samping itu, Anda harus berhati-hati jika Anda sedang mendeskripsikan tentang kelebihan dan kekurangan. Saya dulu mendeskripsikan kelebihan saya pada gambar tersebut dengan sifat-sifat seperti ini: Pekerja keras, Disiplin dan bertanggung jawab. Sedangkan untuk kelemahannya: Boros, pemalu dan ceroboh. Berlatih lah terlebih dahulu untuk menggambar manusia 2 minggu sebelum tes dilakukan karena hal ini bisa membantu Anda untuk tidak merasa gerogi dan bingung dengan apa yang akan Anda gambar. Biasanya waktu banyak terbuang dalam psikotes gambar manusia karena terlalu lama memikirkan objek apa yang akan Anda buat.

Maka oleh sebab itu Anda harus cakap dalam menggunakan waktu yang sudah diberikan tester. Yakni dengan metode lebih belajar dan berlatih dengan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tes koran/ tes kraepelin setidaknya dapat membantu Anda mepersiapkan diri sebelum tes. Nama tes ini tentulah sangat familiar di telinga anda, namun jangan salah sangka, warteg disini bukan singkatan dari Warung Tegal. Dinamakan tes wartegg dengan “double g” karena memang diambil dari unsur nama penemunya yakni seorang psikolog dari Jerman yang bergelar Ehrig Wartegg. Adapun pada tes ini terdiri dari 8 kotak yang mempunyai pola yang berbeda-beda. Dari mulai titik sampai dengan garis lengkung. Adapun cara mengerjakannya adalah anda diharuskan untuk menggambar dengan melanjutkan pola-pola yang sudah ada sesuai dengan kreatifitas anda. Cara mengerjakannya tidak berdasarkan urutan, terserah anda mau mulai dari nomor berapa saja terlebih dahulu. Jika anda sudah selesai menggambar seluruh kotak, silahkan nomori gambar dari yang pertama kali anda buat sampai dengan yang terakhir kali anda selesaikan. Selain itu, anda juga akan diminta oleh penguji untuk memilih gambar dengan kriteria gambar tersulit, termudah, yang paling anda sukai dan tidak anda sukai.

Pilih satu gambar untuk satu kriteria. Mulailah dengan gambar yang anda rasa mudah. Upayakan agar menjaga kertas soal anda tetap dalam keadaan bersih. Sebab dengan cara anda menggambar dapat dinilai oleh penguji. Bila pada waktu menggambar anda terlalu banyak menghapus sehingga membuat kertas anda kotor, maka anda akan dianggap memiliki cara kerja yang tidak rapih dan lemah dalam perencanaan. Adapau urutan gambar tidak boleh terlalu sesuai urutan ataupun juga terlalu acak. Karena jika terlalu sesuai urutan maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang kaku dan konservatif. Sedangkan jika terlalu acak maka anda akan dinilai sebaliknya yaitu terlalu kreatif, inovatif dan cenderung melawan aturan yang berlaku. Jalan keluarnya yakni coba anda pakai kombinasi yang sesuai denagan urutan dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Dengan begitu, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang seimbang oleh psikolog. Apabila anda pria tulen, usahakan jangan mulai dari nomor 5. Karena apabila anda memulai dengan nomor tersebut ada anggapan bahwa, anda memiliki kelainan seksual.

Sebab itu dapat membuktikan tingkat prestasi dan wawasan anda yang luas. Adapun satu lagi yang perlu anda ketahui tentang tes wartegg yaitu bahwa pada setiap kotak dalam tes ini memiliki nilai yang berbeda-beda. Sebab dari hasil gambar itu, Penguji akan mengetahui karakter yang anda punya. Seperti kemauan, kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi dan lain sebagainya. Kotak 1 : Gambar titik kecil ditengah kotak : menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan adaptasi, penyesuaian diri terhadap lingkungan. Kotak 2 : Gambar hurus S terbalik yang terletak di sebelah kiri atas : menunjukkan kebebasan dan fleksibiltas perasaan. Kotak 3 : Gambar 3 garis vertikal dari pendek, sedang dan tinggi : menunjukkan kemauan serta ambisi untuk maju dan memperbaiki diri. Kotak 4 : Gambar di sebelah kanan atas yaitu kotak hitam kecil : menunjukkan bagaimana anda mengatasi sebuah kesulitan. Kotak 5 : Gambar huruf T miring di sudut kiri bawah,Membuktikan serta menunjukkan bagaimana prilaku anda dalam bertindak dalam pemecahan sebuah permasalahan. Kotak 6 : Gambar garis horisontal dan vertikal : menunjukkan bahkan dapat membuktikan bagaimana cara anda berpikir dan menyelesaikan sebuah permasalahan. Kotak 7 : Gambar titik2 melengkung : memperlihatkan perasaan anda, apakah sudah stabil atau masih labil/kekanakan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *