Ujian Psikotes DIII Khusus PKN STAN

Asah Otak Menjebak - 동영상I TPA-TBI USM PKN STAN diumumkan, dan selanjutnya bersiap mengikuti ujian tahap II yaitu Psikotes, mengkin yang belum liat postingan saya yang sebelumya yaiitu tahap persiapan tahap satu bisa liat disini yaa. 4 hari yaa untuk persiapan materi. 2. Oke tahap kedua, Tes Papikostik tujuan tes ini adalah untuk mengetahui kepribadian peserta, pada tes ini kita dihadapkan dengan 2 plihan jawaban disetiap soal, kita disuruh untuk memilih sesuai dengan kondisi setiap peserta. Saran saya, jawablah sesuai diri anda sendiri, jangan dibuat-buat dengan kondisi berbeda dari kondisi anda, karena soal-soal selanjutnya biasanya saling terkait, nah inilah mengapa kita tidak boleh membuat-membuat jawaban. Dan jika peseta membuat-membuat jawaban nantinya pasti psikolog akan mengatahui dan bisa-bisa malah tidak bisa lulus nantinya, kalo tidak salah kemaren diberi waktu 30 menitan. Gambar dibawah adalah contoh lembar kerja tes Papikostik. Tes Menggambar Pohon dan Manusia pada tes menggambar ini, peserta disuruh untuk menggabar pohon terlebih dahulu, saran penulis gambarlah pohon yang berkambium, beranting, berdaun lebat, berakar dan kalau bisa mempunyai buah. Dan yang sangat penting lagi, jangan menggambar pohon yang seperti kartun misalnya daunnya hanya berbentuk arsiran saja. Dan pada saat menggambar, usahakan kita menggambar yang proporsional dengan ukuran yang pas sesuai ukuran kertas yang diberikan, kemarin kita dikasih kertas ukuran A4. Usahakan kita menggambar tepat ditengah, karena jika gambar kita tidak ditengah penulis akan mempunyai anggapan jelek pada kita. Tes Wartegg Tes, dibagian ini kita akan diberi selebaran kertas ukuran A4 yang sudah berisi 8 kotak, tugas kita nantinya adalah melanjutkan gambar di 8 kotak tersebut. Sebenarnya kalau kita pahami, 8 kotak tersebut sudah dibagi kedalam bagain gambar hidup dan gambar mati. Untuk gambar yang ada unsur lengkung dianjurkan digambar mahluk hidup dan unsur garis di gambar benda mati yaa. Gambar tidak harus bagus, pengalaman saya kemaren gambar saya juga tidak bagus-bagus amat yang penting gambar jelas dan tidak ada bekas-bekas penghapus.

Dan saat ini anda berada di jalur yang tepat untuk meraih semua target hidup anda tersebut. 4. Apa pendapat rekan kerja anda terhadap diri anda ? 5. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini ? Jawab: Sebelum wawancara ada baiknya anda caritahu informasi mendalam tentang profil perusahaan yang anda lamar sehingga anda mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik. Mengingat soal ini memiliki tipe bertingkat, yaitu dimulai dari soal yang paling mudah ke soal yang lebih rumit, maka Anda perlu tenang dan konsentrasi dalam mengerjakannya. Karena ketika anda tidak tenang dan konsentrasi, soal semudah apapun akan terasa sulit dan terasa ‘buntu’ dalam menemukan jawabannya. Deret Gambar terdiri atas lebih kurang 97 buah soal dengan waktu pengerjaan yang relatif pendek. Untuk itu, jangan terpaku pada satu soal yang sulit. Tentukan waktu maksimal yang Anda butuhkan dalam mengerjakan setiap soal, karena terkadang ‘soal sulit’ sengaja dipergunakan untuk mengacaukan konsentrasi Anda dalam mengerjakan Deret Gambar secara keseluruhan. Tinggalkan soal sulit dan segeralah melangkah ke soal berikutnya, jika ada waktu sisa, silahkan Anda ulangi lagi ‘soal sulit’ tersebut.

“Practice Makes Perfect”. Rasa-rasanya ungkapan tersebut paling tepat untuk menggambarkan bahwa proses latihan akan membuat segalanya menjadi lebih mudah, dan jangan salah, hal ini juga berlaku untuk Psikotes Penalaran : Deret Gambar. Umumnya, pada setiap lembar jawaban/soal psikotes, anda diminta mengisi isian nama, tanggal, dsb-nya. Begitu anda diperbolehkan untuk mulai mengisi, jangan lupa dan jangan menunda untuk mengisinya, serta isilah dengan lengkap dan rapi. Dengarkan baik-baik setiap “ucapan/pengarahan” dari pengawas tes, dan ikuti semua arahan/petunjuknya. Demikian juga petunjuk yang ada di setiap soal tes, jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dulu, barulah anda mengerjakan soal tes-nya. Jadi jangan langsung mengisi/menjawab soal yang ada, tanpa membaca/mengetahui cara/petunjuk pengisiannya. Jangan enggan untuk bertanya ke pengawas tes. Bila ada sedikit saja yang anda tidak mengerti mengenai soal tersebut, maka langsung tanyakan ke pengawas tes yang ada. Dan jangan pernah bertanya ke peserta di kanan-kiri anda, tetapi bertanyalah ke pengawas tes yang ada. Jangan melihat jawaban orang lain, karena akan membuat hasil anda bertentangan dengan kondisi pribadi yang sesungguhnya. Isilah apa adanya. Untuk jenis-jenis soal tertentu, jawablah yang mudah terlebih dulu.

Siap Hadapi Tes Psikotes? Pelajari 3 Trik Rahasianya Disini

https://www.selipan.com › tips › sukses › 3-trik-rahasia-tes-psikotes

Jangan pernah ikuti apa kata orang ketika disuruh gambar orang, rumah, atau pohon saat tes psikotes! Baca dulu trik dan 12 contoh soal psikotes disini!

Satu soal satu jam coba hitung berapa soal kita bahas kita bahas satu bulan….. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh soal psikotes dan jawabannya terbaru yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes. Soal psikotes menggabar adalah sebuah tes psikotes wartegg yang merupakan jawabannya menunjukkan karakter masing-masing setiap orang termasuk diri kita sendiri. Biasanya jawabannya tidaklah sama, namun cara menjawabnya tetap sama. Berbeda dengan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang agak kompleks, tes psikologi dengan gambar ini bisa ungkap kepribadian diri kamu dengan cara yang lebih sederhana. Tuliskan namamu dengan JELAS dan PAS di kolom nama. Ataupun menjumlahkan dari bawah keatas dengan intruksi “pindah” yang artinya berpindah satu kolom ke sebelah kanan dan mulai menghitung dari bawah lagi. Calon pegawai dan karyawan atau pserta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disampingnya. Contoh Soal Psikotes Aritmatika – Salah satu tes yang sering digunakan dalam setiap penerimaan karyawan baru adalah tes aritmatika.

Dari respon tersebutlah yang akan dijadikan indikator untuk memberikan gambaran profile setiap individu yang mengikuti tes psiklogi. Tujuan dari tes psikotes itu sendiri yaitu untuk menguji dan mengukur psikologi secara individu. Tes psikologi atau psikotes merupakan bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Namun menilai bagaimana persepsi Anda terhadap sebuah instruksi untuk menggambar orang maupun pohon tersebut. Kemudian tuliskan juga jenis pohon yang kamu gambar tersebut dengan singkat. Yakni dengan metode lebih belajar dan berlatih dengan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tes koran/ tes kraepelin setidaknya dapat membantu Anda mepersiapkan diri sebelum tes. Jadi, teruslah mengembangkan diri ya. Jadi, hasilnya nanti akan berupa sekelompok pelamar yang dipilih melalui proses seleksi. Karena kalau gitu nanti hasilnya akan memperlihatkan penurunan performa kamu ketika bekerja. Hasil atau fungsi dari tes yang satu ini yakni untuk mengetahui kepercayaan diri seseorang, tanggung jawabnya, ketahanan dan juga kestabilannya dalam bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *